Ini 4 Perbedaan Hotel Konvensional dan Syariah, Traveler Jangan Sampai Keliru

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 23 Juli 2021 - 10:10 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Selain hotel konvensional yang biasa ditemukan, terdapat juga hotel syariah. Sebab, di beberapa negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia, kini pun menghadirkan konsep hotel syariah. 

Hotel syariah sendiri merupakan hotel yang mnerapkan prinsip ajaran agama Islam. Meski demikian, hotel syariah dan konvensional pun sama-sama menyediakan penginapan dengan standar kenyamanan untuk para traveler. 

Lalu, apa bedanya antara hotel syariah dengan hotel konvensional? Berikut beberapa perbedaannya seperti dirangkum RedDoorz melaului siaran pers yang diterima Industry.co.id beberapa waktu lalu. 

Aturan tentang penginap yang sedikit lebih ketat pada Hotel Syariah

Hotel syariah terdapat aturan yang tidak memperbolehkan pelanggan yang merupakan pasangan belum menikah menginap di satu kamar yang sama. Biasanya pelanggan harus menunjukan surat nikah atau setidaknya KTP dengan alamat yang sama untuk membuktikan status kamu dan pasangan. Namun, umumnya, pegawai hotel syariah tahu, loh, apakah kamu pasangan sudah menikah atau belum.

Makanan dan minuman halal di hotel syariah

Wajib hukumnya untuk hotel syariah hanya menyediakan makanan dan minuman halal yang memiliki bersertifikat halal dari MUI dikarenakan sejalan dengan prinsip yang dianut. Meskipun pada hotel konvensional juga biasanya menyediakan makanan halal, tetapi terkadang belum tentu semuanya telah tersertifikasi oleh badan MUI. 

Aturan hotel konvensional lebih longgar

Pada hotel syariah, kamu hanya boleh bertemu dengan teman lawan jenis kamu di lobi saja. Kamu juga tidak akan menemukan fasilitas tertentu di hotel syariah, seperti karaoke, club, dan bar. Saat menginap, hotel syariah tidak mengizinkan kamu membawa minuman beralkohol. Sedangkan umumnya, kamu bisa menemukan fasilitas tersebut di hotel konvensional.

Ruang dan alat ibadah yang lengkap di hotel syariah

Jika dibandingkan dengan hotel konvensional, hotel syariah adalah rekomendasi yang tepat untuk kamu yang selalu mengedepankan kenyamanan saat menunaikan kewajiban beribadah. 

Umumnya hotel syariah menyediakan berbagai kebutuhan beribadah yang lebih lengkap seperti Al Quran, sejadah, dan petunjuk arah kiblat yang sangat esensial bagi umat muslim. Bahkan beberapa hotel menyediakan ruang berdoa dan tempat untuk berwudhu yang lebih nyaman.

Adanya hotel syariah dan konvensional membuat para traveler mempunyai beragam pilihan untuk menginap. Para penyedia hotel pun tidak bisa melupakan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Itulah mengapa banyak merek akomodasi, seperti RedDoorz, menyediakan kedua jenis hotel ini.

"Kami sangat menghargai keberagaman yang ada di Indonesia ini, termasuk berbagai kebutuhan akomodasi saat mereka ingin berlibur atau hanya sekedar staycation bersama orang terdekatnya. Untuk itulah kami menyediakan berbagai macam akomodasi mulai dari hotel hingga indekos, dari konvensional hingga syariah. Semuanya bisa ditemui pada aplikasi RedDoorz untuk memberikan kenyamanan menginap kepada pelanggan kami," kata Vice President of Operations RedDoorz, Adil Mubarak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”