Menpora Yakin Pembalap F1 PowerBoat Gemari Suasana Danau Toba

Oleh : Kormen Barus | Senin, 13 Februari 2023 - 18:50 WIB

Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).
Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selaku ketua panitia yakin bahwa suasana Danau Toba yang sejuk akan digemari oleh para pembalap. Menpora mencoba membandingkan dengan lokasi gelaran sebelumnya di Uni Emirat Arab, yang menurutnya panas.

“Jadi saat orang lomba, suasana sejuk terasa.  Sehingga saya yakin pembalap akan betah untuk melakukan balap. Mereka sampaikan ke saya, apakah setelah balapan kami boleh tambah stay, karena mereka penasaran dengan danau ini karena alami. Beda dengan di UEA yang merupakan buatan manusia,” jelas Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).

Dia menambahkan, Danau Toba sudah sangat siap menggelar event tersebut dan kesiapan ini sudah dinilai oleh Union Internationale Motonautique (UIM), federasi olahraga yang membidangi F1 Powerboat tersebut. 

“Ini adalah seri pembukaan balapan dan pasti akan bawa kesan tersendiri. Venue balapan tidak ada masalah karena diawasi oleh federasi. Komunikasi kita enak dan mereka ingin membantu walaupun mereka tahu bahwa olahraga ini belum popular di Indonesia. Ini mengacu pada bukti belum adanya pembalap yang tampil dari Indonesia. Bahkan federasi nasional pun masih ditempatkan ke Ikatan Motor Indonesia,” tuturnya.

Event Kelas Dunia Perdana di Danau Toba

Ada pun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, bahwa ajang balapan tersebut diprioritaskan di Danau Toba karena merupakan salah satu destinasi superprioritas di Indonesia. Selain persiapan infrastruktur, pihaknya juga mendorong kesiapan sumber daya masyarakat di bidang pariwsiata agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para pengunjung termasuk 2500 wisatawan mancanegara yang diperkirakan bakal hadir dalam perlombaan tersebut.

“Kedatangan wisatawan mancanegara bila dilayani dengan baik, mereka akan  puas dan  berikan berita baik kepada publik,” ucapnya.

Menparekraf melanjutkan, Danau Toba merupakan destinasi superprioritas yang memiliki panorama indah, serta keragaman budaya, namun belum memiliki event kelas dunia. Menurutnya, F1 Powerboat ini akan menjadi event kelas dunia sehingga akan lebih meningkatkan jumlah pengunjung di Danau Toba.

“Pemerintah sudah mendukung pembangunan infrastruktur di Danau Toba mulai dari pelabuhan, bandara, jalan tol. Dengan kesiapan ini, diharapkan Danau Toba bisa masuk dalam tiga besar destinasi wisata di Indonesia, selain Bali dan Borobudur” tutupnya.

Antusiasme Publik

Antusiasme publik terhadap gelaran balap F1 Powerboat di Danau Toba sangat tinggi dan berbagai perlengkapan balap sudah mulai didatangkan ke lokasi tersebut.

Tingginya antusiasme ini bisa dilihat dari ludesnya tiket untuk di tribun “race venue” yang dijual secara daring. Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT. Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengatakan, bahwa pihaknya menjual tiket perhelatan olahraga air tersebut di platform daring langsung habis hanya dalam tempo 23 menit saja.

“Saya kaget, kami buka penjualan 2000 tiket di race venue pukul 16.00, pukul 16.23 sudah sold out. Kita akan jual lagi secara luring penjualan tiket sebanyak 2000 lembar dengan venue di atas bukit Pahoda yang viewnya luar biasa cantik,” terang Maya.

Dengan tingginya animo masyarakat, sebagai penyelenggara, pihaknya optimis target 25.000 penonton yang dicanangkan oleh Pemerintah bisa tercapai. Selain penjualan tiket di dua venue tersebut, para penonton juga bisa menyaksikan ajang balap dari berbagai kafe dan restoran yang tersebar di tepian Danau Toba.

Saat ini, InJourney tengah mengkurasi tempat-tempat tersebut yang penontonnya diperkirakan bisa mencapai lebih dari 5000 orang. Bisa  bertambah dengan titik-titik lainnya sepanjang danau. Karena itu, diperkirakan dalam dua hari pelaksanaan perlombaan, 25-26 Februari, jumlah penonton bisa mencapai 25.000 orang.

“Kami juga buat event pendukung seperti nonton bareng, musik, pagelaran budaya, kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tambahnya.

Maya melanjutkan, saat ini berbagai perlengkapan para pembalap, termasuk kendaraan air yang akan berlaga sebagian sudah tiba dari Pelabuhan Belawan. Kehadiran lainnya akan terus berlanjut. Para kru, paparnya akan tiba pada 18-19 Februari. Sementara para pembalap yang berjumlah 20 orang akan hadir pada 20 Februari dan bakal menggelar latihan bebas pada 23-24 Februari. Ada pun  perlombaan akan berlangsung 25-26 Februari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Shopee Rayakan Hari Keluarga Sedunia Bersama Dhatu Rembulan dan UMKM Lokal Wujudkan Gaya Hidup Penuh Makna

Jumat, 16 Mei 2025 - 10:22 WIB

Rayakan Hari Keluarga Sedunia, Shopee Bersama Dhatu Rembulan & UMKM Lokal Wujudkan Gaya Hidup Penuh Makna

Shopee mengadakan webinar bertajuk “Menjaga yang Dicinta: Menemani Setiap Cerita”, dalam rangka maerayakan Hari Keluarga Sedunia dengan menghadirkan dua sosok inspiratif: Riyanto Pratama,…

Kevin Santoso Director PT Delifru Utama Indonesia

Jumat, 16 Mei 2025 - 08:03 WIB

Sambut WOC 2025, PT Delifru Utama Indonesia Bersama SCAI Pertemukan Praktisi Kopi Hingga Business Owner pada Welcoming Dinner

Menyambut penyelenggaraan perdana ajang kopi internasional World of Coffee (WOC) 2025 di Indonesia, PT Delifru Utama Indonesia bersama SCAI (Spesialty Coffee Association Indonesia), menggelar…

Boediman Widjaja, Founder & CEO JOE Green

Jumat, 16 Mei 2025 - 07:50 WIB

Di INDUSTRY.co.id Forum, Bos JOE Green Ajak Pemerintah, Industrialis & Akademisi ‘Sulap’ Limbah Jadi Material Hijau Bernilai Tinggi

Siapa sangka diantara bangunan-bangunan gedung megah di Singapura dibangun menggunakan material dengan bahan limbah tambang. Penemu produk material tersebut adalah JOE Green yang sudah menangani…

 (Kiri ke Kanan) EGM Operasional AdMedika Dr. Rizal Hakim, Direktur Keuangan & Management Risiko/CFRO AdMedika Danang Rizki Ginanjar, Direktur Utama AdMedika Dian Prambini, Digital Service Transformation & IT Director Prodia Andri Hidayat, dan Business and Marketing Director Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati saat acara seremoni Go Live Integrasi ProdiaLink pada Aplikasi MyAdMedik@

Jumat, 16 Mei 2025 - 05:42 WIB

Permudah Akses Layanan Kesehatan Digital, AdMedika dan Prodia Resmikan Integrasi ProdiaLink pada Aplikasi MyAdMedik@

PT Administrasi Medika (AdMedika) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai digital healthcare ecosystem driver yang mengintegrasikan solusi Telkom untuk ekosistem…

(Dari kiri ke kanan: Adrian Junaidar Handayanto-Category Head Home Insecticides, Godrej Consumer Products Indonesia, Hilda Kitti - Marketing Director Godrej Consumer Products Indonesia, dr. Yuni Astria Sp.A - Dokter Spesialis Anak, Nucha Bachri-CEO & Co-Founder Parentalk, Caca Tengker-Public Figure & Momfluencer)

Kamis, 15 Mei 2025 - 23:22 WIB

GoodKnight Hadirkan Solusi Tidur Nyenyak Anak, Bebas Nyamuk untuk Tumbuh Kembang Optimal

GoodKnight dari Godrej Consumer Products Indonesia bantu anak tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk, mendukung tumbuh kembang optimal dengan perlindungan bebas asap dan nyaman untuk keluarga.