The New Audi RS 4 Avant Ramaikan Industri Otomotif Nasional

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 September 2021 - 15:00 WIB

The New Audi RS 4 Avant
The New Audi RS 4 Avant

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia secara resmi memperkenalkan The New Audi RS 4 Avant sebagai sebuah station wagon paling bertenaga yang tampil semakin sporty untuk menunjukkan performa bertenaga dari balik kap mesinnya. Jantung pacu V6 2,9 liter dengan imbuhan Twin-turbo menyuguhkan semburan tenaga hingga 450 PS serta torsi “raksasa” yang mencapai 600 Nm, menunjukkan angka performa istimewa untuk sebuah station wagon berdimensi kompak.

Desain eksterior berotot

Bagian depan dari The New Audi RS 4 Avant mendapatkan perubahan desain yang benar-benar baru, yang membedakannya dengan varian A4 Avant. Grille Singleframe yang dimilikinya lebih lebar dan lebih rata jika dibandingkan dengan model yang menjadi basisnya. Sebagaimana Sang Kakak, Audi RS 6 Avant dan RS 7 Sportback, mobil ini juga mendapatkan struktur sarang lebah 3-dimensi berbalut warna hitam gloss yang menjadi ciri khas dari model-model RS. Yang menarik, grille Singelframe dirancang tanpa bingkai untuk memberikan tampilan yang bersih.

Bentuk lampu depan LED The New Audi RS 4 Avant juga mendapatkan perubahan desain. Lampu depan Matrix LED mendapatkan bezel berwarna gelap mempertegas kesan performa tinggi yang kembali membedakannya dengan keluarga model A4. Bagian fender depan dan belakang lebih lebar 30 mm dibandingkan dengan Audi A4 Avant. Elemen berwarna hitam di kedua sisi lampu depan mempertegas kesan lebih lebar pada RS 4 Avant ini.

Aksen berbalut warna hitam pada ambang jendela, bingkai kaca depan dan belakang, rumah kaca spion berbalut aksen karbon serta roof-rail hitam membuat tampilannya semakin sporty. Spoiler di atas kaca belakang serta diffuser yang diapit dua pipa pembuangan juga semakin mempertegas tampilannya. Sistem knalpot sport RS oval berbalut warna hitam pada ujungnya tak hanya memberikan penampilan yang berbeda namun juga menhadirkan pengalaman suara yang sangat sporty.

 

 

 

 

The New Audi RS 4 Avant yang ditawarkan di Indonesia hadir dengan velg forged alloy 10-spoke 19 inci berbalut ban 265/35 R19 sebagai velg standar. Audi Indonesia juga menyediakan opsi desain velg yang dapat menjadikan tampilan The New Audi RS 4 Avant berbeda, mulai velg forged alloy 5-arm flag style berbalut warna Glossy Anthracite Black berukuran 20 inci, velg fully milled alloy 5-arm peak style Matte Bronze berukuran 20 inci, serta velg forged alloy 5-arm flag style 20 inci, yang semuanya berbalut ban 275/30 R20. Semakin tampil keren dengan kehadiran kaliper rem berwarna merah atau opsi rem keramik RS dengan kaliper merah atau Anthracite Gray.

Di Indonesia, Audi menawarkan delapan pilihan warna eksterior untuk The New Audi RS 4 Avant, yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray Pearl Effect, Navarra Blue Metallic, Sonoma Green Metallic, Glacier White Metallic, Nardo Gray dan Mythos Black Metallic.

Interior serba gelap dan sporty

Di bagian dalam, desain interior The New Audi RS 4 Avant menawarkan balutan warna hitam untuk mempertegas kesan sporty. Desain dengan garis-garis horizontal yang ditampilkan lubang ventilasi udara di dashboard hingga panel instrument menciptakan kesan ruang kabin yang lebih lapang.

Sentuhan “aluminium race” Anthracite menjadi aksen standar di dalam kabin The New Audi RS 4 Avant. Selain itu, bagi konsumen di Tanah Air juga mendapatkan pilihan aksen dekoratif lainnya yaitu Carbon Twill atau Black Piano Lacquer yang eksklusif dari Audi. Penggunaan lingkar kemudi sport berbalut kulit, 3-spoke dengan tombol-tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed dengan tombol “RS MODE” di bagian bawahnya, yang membuatnya semakin eksklusif.

Di balik lingkar kemudinya terdapat tuas paddle shift yang kini semakin besar ukurannya. Untuk semakin mempertegas kesan sporty di dalam kabin, pada The New Audi RS 4 Avant juga menyuguhkan tempat duduk sport khas RS yang mendapatkan pola sarang lebah dengan emboss logo RS yang eksklusif.

Konsumen di Indonesia juga memiliki opsi untuk memilih paket styling RS berwarna merah di interior, dimana konsumen bisa mendapatkan sentuhan warna merah pada bagian tepi sabuk keselamatan, karpet hitam dengan aksen jahitan berwarna crescendo red dan armrest di bagian pintu berlapis kulit Nappa. Selain itu pada sisi tempat duduk depan, juga mendapat sentuhan warna Tango red. Opsi lainnya adalah paket styling RS warna grey yang mendapatkan karpet hitam dengan aksen jahitan warna rock grey  dan armrest di bagian pintu yang juga berlapis kulit Nappa.

Di bagian tengah dashboard ada layar sentuh MMI berukuran 10.1 inci yang memiliki sistem operasi terbaru. Sudut kemiringannya mengarah ke pengemudi yang membuatnya lebih driver oriented. Layar sentuh yang sensitif  ini menampilkan animasi grafis beresolusi tinggi dari RS 4 Avant dalam menyambut pengemudi.  Dengan adanya umpan balik akustik saat disentuh, hal ini sekaligus mengambil alih fungsi tombol tekan putar yang sebelumnya berada konsol tengah.  Pengemudi juga bisa menggunakan monitor RS ini akan tampil berbagai informasi mengenai suhu komponen sistem penggerak, g-force maksimum, dan informasi mengenai tekanan dan suhu ban.

 

Selain itu, melalui panel instrument dengan Audi Virtual Cockpit Plus, display khusus RS akan menampilkan informasi tentang tekanan ban, torsi, output daya, suhu oli mesin, waktu putaran, pengukuran akselerasi, dan juga g-force. Juga tersedia lampu peringatan untuk perpindahan transmisi pada batas putaran mesin.

Untuk memilih gaya pengemudian sporty yang sesuai dengan karakter The New Audi RS 4 Avant, pengemudi dapat memilih dua mode RS1 dan RS2 yang telah diatur melalui Audi drive select hanya dengan menekan tombol “RS MODE” yang ada pada bagian bawah lingkat kemudi flat-bottomed. Tombol ini akan secara otomatis membuka layar khusus RS pada tampilan Audi Virtual Cockpit Plus.

Sumber Tenaga Istimewa, V6 Twin-Turbo

The New Audi RS 4 Avant di Tanah Air mengusung mesin berbahan bakar bensin V6 2.9 Liter TFSI Twin-Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimal yang mencapai 600 Nm. Torsi puncak ini dapat diraih mulai 1.900 hingga 5.000 rpm yang memungkinkan mobil ini  berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dalam 4,1 detik. Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya juga dapat ditingkatkan dari 250 km/jam menjadi 280 km/jam. Mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang artinya 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan oleh generasi sebelumnya.

Tak hanya output tenaga yang mengesankan, namun mesin V6 twin-turbo yang digunakan The New Audi RS 4 Avant ini juga menghasilkan efisiensi yang istimewa. Berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru, mobil ini menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 10,8 km/liter (9,2 liter/100 km), dengan emisi  CO2 mencapai 211 gr/km. Angka konsumsi bahan bakar ini lebih rendah 17 persen dibandingkan model sebelumnya.

Limpahan output dari mesin 2.9 liter TFSI ini diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro yang dimiliki Audi melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic. Dalam kondisi pengendaraan normal sehari-hari, tenaga yang  didistribusikan oleh centre differential secara mekanikal 60 persen ke poros roda belakang dan 40 persen ke roda depan. Jika salah satu poros terdeteksi mengalami selip, maka sebagian besar tenaga akan dialihkan secara otomatis ke poros lainnya, hingga 70 persen ke poros depan atau 85 persen ke poros belakang melalui sistem kendali elektronik (ESC) dan kontrol traksi.

Suspensi dengan Tuning Sport

Untuk menghasilkan pengendalian yang hebat, struktur suspensi five-link di bagian depan dan belakang memberikan dukungan optimal untuk mendukung gaya longitudinal dan lateral yang dihadapi oleh New Audi RS 4 Avant. Dengan penggunaan suspensi sport RS, The New Audi RS 4 Avant ini tujuh milimeter lebih rendah dibandingkan Audi S4 yang menjadi model basisnya dengan suspensi sport.

Suspensi sport RS plus dengan Dynamic Ride Control (DRC) sebagai opsi pilihan memungkinkan pengendalian yang lebih lincah sesuai dengan kebutuhan. Roll and pitch stabilizer terintegrasi ini terdiri dari sistem peredam khusus yang secara langsung dapat mempertahankan pergerakan bodi kendaraan tanpa penggunaan perangkat elektronik. Dengan bantuan Audi drive select, pengemudi dapat mengatur sendiri respon peredam dengan tiga tingkat peredaman dan mempersonalisasi pengalaman berkendara. Hasilnya: Suspensi sport RS dengan DRC memastikan pengendaraan yang sangat nyaman pada pengaturan "comfort". Sementara pada program “dynamic”, ia memberikan presisi berkendara yang luar biasa bahkan saat menikung dengan kecepatan tinggi.

Pengemudi dapat memilih pengalaman berkendara pribadi mereka melalui sistem pengendalian dinamis Audi drive select. Ada lima mode yang tersedia: comfort, auto, dynamic, dan mode khusus RS yang dapat disesuaikan: RS1 dan RS2. Sistem Audi drive select ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan manajemen transmisi, power steering, suspensi, sistem kemudi dinamis, sistem differential sport quattro, suara mesin dan karakteristik AC otomatis.

Kepraktisan ala mobil keluarga

Meski mengusung berbagai kehebatan sebuah mobil sport, namun The New Audi RS 4 Avant tetap memberikan kegunaan berkendara harian sebagaimana Audi A4 Avant sebagai basis modelnya. Kapasitas bagasinya mencapai 495 liter, yang dapat meningkat menjadi 1.495 liter dengan melipat bangku belakang dan ruang bagasi diisi penuh hingga atap. Pintu bagasi serta cover penutup bagasinya dapat beroperasi secara elektronik.

“Mengombinasikan nilai-nilai yang ada pada sebuah mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari menjadi salah satu ide berbeda yang ditawarkan oleh The New Audi RS 4 Avant. Mobil ini menjadi salah satu konsep terbaik yang menjadi ciri khas Audi selama 25 tahun terakhir,” ujar Andrew Nasuri, President Direktur, PT Garuda Mataram Motor.

New Audi RS 4 Avant dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 2.799.000.000 (on–the-road) Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…