Tren Aplikasi Belajar Online

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 September 2021 - 14:58 WIB

Belajar online
Belajar online

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di masa pandemi wabah Covid-19 seperti saat ini memaksa para pelajar dan mahasiswa untuk melakukan proses belajar secara daring atau online.

Hal ini telah dijalani selama lebih dari 1 tahun dan masih berlangsung hingga saat ini.

Itu sebabnya, banyak sekali situs dan aplikasi belajar secara online yang bermunculan di dunia maya.

Jika tidak teliti dalam memilih, Anda bisa terjebak pada aplikasi yang kurang bisa memberikan informasi secara lengkap dan mudah dipahami terkait masalah pelajaran.

Apa Saja Teknologi yang Digunakan dalam Bidang Pendidikan Saat Ini

Dalam dunia pendidikan, adanya wabah Covid-19 memberikan tantangan tersendiri. Salah satunya adalah harus memiliki inovasi bidang pendidikan yang menyesuaikan antara proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Sedangkan jenis teknologi yang mendukung dalam dunia pendidikan diantaranya adalah video conference yang berguna untuk sistem pembelajaran jarak jauh, pustaka online, dan adanya platform yang menyediakan latihan soal online.

Kenapa Transformasi Digital pada Bidang Pendidikan Perlu Dilakukan

Adanya pembatasan dalam proses belajar membuat para guru dan pelajar harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Terutama yang berkaitan dengan teknologi pendidikan yang bisa memberi kemudahan dalam penyampaian informasi dan materi.

Transformasi digital bidang pendidikan ini juga diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang tetap berjalan dengan baik walau dilakukan secara mandiri. Dengan kata lain, transformasi di bidang pendidikan ini akan menghasilkan generasi penerus yang siap untuk menghadapi tantangan global. 

7 Aplikasi Belajar Online

Saat ini, para wali murid juga dituntut untuk memahami bagaimana penerapan belajar di rumah dan teknologi apa yang dibutuhkan agar proses daring ini bisa berjalan secara optimal. Sebagai informasi, beberapa aplikasi pendidikan yang sering digunakan diantaranya adalah:

→ Google Classroom

Tren teknologi pembelajaran jarak jauh yang pertama yang sering digunakan adalah Google Classroom. Aplikasi yang satu ini dinilai cukup efektif untuk proses daring. Selain itu, pengguna juga tidak dikenakan biaya alias gratis. Dengan adanya aplikasi pendidikan yang satu ini, memudahkan guru untuk melakukan kegiatan belajar di luar kelas tanpa ada batasan waktu.

→ Zoom

Teknologi kedua yang booming setelah diserukannya proses belajar secara online adalah Zoom. Aplikasi yang satu ini juga menjadi favorit karena dianggap mempermudah kegiatan belajar mengajar. Saat menggunakan aplikasi video conference ini, para peserta (guru dan murid) akan mudah untuk berdiskusi dan antar murid akan memungkinkan untuk bekerja kelompok.

“Keunggulan metode belajar online ini adalah mampu menampung sampai dengan 100 peserta dalam satu kali sesi video. Bahkan, setiap peserta juga bisa saling melihat layar yang dibagikan peserta lain dengan adanya fitur sharing screen, “ demikian informasi pengamat pendidikan Dian Agustina Selasa (21/9/2021)

→ Microsoft Teams

Teknologi pendidikan yang juga digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh adalah Microsoft Teams. Ini merupakan aplikasi yang mampu mendukung konferensi video hingga 10.000 peserta. Dengan menggunakan aplikasi Teams ini, antara siswa dan guru bisa saling berkomunikasi dan membantu dengan menggunakan fitur percakapan seperti bertemu secara langsung. 

→ Ruangbelajar

Ini merupakan aplikasi belajar online yang merupakan salah satu produk unggulan dari Ruangguru. Terdapat banyak sekali fitur canggih yang bisa dimanfaatkan untuk kelancaran proses belajar mengajar. Diantaranya adalah bank soal yang bisa digunakan untuk latihan, video belajar dengan menggunakan animasi, dan rangkuman yang lengkap.

→ Edmodo

Teknologi pendidikan yang satu ini memungkinkan para guru memberikan tugas secara tertulis kepada siswanya. Sebab, aplikasi yang bernama Edmodo ini terhubung dengan Microsoft Office dan Microsoft OneNote. Hebatnya lagi, wali murid bisa menerima raport digital yang dikirim oleh guru. 

→ Belajar.id

Aplikasi pendidikan belajar.id yang satu ini merupakan aplikasi yang mulai dari user ID (nama akun) maupun password diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Para peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan lainnya bisa mengakses layanan yang satu ini secara gratis.

→ Zenius

Aplikasi pendidikan terakhir yang sering dipilih sebagai alternatif belajar secara online adalah Zenius. Aplikasi ini dipercaya memiliki program dan materi belajar mandiri yang lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA. Selain itu, setiap siswa juga bisa mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan ujian mulai dari UNBK, SPMB, hingga UTUL UGM.

Belajar.id Membantu Pembelajaran Online

Ini merupakan salah satu aplikasi belajar online yang banyak disarankan untuk dimanfaatkan sebagai media belajar bagi para guru dan siswa. Hal ini bukan tanpa sebab, keamanan akun dan kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi andalan dari aplikasi yang satu ini, kapasitas penyimpanan datanya pun tidak terbatas.

GITS.id Menjadi Bagian dari Program Pemerintah Yaitu Kampus Merdeka

Salah satu lembaga pelatihan yang ikut andil dalam meningkatkan dunia pendidikan adalah Eudeka, anak perusahaan GITS.id yang mengajak siapapun untuk terus belajar. Baik itu melalui training, akademi, study group untuk pelajar, instansi, developer, atau perusahaan.

Salah satunya adalah melalui Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa dan mahasiswinya untuk ikut bergerak aktif. Mereka diajak untuk mengasah kemampuan sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya dengan cara terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka siap dalam menghadapi dunia kerja.

GITS.ID Turut Mendukung Program Pemerintah dengan menjadi partner Kampus Merdeka

Agar tercipta generasi penerus yang siap menghadapi era globalisasi, GITS.id menjadi bagian dari Kampus Merdeka dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Menurut Ray Rizaldy selaku CEO GITS Indonesia , teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah peningkatan dalam hal teknologi virtual, sistem keamanan infrastruktur digital, dan lain-lain.

FAQ tentang Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh

Ketentuan mengenai belajar secara online ini terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah:

~ Menggunakan aplikasi yang ringan dan mudah diakses.

~ Sistem E-learning.

~ Menggunakan alat pendukung KBM.

→ FAQ Inovasi Bidang Pendidikan

Ketentuan mengenai berbagai inovasi di bidang pendidikan diantaranya adalah:

~ Menggunakan video call

~ Menggunakan aplikasi pendidikan sesuai anjuran Kementerian Pendidikan.

~ Semua materi dan tugas diberikan secara online.

→ GITS.id Membentuk Eudeka Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Bangsa

Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi penerus, GITS Indonesia memiliki program untuk meningkatkan pendidikan, diantaranya adalah:

~ Memberikan kurikulum belajar yang telah disesuaikan dengan teknologi terbaru.

~ Menghadirkan tren teknologi pembelajaran jarak jauh yang bisa diikuti oleh siapapun dan dimanapun.

~ Menyediakan tim pengajar yang berpengalaman di berbagai proyek aplikasi.

Cara Mendapatkan Layanan Konsultasi Mobile Aplikasi di Website GITS.ID

Bagi Anda yang tertarik dengan program yang dimiliki oleh GITS.id ini, bisa melihat semua informasi lengkapnya di website resmi GITS.id . Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan konsultasi gratis. Caranya adalah dengan masuk ke website dan klik tautan yang nantinya akan diarahkan ke pihak account executive yang bertugas.

Itulah seputar informasi mengenai tren aplikasi belajar online yang saat ini semakin digalakkan terkait belum adanya kepastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Dengan memberikan sistem pembelajaran jarak jauh, diharapkan kebutuhan akan pendidikan bisa terpenuhi dengan layak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…