Kemenperin Minta Pabrikan Percepat Penyerapan Tembakau

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 September 2021 - 10:31 WIB

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau
Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau

INDUSTRY.co.id, Temanggung – Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Putu Juli Ardika meminta Pabrik Gudang Garam dan Djarum untuk mempercepat penyerapan tembakau, mengingat musim hujan akan segera tiba. Ia juga meminta pabrikan membeli tembakau dari petani dengan harga yang bagus, agar petani tidak merugi.

“Saya berharap, sebelum musim penghujan tiba, tembakau-tembakau di petani sudah terserap, tentu saja dengan harga yang bagus. Karena saya khawatir, kalau musim hujan tiba dan tembakau belum semuanya terserap, kualitas tembakau akan menurun yang berdampak harga tembakau juga akan turun,” kata Putu, saat melakukan kunjungan kerja ke gudang tembakau Gudang Garam dan Djarum, bersama Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto, Jumat (17/9/2021), seperti yang dikutip industry dari Pemprov Jateng.

Kunjungan kerja itu menindaklanjuti surat yang dikirim Bupati Temanggung kepada Kementerian Perindustrian perihal Permohonan Percepatan Penyerapan dan Perbaikan Harga Jual Tembakau Petani. Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Temanggung HM Al Khadziq, beserta jajarannya.

Anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto mengatakan, industri pabrik rokok ini adalah regulated industry. Artinya, eksistensi pabrik rokok diuntungkan karena adanya regulasi pemerintah.

Oleh karena itu, DPR RI dan pemerintah tetap berkomitmen agar industri rokok ini tetap tumbuh, karena bagi masyarakat, terutama masyarakat Temanggung kehidupan sangat tergantung dari tembakau.

“Saya berharap ada imbal balik, supaya industri lebih memikirkan dan meningkatkan sinergi kemitraan antara industri dan petani diperkuat, sehingga bisa menarik kehidupan petani dari industri. Terkait dengan percepatan penyerapan, akan kita dorong terus. Sedangkan masalah harga, tentu tidak terlepas dari kualitas tembakau yang dihasikan dan saat ini semua grade (jenis) diterima oleh pabrikan,” ujarnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam keterangannya sangat berterima kasih kepada Kementerian Perindustrian, yang segera merespon permasalahan tembakau di Temanggung.

“Terima kasih Kementerian sudah menindaklanjuti terhadap surat yang kami kirimkan, terkait percepatan penyerapan dan perbaikan harga tembakau di petani,” kata bupati.

Ia mengatakan, DPR RI dan Pemerintah ikut membela keberadaan industri rokok kretek, dengan berusaha agar cukai rokok terutama rokok kretek tidak naik.

“Selain itu, Kementerian dan DPR RI terus berusaha agar berbagai regulasi jangan sampai menyulitkan industri rokok kretek, tetapi kita juga berharap agar industri rokok yang dipikirkan juga memikirkan nasib rakyat. Harus ada imbal baliknya seperti itu,” tandas Bupati.

Di tempat yang sama, perwakilan pabrikan Gudang Garam, Thjin Tjong Giong berjanji akan mempercepat penyerapan tembakau di petani.

“Sampai hari ini, setiap hari kami menerima kisaran 9.000 sampai 10.000 keranjang. Dan kami akan terus menerima tembakau dari petani,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.