Langkawi Malaysia Buka Kunjungan Wisatawan yang Sudah Vaksin Penuh

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 16 September 2021 - 10:15 WIB

Langkawi, Malaysia (Dok: Tiket.com)
Langkawi, Malaysia (Dok: Tiket.com)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata yang babak belur akibat pandemi Covid-19, akhirnya Langkawi, Malaysia membuka kunjungan wisatawan. 

Dilansir dari laman Times of India, mulai 16 September 2021, pulau wisata itu kembali diizinkan menerima kunjungan wisatawan dengan berbagai aturan. 

Destinasi wisata yang terkenal gugusan 99 pulau di Selat Malaka ini hanya mengizinkan kunjungan untuk wisatawan yang sudah divaksinasi penuh. Pembukaan Langkawi adaah bagian dari gelembung pariwisata domestik. Meski kembali beroperasi, Malaysia tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Laporan mengatakan bahwa rencana pembukaan kembali mirip dengan yang diluncurkan di Thailand, yang dimulai dengan pembukaan kembali Phuket pada bulan Juli, untuk wisatawan asing yang divaksinasi.

Mengacu pada hal tersebut, Kepala Dinas Pembangunan Langkawi Tuan Nasaruddin Abdul menyatakan bahwa mereka belum siap untuk kemacetan wisatawan meskipun mereka membutuhkan jumlah yang tinggi untuk memulihkan ekonomi.

"Yang lebih penting sekarang adalah bahwa kami dapat mengendalikan para wisatawan untuk memastikan kepatuhan mereka," katanya.

Langkawi terkenal dengan pantai, geopark, kehidupan burung, dan formasi batuannya. Wisatawan yang ditargetkan di tahap awal hanya 400 ribu pengunjung hingga akhir tahun ini. Pendapatan diperkirakan sebesar 165 juta ringgit atau sekitar US$39,66 juta.

Kabarnya, program vaksinasi di negara itu telah berkembang jauh lebih cepat daripada tetangganya, dan berharap untuk kembali lebih cepat ke keadaan normal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich

Senin, 27 Juni 2022 - 07:13 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich

Jakarta-Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Senin, 27 Juni 2022 - 06:15 WIB

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Seni wayang memiliki pesona dan nilai yang tetap aktual. Namun perlu memadankan agar wayang dapat memainkan peranannya di masa kini. Oleh karena itu perlu dipikirkan bagaimana agar kesenian…