Allianz Indonesia Ajak Nasabah Capai Financial Freedom dengan Perencanaan Keuangan yang Tepat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 Agustus 2021 - 09:02 WIB

Alianz Indonesia
Alianz Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Allianz Indonesia menggelar webinar series sebagai salah satu bagian dari program Cintai Keluarga & Cintai Bumi, untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada bulan September nanti, dimulai sejak bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, yang telah mempercayakan Allianz Indonesia sebagai perusahaan asuransi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perlindungan asuransi.

Webinar series ini diselenggarakan secara dwi-mingguan dan akan menyajikan berbagai topik menarik yang dapat diikuti secara cuma-cuma, tidak hanya oleh nasabah saja, namun terbuka untuk masyarakat umum.

"Tahun ini menjadi tahun ke-10 Allianz Indonesia yang secara rutin mewujudkan bentuk apresiasinya kepada nasabah melalui program hari pelanggan nasional. Program bertajuk Cintai Keluarga & Cintai Bumi ini merupakan ajakan kepada nasabah dan masyarakat umum untuk senantiasa memberikan perlindungan terhadap diri sendiri dan keluarga tercinta," kata Tiwuk Siswadi, Head of Customer Offer Allianz Life Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (26/8/2021).

"Allianz Indonesia juga mengajak untuk memberikan rasa cinta terhadap bumi, dengan memaksimalkan proses paperless dalam kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan fasilitas layanan digital dari Allianz," imbuh Tiwuk.

Sebagai pembuka rangkaian webinar tahun ini dan masih dalam suasana kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, Allianz Indonesia mengadakan webinar “How to Reach Your Financial Freedom”.

Pada webinar ini, topik yang dibawakan membahas bagaimana kiat-kiat dalam mencapai financial freedom, atau kemerdekaan keuangan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami.

Hadir sebagai perwakilan Allianz Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia yang memaparkan mengenai kiat mencapai financial freedom versi Allianz Indonesia yang penting diketahui.

“Pertama yang kita butuhkan adalah perencanaan keuangan. Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Allianz Indonesia senantiasa memberikan edukasi dan memberikan informasi secara berkala kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana. Dengan demikian, kita bisa memperkuat pondasi kokoh untuk perencanaan keuangan di masa depan.” ungkapnya.

Untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun. Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan; mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi; membuat perencanaan keuangan; mengimplementasikan perencanaan keuangan dan  mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida, dimana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan/proteksi dan memiliki dana darurat. Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi maka seseorang dapat melakukan investasi.

Urutan untuk mencapai financial freedom:
1. Financial stability – minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar, serta terbebas dari hutang dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3-6 bulan penghasilan.
2. Financial Independency - mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan.
3. Financial freedom – tahap dimana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang.

“Apabila kita sudah membangun pondasi kokoh dari piramida tersebut, sudah menentukan tujuan, jangka waktu dan profil risiko dalam melakukan investasi, maka kita harus melengkapi perlindungan perencanaan keuangan, yang salah satunya dapat diperoleh dari produk asuransi. Yang paling penting adalah ‘Lakukan Sekarang’ untuk mencapai financial freedom. Oleh karena itu, Allianz senantiasa memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan, me-review perlindungan asuransi yang dimiliki dan kiat mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.” tutup Meta.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…

Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5m Banyuwangi 3

Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Cerita Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5 Meter yang Terdampar di Banyuwangi, KKP Beberkan Kronologisnya!

Jakarta– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan…

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang telah mendapatkan…

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:24 WIB

Realisasi Batubara Untuk Kelistrikan Capai 72,94 Juta Ton

Jakarta-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan terus menjaga kebutuhan batubara dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO).