Allianz Indonesia Berikan Edukasi Maksimalkan Media Sosial untuk Tambahan Penghasilan Saat Pandemi

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 18 September 2021 - 13:06 WIB

Webinar Allianz
Webinar Allianz

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada nasabah dan masyarakat umum, Allianz Indonesia menggelar serangkaian kegiatan bertemakan Cintai Keluarga & Cintai Bumi selama bulan September dan Oktober.

Pada kesempatan kali ini, Allianz mengadakan webinar dengan tema “Memaksimalkan Sosial Media untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Kala Pandemi”.

Tujuan webinar ini adalah mengajak nasabah serta masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial, sebagai salah satu strategi mengembangkan bisnis di masa pandemi, dimana hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online.

Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, Allianz Indonesia tidak hanya memberikan apresiasi pada nasabah dan masyarakat, namun juga memberikan informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan terkait strategi bisnis melalui media sosial.

"Di masa yang penuh tantangan seperti saat ini, Allianz Indonesia ingin berbagi pengetahuan mengenai pemanfaatan media sosial yang dapat menjadi kegiatan produktif. Meskipun aktivitas fisik atau offline terbatas untuk dilakukan, pegiat usaha tetap perlu berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai inisiatif salah satunya melalui media sosial," kata Karin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (18/9/2021).

"Allianz Indonesia sendiri, turut memaksimalkan media sosial untuk senantiasa memberikan informasi dan edukasi menarik bagi nasabah. Selain itu, melalui kampanye-kampanye di media sosial, Allianz Indonesia turut mengimplementasikan strategi user-generated content dengan penggunaan twibbon, serta mengajak nasabah untuk berpartisipasi dalam beragam kegiatan, termasuk kegiatan peduli sesama dan lingkungan melalui media sosial," imbuhnya.

Dengan berbagai inisiatif berbasis digital yang gencar dilakukan di masa pandemi, penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai salah satu platform untuk mendukung bisnis telah menjadi sebuah pilihan yang paling banyak diminati.

Menurut DataReportal (2021), Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dimana 86,6% dari masyarakat Indonesia usia 16-64 menggunakan Instagram. Selain itu, menurut perusahaan riset pemasaran Ipsos (2018), 81% pengguna Instagram menggunakannya untuk mempelajari lebih lanjut tentang brand atau usaha yang mereka sukai. Selanjutnya, 76% dari pengguna Instagram akan membeli dari sebuah brand setelah menemukannya di Instagram, baik brand lokal maupun internasional.

Untuk itu, Allianz Indonesia mengundang salah satu influencer yang aktif membuat konten kreatif di media sosial dan akan berbagi beragam tips sebagai seorang pelaku bisnis di Instagram, Asoka Remadja. Sebagai seorang travel blogger dan plant enthusiast, Asoka berbagi tentang memulai perjalanannya dari sebuah hobi, menemukan peluang dan bagaimana memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnis yang dimilikinya.

“Jika memulai sesuatu dari hobi atau hal yang disukai, maka kita akan mengerjakannya dengan semangat dan hati yang senang. Kemudian ketika peluang datang menghampiri, maksimalkan dengan mengembangkan pengetahuan dan memanfaatkan channel yang paling sesuai. Media sosial adalah salah satu fasilitas yang mampu menjangkau banyak sekali pengguna di berbagai segmen dan lokasi. Penting bagi para pegiat bisnis untuk mengenali target pasar dan bagaimana menjalin engagement yang dapat meningkatkan performa bisnisnya.” kata Asoka.

Asoka juga menceritakan berbagai tips dan strategi praktis penggunaan Instagram untuk bisnis yang dapat dilakukan oleh para perintis bisnis, serta pentingnya mengenali followers sebagai target pasar dari bisnis yang digeluti. Dengan demikian, manajemen waktu yang tepat sangat diperlukan serta keberanian untuk melakukan percobaan sampai meraih sukses.

Allianz Indonesia juga memaksimalkan penggunaan media sosial untuk terus menjalin engagement dengan nasabah serta masyarakat umum. Selain menyajikan berbagai konten edukasi dan literasi terkait keuangan, asuransi juga kesehatan yang dapat diakses masyarakat luas, Allianz Indonesia juga menginformasikan mengenai produk, layanan dan campaign terbaru yang dapat dinikmati nasabah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…