Di Munas HKI ke-VIII, Menperin Agus Beberkan Perkembangan Kawasan Industri 5 Tahun Terakhir: Cukup Membanggakan

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 September 2021 - 21:17 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasita menyebut perkembangan Kawasan Industri (KI) dalam lima tahun terakhir terlihat cukup membanggakan.

Hal ini ditandai dengan terjadinya peningkatan kawasan industri baik dari sisi jumlah maupun luasannya.

"Dari sisi jumlah terjadi peningkatan sebesar 47,2% dari 86 kawasan industri di tahun 2016 menjadi 131 kawasan industri di 2021. Sementara dari segi luasan terjadi peningkatan sebesar 53,1% dari 39 ribu hektare menjadi 59.800 hektare," kata Menperin Agus saat menghadiri Munas VIII Himpunan Kawasan Industri (HKI) secara virtual, Kamis (9/9).

Berdasarkan wilayah, lanjut Agus, kawasan industri di luar Pulau Jawa mengalami peningkatan cukup tinggi dari 17,5% menjadi 3% pada tahun 2021.

"Sedangkan presentasi luas kawasan di luar Jawa lebih tinggi dibandingkan dengan di Pulau Jawa, karena di uar Pulau Jawa ketersediaan lahan masih relatif luas," terangnya.

Menurut Menperin Agus, penambahan jumlah kawasan industri akan terus bertambah dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dikarenakan banyak perusahaan kawasan industri yang sedang melakukan tahap konstruksi.

"Hingga bulan September tahun ini terdapat 38 kawasan industri yang sedang tahap konstruksi dengan total lahan seluas 14.750 hektare," tutur Agus.

Disamping itu, kata Menperin, saat ini terdapat 27 kawasan industri yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, dan 26 kawasan industri di tetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN).

"Pemerintah terua mendorong dan memberikan fasilitasi terhadap kawasan industri sehingga tidak terlalu lama dapat segera beroperasi," ucap Agus.

Lebih lanjut, Menperin mengungkapkan bahwa kebijakan pengembangan kawasan industri saat ink adalah bagaimana membangun kawasan industri terpadu, terintegrasi dan berwawasan lingkungan.

Menurutnya, kawasan industri harus terintegrasi dengan infrastruktur transportasi, infrastruktur logistik, jaringan energi, jaringan komunikasi, fasilitas penelitian dan pengembangan, fasilitas pendidikan, perumahan dan infrastruktur pendukung lainnya.

"Semakin terpadu, terintegrasi dan terkoneksi secara kuat maka penciptaan pusat-pusat industri baru berupa kota industri baru akan terwujud dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia," tutup Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia