Langkawi Malaysia Buka Kunjungan Wisatawan yang Sudah Vaksin Penuh

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 16 September 2021 - 10:15 WIB

Langkawi, Malaysia (Dok: Tiket.com)
Langkawi, Malaysia (Dok: Tiket.com)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata yang babak belur akibat pandemi Covid-19, akhirnya Langkawi, Malaysia membuka kunjungan wisatawan. 

Dilansir dari laman Times of India, mulai 16 September 2021, pulau wisata itu kembali diizinkan menerima kunjungan wisatawan dengan berbagai aturan. 

Destinasi wisata yang terkenal gugusan 99 pulau di Selat Malaka ini hanya mengizinkan kunjungan untuk wisatawan yang sudah divaksinasi penuh. Pembukaan Langkawi adaah bagian dari gelembung pariwisata domestik. Meski kembali beroperasi, Malaysia tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Laporan mengatakan bahwa rencana pembukaan kembali mirip dengan yang diluncurkan di Thailand, yang dimulai dengan pembukaan kembali Phuket pada bulan Juli, untuk wisatawan asing yang divaksinasi.

Mengacu pada hal tersebut, Kepala Dinas Pembangunan Langkawi Tuan Nasaruddin Abdul menyatakan bahwa mereka belum siap untuk kemacetan wisatawan meskipun mereka membutuhkan jumlah yang tinggi untuk memulihkan ekonomi.

"Yang lebih penting sekarang adalah bahwa kami dapat mengendalikan para wisatawan untuk memastikan kepatuhan mereka," katanya.

Langkawi terkenal dengan pantai, geopark, kehidupan burung, dan formasi batuannya. Wisatawan yang ditargetkan di tahap awal hanya 400 ribu pengunjung hingga akhir tahun ini. Pendapatan diperkirakan sebesar 165 juta ringgit atau sekitar US$39,66 juta.

Kabarnya, program vaksinasi di negara itu telah berkembang jauh lebih cepat daripada tetangganya, dan berharap untuk kembali lebih cepat ke keadaan normal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…