Nah Lho! Jokowi Sudah Tahu Banyak Masyarakat Bawah Tertipu dan Terjerat Bunga Tinggi dari Pinjol

Oleh : Ridwan | Senin, 11 Oktober 2021 - 13:35 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era ekonomi digital saat ini, banyak masyarakat yang terlilit hutang pinjaman online (Pinjol). Bahkan tak sedikit mereka yang terlilit hutang Pinjol nekat megakhiri hidup.

Presiden Joko Widodo mengaku mengetahui terkait fenomena ini, dimana banyak masyarakat bawah yang terjerat dengan bunga tinggi pinjol.

"Saya memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi," kata Jokowi dalam Keynote Speech Presiden RI pada OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10).

"Saya mendengar masyarakat bawah banyak yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," lanjutnya.

Dengan kondisi ini, Jokowi meminta kepada OJK  agar menjaga momentum pertumbuhan industri jasa keuangan digital, dengan menciptakan ekosistem pinjol yang bertanggung jawab.

Pasalnya, Jokowi meyakini perekonomian digital Indonesia bisa menjadi salah satu terbesar di dunia pada 2030 mendatang jika perekonomian digital ini dijaga dan dikawal dengan cepat dan tepat.

"Jika kita kawal secara cepat dan tepat, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi raksasa digital setelah China dan India, dan bisa membawa kita menjadi ekonomi terbesar dunia ke-7 di 2030," paparnya.

Jokowi pun mengajak semua pihak untuk membangun sistem keuangan digital yang bertanggungjawab dengan mitigasi risiko yang jelas untuk mencegah kerugian dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Saya titip kepada OJK dan para pelaku usaha dalam ekosistem ini untuk memastikan inklusi keuangan yang kita kejar yang harus dikuti dengan percepatan literasi keuangan dan literasi digital," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wamendag Jerry Sambuaga

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:48 WIB

Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan,salah satu strategi pemulihan nasional dilakukan dengan membangun dan merevitalisasi pasar rakyat.Pembangunan tidak hanya fisik tetapi juga…

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:43 WIB

Dirjen PEN: Pendampingan Ekspor 132 UKM Sukses Bukukan Transaksi Rp76 Miliar

Program pendampingan ekspor (export coaching program/ECP) Usaha Kecil Menengah (UKM) yang secara kontinu digerakkan Kementerian Perdagangan sukses membukukan transaksi lebih dari USD 5,29 juta…

Hitachi Solutions

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:31 WIB

Hitachi Solutions Dinobatkan Sebagai Perusahaan Terdepan di IDC MarketScape Asia Pasific 2021

Hitachi Solutions, perusahaan penyedia solusi industri global yang dikelola oleh Microsoft Cloud and Business Applications, dengan bangga mengumumkan posisinya dalam kategori Perusahaan Terdepan…

PT Pertamina International Shipping (PIS)

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:26 WIB

Utamakan Productive & Efficient, 2021 PIS Optimalisasikan Tranformasi Bisnis Integrated Marine Logistics

Di penghujung tahun 2021, Pertamina International Shipping (PIS) justru semakin gencar mengoptimalisasikan pencapaian bisnisnya. Pencapaian tersebut antara lain ditorehkan oleh Direktorat Niaga…

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:00 WIB

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Sejumlah 44 Koli diserahkan dengan disaksikan Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han., dan Kadisops Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T dengan harapan dapat membantu meringankan…