Kemenperin Minta Pabrikan Percepat Penyerapan Tembakau

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 September 2021 - 10:31 WIB

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau
Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau

INDUSTRY.co.id, Temanggung – Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau, mengingat musim hujan akan segera tiba. Ia juga meminta pabrikan membeli tembakau dari petani dengan harga yang bagus, agar petani tidak merugi.

“Saya berharap, sebelum musim penghujan tiba, tembakau-tembakau di petani sudah terserap, tentu saja dengan harga yang bagus. Karena saya khawatir, kalau musim hujan tiba dan tembakau belum semuanya terserap, kualitas tembakau akan menurun yang berdampak harga tembakau juga akan turun,” kata Putu, saat melakukan kunjungan kerja ke gudang tembakau Gudang Garam dan Djarum, bersama Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto, Jumat (17/9/2021), seperti yang dikutip industry dari Pemprov Jateng.

Kunjungan kerja itu menindaklanjuti surat yang dikirim Bupati Temanggung kepada Kementerian Perindustrian perihal Permohonan Percepatan Penyerapan dan Perbaikan Harga Jual Tembakau Petani. Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Temanggung HM Al Khadziq, beserta jajarannya.

Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto mengatakan, industri pabrik rokok ini adalah regulated industry. Artinya, eksistensi pabrik rokok diuntungkan karena adanya regulasi pemerintah.

Oleh karena itu, DPR RI dan pemerintah tetap berkomitmen agar industri rokok ini tetap tumbuh, karena bagi masyarakat, terutama masyarakat Temanggung kehidupan sangat tergantung dari tembakau.

“Saya berharap ada imbal balik, supaya industri lebih memikirkan dan meningkatkan sinergi kemitraan antara industri dan petani diperkuat, sehingga bisa menarik kehidupan petani dari industri. Terkait dengan percepatan penyerapan, akan kita dorong terus. Sedangkan masalah harga, tentu tidak terlepas dari kualitas tembakau yang dihasikan dan saat ini semua grade (jenis) diterima oleh pabrikan,” ujarnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam keterangannya sangat berterima kasih kepada Kementerian Perindustrian, yang segera merespon permasalahan tembakau di Temanggung.

“Terima kasih Kementerian sudah menindaklanjuti terhadap surat yang kami kirimkan, terkait percepatan penyerapan dan perbaikan harga tembakau di petani,” kata bupati.

Ia mengatakan, DPR RI dan Pemerintah ikut membela keberadaan industri rokok kretek, dengan berusaha agar cukai rokok terutama rokok kretek tidak naik.

“Selain itu, Kementerian dan DPR RI terus berusaha agar berbagai regulasi jangan sampai menyulitkan industri rokok kretek, tetapi kita juga berharap agar industri rokok yang dipikirkan juga memikirkan nasib rakyat. Harus ada imbal baliknya seperti itu,” tandas Bupati.

Di tempat yang sama, perwakilan pabrikan Gudang Garam, Thjin Tjong Giong berjanji akan mempercepat penyerapan tembakau di petani.

“Sampai hari ini, setiap hari kami menerima kisaran 9.000 sampai 10.000 keranjang. Dan kami akan terus menerima tembakau dari petani,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…