Tren Aplikasi Belajar Online

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 September 2021 - 14:58 WIB

Belajar online
Belajar online

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di masa pandemi wabah Covid-19 seperti saat ini memaksa para pelajar dan mahasiswa untuk melakukan proses belajar secara daring atau online.

Hal ini telah dijalani selama lebih dari 1 tahun dan masih berlangsung hingga saat ini.

Itu sebabnya, banyak sekali situs dan aplikasi belajar secara online yang bermunculan di dunia maya.

Jika tidak teliti dalam memilih, Anda bisa terjebak pada aplikasi yang kurang bisa memberikan informasi secara lengkap dan mudah dipahami terkait masalah pelajaran.

Apa Saja Teknologi yang Digunakan dalam Bidang Pendidikan Saat Ini

Dalam dunia pendidikan, adanya wabah Covid-19 memberikan tantangan tersendiri. Salah satunya adalah harus memiliki inovasi bidang pendidikan yang menyesuaikan antara proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Sedangkan jenis teknologi yang mendukung dalam dunia pendidikan diantaranya adalah video conference yang berguna untuk sistem pembelajaran jarak jauh, pustaka online, dan adanya platform yang menyediakan latihan soal online.

Kenapa Transformasi Digital pada Bidang Pendidikan Perlu Dilakukan

Adanya pembatasan dalam proses belajar membuat para guru dan pelajar harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Terutama yang berkaitan dengan teknologi pendidikan yang bisa memberi kemudahan dalam penyampaian informasi dan materi.

Transformasi digital bidang pendidikan ini juga diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang tetap berjalan dengan baik walau dilakukan secara mandiri. Dengan kata lain, transformasi di bidang pendidikan ini akan menghasilkan generasi penerus yang siap untuk menghadapi tantangan global. 

7 Aplikasi Belajar Online

Saat ini, para wali murid juga dituntut untuk memahami bagaimana penerapan belajar di rumah dan teknologi apa yang dibutuhkan agar proses daring ini bisa berjalan secara optimal. Sebagai informasi, beberapa aplikasi pendidikan yang sering digunakan diantaranya adalah:

→ Google Classroom

Tren teknologi pembelajaran jarak jauh yang pertama yang sering digunakan adalah Google Classroom. Aplikasi yang satu ini dinilai cukup efektif untuk proses daring. Selain itu, pengguna juga tidak dikenakan biaya alias gratis. Dengan adanya aplikasi pendidikan yang satu ini, memudahkan guru untuk melakukan kegiatan belajar di luar kelas tanpa ada batasan waktu.

→ Zoom

Teknologi kedua yang booming setelah diserukannya proses belajar secara online adalah Zoom. Aplikasi yang satu ini juga menjadi favorit karena dianggap mempermudah kegiatan belajar mengajar. Saat menggunakan aplikasi video conference ini, para peserta (guru dan murid) akan mudah untuk berdiskusi dan antar murid akan memungkinkan untuk bekerja kelompok.

“Keunggulan metode belajar online ini adalah mampu menampung sampai dengan 100 peserta dalam satu kali sesi video. Bahkan, setiap peserta juga bisa saling melihat layar yang dibagikan peserta lain dengan adanya fitur sharing screen, “ demikian informasi pengamat pendidikan Dian Agustina Selasa (21/9/2021)

→ Microsoft Teams

Teknologi pendidikan yang juga digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh adalah Microsoft Teams. Ini merupakan aplikasi yang mampu mendukung konferensi video hingga 10.000 peserta. Dengan menggunakan aplikasi Teams ini, antara siswa dan guru bisa saling berkomunikasi dan membantu dengan menggunakan fitur percakapan seperti bertemu secara langsung. 

→ Ruangbelajar

Ini merupakan aplikasi belajar online yang merupakan salah satu produk unggulan dari Ruangguru. Terdapat banyak sekali fitur canggih yang bisa dimanfaatkan untuk kelancaran proses belajar mengajar. Diantaranya adalah bank soal yang bisa digunakan untuk latihan, video belajar dengan menggunakan animasi, dan rangkuman yang lengkap.

→ Edmodo

Teknologi pendidikan yang satu ini memungkinkan para guru memberikan tugas secara tertulis kepada siswanya. Sebab, aplikasi yang bernama Edmodo ini terhubung dengan Microsoft Office dan Microsoft OneNote. Hebatnya lagi, wali murid bisa menerima raport digital yang dikirim oleh guru. 

→ Belajar.id

Aplikasi pendidikan belajar.id yang satu ini merupakan aplikasi yang mulai dari user ID (nama akun) maupun password diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Para peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan lainnya bisa mengakses layanan yang satu ini secara gratis.

→ Zenius

Aplikasi pendidikan terakhir yang sering dipilih sebagai alternatif belajar secara online adalah Zenius. Aplikasi ini dipercaya memiliki program dan materi belajar mandiri yang lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA. Selain itu, setiap siswa juga bisa mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan ujian mulai dari UNBK, SPMB, hingga UTUL UGM.

Belajar.id Membantu Pembelajaran Online

Ini merupakan salah satu aplikasi belajar online yang banyak disarankan untuk dimanfaatkan sebagai media belajar bagi para guru dan siswa. Hal ini bukan tanpa sebab, keamanan akun dan kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi andalan dari aplikasi yang satu ini, kapasitas penyimpanan datanya pun tidak terbatas.

GITS.id Menjadi Bagian dari Program Pemerintah Yaitu Kampus Merdeka

Salah satu lembaga pelatihan yang ikut andil dalam meningkatkan dunia pendidikan adalah Eudeka, anak perusahaan GITS.id yang mengajak siapapun untuk terus belajar. Baik itu melalui training, akademi, study group untuk pelajar, instansi, developer, atau perusahaan.

Salah satunya adalah melalui Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa dan mahasiswinya untuk ikut bergerak aktif. Mereka diajak untuk mengasah kemampuan sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya dengan cara terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka siap dalam menghadapi dunia kerja.

GITS.ID Turut Mendukung Program Pemerintah dengan menjadi partner Kampus Merdeka

Agar tercipta generasi penerus yang siap menghadapi era globalisasi, GITS.id menjadi bagian dari Kampus Merdeka dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Menurut Ray Rizaldy selaku CEO GITS Indonesia , teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah peningkatan dalam hal teknologi virtual, sistem keamanan infrastruktur digital, dan lain-lain.

FAQ tentang Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh

Ketentuan mengenai belajar secara online ini terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah:

~ Menggunakan aplikasi yang ringan dan mudah diakses.

~ Sistem E-learning.

~ Menggunakan alat pendukung KBM.

→ FAQ Inovasi Bidang Pendidikan

Ketentuan mengenai berbagai inovasi di bidang pendidikan diantaranya adalah:

~ Menggunakan video call

~ Menggunakan aplikasi pendidikan sesuai anjuran Kementerian Pendidikan.

~ Semua materi dan tugas diberikan secara online.

→ GITS.id Membentuk Eudeka Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Bangsa

Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi penerus, GITS Indonesia memiliki program untuk meningkatkan pendidikan, diantaranya adalah:

~ Memberikan kurikulum belajar yang telah disesuaikan dengan teknologi terbaru.

~ Menghadirkan tren teknologi pembelajaran jarak jauh yang bisa diikuti oleh siapapun dan dimanapun.

~ Menyediakan tim pengajar yang berpengalaman di berbagai proyek aplikasi.

Cara Mendapatkan Layanan Konsultasi Mobile Aplikasi di Website GITS.ID

Bagi Anda yang tertarik dengan program yang dimiliki oleh GITS.id ini, bisa melihat semua informasi lengkapnya di website resmi GITS.id . Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan konsultasi gratis. Caranya adalah dengan masuk ke website dan klik tautan yang nantinya akan diarahkan ke pihak account executive yang bertugas.

Itulah seputar informasi mengenai tren aplikasi belajar online yang saat ini semakin digalakkan terkait belum adanya kepastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Dengan memberikan sistem pembelajaran jarak jauh, diharapkan kebutuhan akan pendidikan bisa terpenuhi dengan layak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi pada peresmian revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (05/10/2022). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:25 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelum lepas landas menuju Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandara Halim Perdanakusuma,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Ini Jurus Menperin Agus Pacu Daya Saing Industri Galangan Kapal

sebagai upaya pengembangan industri perkapalan dalam negeri yang berdaya saing global, Kemenperin menilai perlunya langkah untuk mengurangi bahan baku dan komponen impor, dukungan pembiayaan…

Presiden Jokowi memimpin Upacara HUT ke-77 TNI, Rabu (05/10/2022), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Jay)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:11 WIB

Saksikan Defile Alutsista, Presiden Jokowi: Bentuk Kesiapan TNI Hadapi Perubahan Geopolitik

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menyaksikan defile pasukan dan pawai alat utama sistem persenjataan (alutsista)…

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…