Kinerja Industri Ciamik, Menperin Agus Bertekad Lakukan Perluasan Ekspor ke Afrika dan Eropa Timur

Oleh : Candra Mata | Rabu, 21 Juli 2021 - 21:36 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia terus menunjukkan kinerja positif.

Hal tersebut tercermin dari semakin meningkatnya capaian ekspor hingga paruh tahun pertama 2021. 

Tercatat pada periode Januari-Juni 2021, pencapaian sektor industri mencapai USD81,07 Miliar atau meningkat 33,45% dari periode yang sama tahun sebelumnya (y-o-y).

Tak hanya itu, menurut Menperin Agus, sektor industri juga masih memberikan kontribusi terbesar terhadap total ekspor nasional yang mencapai 78,80% atau senilai USD102,87 Miliar.

Bahkan, kinerja ekspor sektor industri pada paruh pertama 2021 ini turut mencatatkan surplus perdagangan nasional sebesar USD11,86 Miliar. 

"Kami bertekad terus mempertahankan dan memperkuat potensi ekspor industri pengolahan dan meningkatkan daya saing industri dalam negeri dari negara-negara kompetitor," ujar Menperin Agus dalam keterangannya yang dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu malam (21/7/2021).

Menurutnya, dengan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang kompeten, hilirisasi di sektor industri perlu terus ditingkatkan.

"Hal ini bertujuan untuk menghasilkan produk-produk bernilai tambah tinggi dengan peluang pasar ekspor yang besar,” tegas Menperin.

Selain itu, dirinya menyampaikan, sejumlah strategi dalam hal peningkatan ekspor, diantaranya dengan melakukan perluasan pasar.

"Kita akan terus melakukan perluasan pasar, termasuk ke negara-negara tujuan nontradisional, seperti Afrika, Asia Selatan, dan Eropa Timur," tandas Menperin Agus.

Strategi berikutnya ialah mengoptimalkab kerja sama ekonomi komprehensif serta perjanjian perdagangan bilateral dan regional.

"Kita perlu mengoptimalkan kerjasama untuk meningkatkan akses pasar produk industri nasional," ujarnya.

"Sebagai contoh, dengan Indonesia Australia-Comprehensive Economy Partnership Agreement (IA-CEPA), Indonesia dapat meningkatkan ekspor sektor otomotif,” pungkas Menperin.

Perlu diketahui, di bulan Juni 2021 kemarin saja, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa ekspor industri manufaktur mencapai USD14,08 Miliar atau meningkat 9,7% dari bulan Mei 2021 (USD12,83 Miliar).

Capaian ekspor sektor industri di Juni ini berkontribusi 75,91% terhadap total ekspor nasional yang mencapai USD18,55 Miliar. 

Adapun sektor industri manufaktur dengan kinerja ekspor yang mendominasi ekspor di bulan Juni 2021 antara lain industri besi dan baja dengan nilai USD1,99 Miliar, diikuti lemak dan minyak hewan/nabati (USD1,89 Miliar), mesin dan perlengkapan elektrik (USD1 Miliar), kendaraan dan bagiannya (USD734,6 Juta), serta karet dan barang dari karet (USD605 Juta).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…