Ikut Kontes di Kementerian Kelautan! Bu Susi, Juara Satu 'Masterclass Ikan vs Kopi' Sukses Kreasikan Abon Lele

Oleh : Kormen Barus | Senin, 13 September 2021 - 13:20 WIB

Susi Mardiatin, Juara Satu ”Masterclass Ikan vs Kopi” Sukses Kreasikan Abon Lele
Susi Mardiatin, Juara Satu ”Masterclass Ikan vs Kopi” Sukses Kreasikan Abon Lele

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Berawal dari melihat unggahan di akun Instagram @pasarlaut_indonesia tentang "Masterclass: Ikan vs Kopi", Susi Mardiatin merasa tertarik dengan kontes yang dimulai pada 6 Juli 2021 tersebut.

Kontes yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui program Pasar Laut Indonesia bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) telah menantangnya.

"Saat melihat postingan itu saya merasa tertantang buat ikutan," kenang Susi saat bercerita tentang keikutsertaannya pada ajang tersebut, Minggu (12/9/2021).

Semangatnya kian membuncah karena pemenang kompetisi ini bisa mendapatkan hadiah Rp25 juta, pembinaan sekaligus pendampingan usaha dari KKP.

Maklum, pandemi Covid-19 membuat bisnis kue kering dan jajanan pasar yang dia rintis 14 bulan terakhir, kolaps.

Berbekal pengalaman pernah ikut pelatihan pembuatan kue kering, perempuan asal Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah ini pun mencoba memadukan daging lele dengan resep egg roll yang dia kuasai.

Lele sengaja dipilih karena mudah dijumpai di lingkungan sekitarnya sekaligus familiar di lidah warga Purbalingga yang jauh dari laut.

"Saya bikin egg roll abon lele, saya hilangkan amisnya sampai jadi camilan renyah dan pas buat jadi menu pendamping kopi. Sebelum mengirim ke panitia lomba, saya minta keluarga nyoba dan suka, semua bilang enak," terang Susi pemilik akun instagram @susimardiatin.

Pelan tapi pasti, inovasi Susi lolos 10 besar dari kontes yang diikuti oleh 400 peserta se-Indonesia tersebut. Dia pun berkesampatan untuk mengikuti kelas ekslusif dengan pemateri Chef Yongki Gunawan, praktisi fotografi Rosalina, praktisi marketing Handoko Hendroyono, serta praktisi keuangan Danis.

Setelah sekian rangkaian penilaian, egg roll abon ikan milik Susi kian tak terbendung dan menjadi 3 besar sekaligus berkesempatan untuk mengkuti acara puncak yang digelar di Banda Aceh, Rabu 8 September 2021.

"Mau juara berapa saya sudah bangga karena bisa sampai ke Aceh. Tapi pas diumumkan bahwa inovasi saya jadi juara 1, sampai sekarang masih tidak nyangka bisa menang," ucapnya bangga.

Kini, Susi berharap inovasi dan produknya bisa diterima oleh masyarakat secara luas. Dia memastikan, bahwa egg roll abon lele cocok untuk menjadi teman pendamping kopi, baik pagi, siang maupun malam.

"Dari ajang ini saya menemukan kembali semangat untuk usaha, dan dari sekian materi yang saya dapat selama pelatihan, saya makin yakin selalu ada peluang di saat pandemi," ujarnya mantap.

Sementara Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Artati Widiarti mengapresiasi keberhasilan Susi dalam ajang tersebut. Diapun mengajak para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk selalu optimis dan berinovasi guna menciptakan peluang di masa pandemi ini.

Artati berharap, ke depan makin banyak kreasi dan inovasi lain dari UMKM pengolah perikanan guna menunjukkan bahwa produk-produk perikanan Indonesia tak kalah dari produk luar negeri.

"Kita dari PDSPKP akan selalu memberikan penguatan terhadap UMKM pengolah ikan, seperti menggelar kontes "Masterclass: Ikan vs Kopi" ini. Kita ingin menunjukkan sekaligus mengajak masyarakat untuk bangga buatan Indonesia," jelas Artati.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyebut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi serta kapasitas UMKM dalam promosi dan pemasaran produknya melalui e-commerce. Dari gerakan ini, diharapkan bisa mendorong peningkatan permintaan masyarakat.

"Sebagaimana yang telah disampaikan Bapak Presiden pada Sidang Paripurna DPR RI tanggal 16 Agustus 2021 lalu, ada tiga strategi besar untuk pemulihan ekonomi nasional, yaitu: digitalisasi UMKM, hilirisasi industri, dan ekonomi hijau atau ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan," terang Menteri Trenggono.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.