Maknai Idul Adha, Sri Mulyani Ingatkan Masyarakat Pentingnya Sikap Pengorbanan

Oleh : Candra Mata | Rabu, 21 Juli 2021 - 15:10 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati secara simbolis menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada panitia kurban kantor pusat Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dalam Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Rabu (21/07). 

Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disembelih dan diberikan kepada mustahik juga para pihak yang berhak menerima.

Selain menyerahkan hewan kurbannya, dalam perayaan yang mengusung tema “Kemenkeu Satu, Peduli di Masa Pandemi”, Menkeu juga mengungkapkan bahwa momen Hari Raya ini adalah wujud kebersamaan dalam menghadapi pandemi dan menjadikannya simbol untuk memperkuat kepedulian kepada sesama, yaitu bersama-sama dalam menyikapi ujian pandemi.

“Ini tidak hanya ujian kemanusiaan, ujian bagi perekonomian kita, bagi negara kita, bagi keuangan negara kita, tapi juga ujian bagi diri kita pribadi. Ini sebuah ujian yang sangat komplit bagi seluruh dunia,” ungkap Menkeu dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu siang (21/7).

Menurutnya, dengan merayakan Idul Adha yang esensinya adalah merayakan suatu sikap pengorbanan, masyarakat diminta berkontribusi secara aktif untuk menurunkan jumlah kasus positif COVID-19 dan jumlah kematiannya. 

Masyarakat harus bisa menahan diri dalam mobilitas yang menimbulkan risiko dengan mengurangi kegiatan ekonomi, sosial keagamaan, dan kegiatan berisiko lainnya.

“Ini artinya banyak masyarakat kita yang berkorban,” kata Menkeu.

Selain itu, nemasuki tahun kedua perayaan Idul Adha di tengah pandemi, Menkeu berharap seluruh jajaran Kemenkeu menjadikannya kesempatan untuk menunjukkan kualitas institusi yang tidak hanya peduli tetapi juga berkomitmen dan berdedikasi, serta kesempatan berbuat lebih baik dan lebih banyak.

“Kita semua yang ada di dalam garda Kemenkeu yang menjadi pengelola keuangan negara mengetahui dan memahami konsekuensi bagi keuangan negara dari ujian ini. Siap memberikan pengorbanan baik dalam sisi material, pikiran, dan tenaga untuk siapa saja yang membutuhkan. Kita memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…