Luar Biasa! Kemenperin Sukses Rangkul IKM Logam Pasok Komponen Industri Otomotif

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Plt. Dirjen IKMA Kemenperin Reni Yanita
Plt. Dirjen IKMA Kemenperin Reni Yanita

INDUSTRY.co.id - Klaten - Kinerja industri kecil dan menengah (IKM) sektor logam berkontribusi positif terhadap rantai pasok industri otomotif nasional. 

IKM logam merupakan pemasok komponen yang mendukung kinerja industri kendaraan bermotor. Salah satunya adalah Sentra logam Ceper yang beroperasi sebagai IKM pengecoran logam dan menghasilkan beberapa produk, di antaranya manhole, hydrant, komponen kapal, spare part mesin, komponen kereta, komponen alat berat, dan komponen otomotif.

Guna mendukung daya saing IKM logam di Sentra Ceper tersebut, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar beragam pembinaan untuk mengembangkan kompetensi teknis sumber daya manusia (SDM), penguatan kualitas produk, pendampingan sertifikasi ISO, serta penguatan akses pasar dan kemitraan. 

“Ditjen IKMA juga mendorong peningkatan peran IKM di Sentra Logam Ceper dalam rantai pasok industri otomotif nasional, salah satunya melalui kolaborasi program pengembangan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan Koperasi Batur Jaya (KBJ) Ceper," kata Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita di Klaten, Rabu (13/10).

Koperasi Batur Jaya beranggotakan 137 IKM produsen komponen otomotif, komponen mesin pabrik, suku cadang kereta api, manhole, mesin teknologi tepat guna, meja kursi antik, serta berbagai produk dari pengecoran logam (besi baja dan aluminium). Kolaborasi Koperasi Batur Jaya dengan PT.TMMIN sudah terjalin sejak akhir 2016 hingga saat ini.
 
Reni mengungkapkan program pengembangan sentra IKM melalui kemitraan dengan industri besar bertujuan agar IKM dapat menjadi bagian dari supply chain industri besar sehingga IKM akan mendapatkan kepastian pasar, serta mendorong IKM untuk meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan permintaan pelanggan, baik dari sisi produksi maupun manajemen.

“Dalam kolaborasi tersebut, PT. TMMIN berperan mengasistensi, mendampingi, serta memberikan bantuan mesin kepada Koperasi Batur Jaya. Sehingga, pada awal Januari 2019 lalu, KBJ berhasil memproduksi 200 buah cylinder sleeve dan mengirimkannya kepada supplier PT.TMMIN," ucap Reni.

Sejauh ini, kata Reni, IKM di Sentra Logam Ceper terbukti mampu melakukan diversifikasi produk logam dengan memproduksi komponen otomotif yang sesuai dengan kebutuhan dan standar supplier PT. TMMIN, sehingga dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam rantai pasok industri otomotif nasional.

“Dengan perencanaan yang baik serta pelatihan dan pendampingan yang tepat selama lebih dari 2 tahun, IKM di sini akhirnya mampu masuk ke area yang membutuhkan persyaratan tinggi, dari sisi kualitas, produktivitas, teknologi, dan kontinuitas suplai," tambahnya.

Tak hanya itu, Ditjen IKMA Kemenperin terus berupaya mengembangkan kemampuan teknis IKM logam di Ceper melalui beragam program pembinaan lainnya. Di antaranya pengembangan promosi dan uji coba pasar IKM dengan mengikutsertakan IKM dalam pameran INAMarine (pameran industri maritim) dan melalui program link and match IKM komponen otomotif dengan industri besar.

Selain itu, pengembangan sumber daya manusia atau pelaku IKM dilakukan melalui bimbingan teknis pembuatan blok rem komposit, serta bimbingan teknis diversifikasi produk ferro dan nonferro. 

Ditjen IKMA juga menyusun program pengembangan IKM Ceper melalui FGD Sinergi Membangun IKM Logam Ceper. 

"Ditjen IKMA akan terus mendukung IKM di Sentra Ceper ini untuk dapat meraih potensi pasar baru, berdaya saing dalam menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga bersaing, serta dapat menjadi bagian dari rantai pasok industri nasional maupun global," kata Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…