Kemenperin Minta Pabrikan Percepat Penyerapan Tembakau

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 September 2021 - 10:31 WIB

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau
Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau

INDUSTRY.co.id, Temanggung – Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau, mengingat musim hujan akan segera tiba. Ia juga meminta pabrikan membeli tembakau dari petani dengan harga yang bagus, agar petani tidak merugi.

“Saya berharap, sebelum musim penghujan tiba, tembakau-tembakau di petani sudah terserap, tentu saja dengan harga yang bagus. Karena saya khawatir, kalau musim hujan tiba dan tembakau belum semuanya terserap, kualitas tembakau akan menurun yang berdampak harga tembakau juga akan turun,” kata Putu, saat melakukan kunjungan kerja ke gudang tembakau Gudang Garam dan Djarum, bersama Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto, Jumat (17/9/2021), seperti yang dikutip industry dari Pemprov Jateng.

Kunjungan kerja itu menindaklanjuti surat yang dikirim Bupati Temanggung kepada Kementerian Perindustrian perihal Permohonan Percepatan Penyerapan dan Perbaikan Harga Jual Tembakau Petani. Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Temanggung HM Al Khadziq, beserta jajarannya.

Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto mengatakan, industri pabrik rokok ini adalah regulated industry. Artinya, eksistensi pabrik rokok diuntungkan karena adanya regulasi pemerintah.

Oleh karena itu, DPR RI dan pemerintah tetap berkomitmen agar industri rokok ini tetap tumbuh, karena bagi masyarakat, terutama masyarakat Temanggung kehidupan sangat tergantung dari tembakau.

“Saya berharap ada imbal balik, supaya industri lebih memikirkan dan meningkatkan sinergi kemitraan antara industri dan petani diperkuat, sehingga bisa menarik kehidupan petani dari industri. Terkait dengan percepatan penyerapan, akan kita dorong terus. Sedangkan masalah harga, tentu tidak terlepas dari kualitas tembakau yang dihasikan dan saat ini semua grade (jenis) diterima oleh pabrikan,” ujarnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam keterangannya sangat berterima kasih kepada Kementerian Perindustrian, yang segera merespon permasalahan tembakau di Temanggung.

“Terima kasih Kementerian sudah menindaklanjuti terhadap surat yang kami kirimkan, terkait percepatan penyerapan dan perbaikan harga tembakau di petani,” kata bupati.

Ia mengatakan, DPR RI dan Pemerintah ikut membela keberadaan industri rokok kretek, dengan berusaha agar cukai rokok terutama rokok kretek tidak naik.

“Selain itu, Kementerian dan DPR RI terus berusaha agar berbagai regulasi jangan sampai menyulitkan industri rokok kretek, tetapi kita juga berharap agar industri rokok yang dipikirkan juga memikirkan nasib rakyat. Harus ada imbal baliknya seperti itu,” tandas Bupati.

Di tempat yang sama, perwakilan pabrikan Gudang Garam, Thjin Tjong Giong berjanji akan mempercepat penyerapan tembakau di petani.

“Sampai hari ini, setiap hari kami menerima kisaran 9.000 sampai 10.000 keranjang. Dan kami akan terus menerima tembakau dari petani,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:45 WIB

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi Pimpin Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika

Acara serah terima Komandan Kodim 1710/Mimika dari pejabat lama Letkol Infanteri Yoga Cahya Prasetya kepada pejabat baru Letkol Infanteri Dedy Dwi Cahyadi dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:00 WIB

KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman…

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.