Ketum IMI Dukung Event FIM MiniGP Indonesia Series - Road to MotoGP di Mandalika

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 September 2021 - 13:00 WIB

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan mulai tahun 2022, IMI bersama Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP, akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series - Road to MotoGP di Mandalika, Lombok NTB. Sebagai ajang pencarian bakat pembalap muda Indonesia untuk bisa berlaga dalam ajang MotoGP.

"FIM dan Dorna Sport telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series, kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun. Berbagai negara yang ingin berpartisipasi, terlebih dahulu harus menyelenggarakan Series FIM MiniGP di negaranya masing-masing. Pemenang dari masing-masing negara mengikuti final FIM MiniGP World Series, yang pada tahun 2022 rencananya diselenggarakan di Valencia, Italia. Kejuaraan ini menjadi gerbang pembuka bagi para talenta muda Indonesia menuju pentas bergengsi MotoGP," ujar Bamsoet dalam konferensi pers persiapan penyelenggaraan MiniGP Indonesia Series - Road to MotoGP, di Jakarta, Kamis (2/9/21).

Turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Happy Harinto, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Andrys Ronaldi, dan Erwin MP, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, serta Direktur Hubungan Internasional dan Event sekaligus Safety Officer FIMqq Dyan Dilato. Hadir pula Sport Talenta Indonesia Mahrani, dan Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, selain Indonesia, setidaknya 15 negara dunia juga akan terlibat dalam penyelenggaraan FIM MiniGP World Series 2022. Antara lain Qatar dengan FIM MiniGP Qatar Series, dan Austria dengan FIM MiniGP Austria Series. Sesuai keputusan FIM dan Dorna Sport, para pembalap muda yang berlaga dalam series Mini GP akan balapan menggunakan tipe motor yang sama, Ohvale GP-0 160 Cc, yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. Sehingga para pembalap muda Indonesia yang terpilih dalam program Road to Moto GP, tidak asing dalam menggunakan motor yang ada di event MotoGP.

"Kejuaraan FIM MiniGP Indonesia Series diselenggarakan minimal sebanyak 5 series di sirkuit berbagai daerah, salah satunya di Sirkuit Internasional Mandalika, di Nusa Tenggara Barat. Teknis penyelenggaraan dan persyaratannya sedang disiapkan oleh IMI. Minimal pada akhir September 2021 sudah bisa diumumkan kepada publik," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, masifnya penyelenggaraan berbagai event kejuaraan internasional seperti MiniGP, MotoGP, World Superbike, dan lain sebagainya, merupakan bagian dari pembinaan para atlet muda bangsa. Menunjukan bahwa Indonesia tidak hanya sekadar membangun fasilitas infrastruktur berupa sirkuit balap dengan berbagai sarana dan prasarananya. Tetapi juga menyiapkan kegiatan pembinaan yang terstruktur, masif, dan sistematis.

"Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series merupakan bentuk keseriusan IMI dalam menyelenggarakan pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari FIM MiniGP World Series, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP," pungkas Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.