Menpora Yakin Pembalap F1 PowerBoat Gemari Suasana Danau Toba

Oleh : Kormen Barus | Senin, 13 Februari 2023 - 18:50 WIB

Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).
Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali selaku ketua panitia yakin bahwa suasana Danau Toba yang sejuk akan digemari oleh para pembalap. Menpora mencoba membandingkan dengan lokasi gelaran sebelumnya di Uni Emirat Arab, yang menurutnya panas.

“Jadi saat orang lomba, suasana sejuk terasa.  Sehingga saya yakin pembalap akan betah untuk melakukan balap. Mereka sampaikan ke saya, apakah setelah balapan kami boleh tambah stay, karena mereka penasaran dengan danau ini karena alami. Beda dengan di UEA yang merupakan buatan manusia,” jelas Menteri Amali dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tajuk “Adu Cepat di Danau Toba”, Senin (13/2/2023).

Dia menambahkan, Danau Toba sudah sangat siap menggelar event tersebut dan kesiapan ini sudah dinilai oleh Union Internationale Motonautique (UIM), federasi olahraga yang membidangi F1 Powerboat tersebut. 

“Ini adalah seri pembukaan balapan dan pasti akan bawa kesan tersendiri. Venue balapan tidak ada masalah karena diawasi oleh federasi. Komunikasi kita enak dan mereka ingin membantu walaupun mereka tahu bahwa olahraga ini belum popular di Indonesia. Ini mengacu pada bukti belum adanya pembalap yang tampil dari Indonesia. Bahkan federasi nasional pun masih ditempatkan ke Ikatan Motor Indonesia,” tuturnya.

Event Kelas Dunia Perdana di Danau Toba

Ada pun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, bahwa ajang balapan tersebut diprioritaskan di Danau Toba karena merupakan salah satu destinasi superprioritas di Indonesia. Selain persiapan infrastruktur, pihaknya juga mendorong kesiapan sumber daya masyarakat di bidang pariwsiata agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para pengunjung termasuk 2500 wisatawan mancanegara yang diperkirakan bakal hadir dalam perlombaan tersebut.

“Kedatangan wisatawan mancanegara bila dilayani dengan baik, mereka akan  puas dan  berikan berita baik kepada publik,” ucapnya.

Menparekraf melanjutkan, Danau Toba merupakan destinasi superprioritas yang memiliki panorama indah, serta keragaman budaya, namun belum memiliki event kelas dunia. Menurutnya, F1 Powerboat ini akan menjadi event kelas dunia sehingga akan lebih meningkatkan jumlah pengunjung di Danau Toba.

“Pemerintah sudah mendukung pembangunan infrastruktur di Danau Toba mulai dari pelabuhan, bandara, jalan tol. Dengan kesiapan ini, diharapkan Danau Toba bisa masuk dalam tiga besar destinasi wisata di Indonesia, selain Bali dan Borobudur” tutupnya.

Antusiasme Publik

Antusiasme publik terhadap gelaran balap F1 Powerboat di Danau Toba sangat tinggi dan berbagai perlengkapan balap sudah mulai didatangkan ke lokasi tersebut.

Tingginya antusiasme ini bisa dilihat dari ludesnya tiket untuk di tribun “race venue” yang dijual secara daring. Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT. Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengatakan, bahwa pihaknya menjual tiket perhelatan olahraga air tersebut di platform daring langsung habis hanya dalam tempo 23 menit saja.

“Saya kaget, kami buka penjualan 2000 tiket di race venue pukul 16.00, pukul 16.23 sudah sold out. Kita akan jual lagi secara luring penjualan tiket sebanyak 2000 lembar dengan venue di atas bukit Pahoda yang viewnya luar biasa cantik,” terang Maya.

Dengan tingginya animo masyarakat, sebagai penyelenggara, pihaknya optimis target 25.000 penonton yang dicanangkan oleh Pemerintah bisa tercapai. Selain penjualan tiket di dua venue tersebut, para penonton juga bisa menyaksikan ajang balap dari berbagai kafe dan restoran yang tersebar di tepian Danau Toba.

Saat ini, InJourney tengah mengkurasi tempat-tempat tersebut yang penontonnya diperkirakan bisa mencapai lebih dari 5000 orang. Bisa  bertambah dengan titik-titik lainnya sepanjang danau. Karena itu, diperkirakan dalam dua hari pelaksanaan perlombaan, 25-26 Februari, jumlah penonton bisa mencapai 25.000 orang.

“Kami juga buat event pendukung seperti nonton bareng, musik, pagelaran budaya, kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tambahnya.

Maya melanjutkan, saat ini berbagai perlengkapan para pembalap, termasuk kendaraan air yang akan berlaga sebagian sudah tiba dari Pelabuhan Belawan. Kehadiran lainnya akan terus berlanjut. Para kru, paparnya akan tiba pada 18-19 Februari. Sementara para pembalap yang berjumlah 20 orang akan hadir pada 20 Februari dan bakal menggelar latihan bebas pada 23-24 Februari. Ada pun  perlombaan akan berlangsung 25-26 Februari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…