Maknai Idul Adha, Sri Mulyani Ingatkan Masyarakat Pentingnya Sikap Pengorbanan

Oleh : Candra Mata | Rabu, 21 Juli 2021 - 15:10 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati secara simbolis menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada panitia kurban kantor pusat Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dalam Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Rabu (21/07). 

Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disembelih dan diberikan kepada mustahik juga para pihak yang berhak menerima.

Selain menyerahkan hewan kurbannya, dalam perayaan yang mengusung tema “Kemenkeu Satu, Peduli di Masa Pandemi”, Menkeu juga mengungkapkan bahwa momen Hari Raya ini adalah wujud kebersamaan dalam menghadapi pandemi dan menjadikannya simbol untuk memperkuat kepedulian kepada sesama, yaitu bersama-sama dalam menyikapi ujian pandemi.

“Ini tidak hanya ujian kemanusiaan, ujian bagi perekonomian kita, bagi negara kita, bagi keuangan negara kita, tapi juga ujian bagi diri kita pribadi. Ini sebuah ujian yang sangat komplit bagi seluruh dunia,” ungkap Menkeu dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu siang (21/7).

Menurutnya, dengan merayakan Idul Adha yang esensinya adalah merayakan suatu sikap pengorbanan, masyarakat diminta berkontribusi secara aktif untuk menurunkan jumlah kasus positif COVID-19 dan jumlah kematiannya. 

Masyarakat harus bisa menahan diri dalam mobilitas yang menimbulkan risiko dengan mengurangi kegiatan ekonomi, sosial keagamaan, dan kegiatan berisiko lainnya.

“Ini artinya banyak masyarakat kita yang berkorban,” kata Menkeu.

Selain itu, nemasuki tahun kedua perayaan Idul Adha di tengah pandemi, Menkeu berharap seluruh jajaran Kemenkeu menjadikannya kesempatan untuk menunjukkan kualitas institusi yang tidak hanya peduli tetapi juga berkomitmen dan berdedikasi, serta kesempatan berbuat lebih baik dan lebih banyak.

“Kita semua yang ada di dalam garda Kemenkeu yang menjadi pengelola keuangan negara mengetahui dan memahami konsekuensi bagi keuangan negara dari ujian ini. Siap memberikan pengorbanan baik dalam sisi material, pikiran, dan tenaga untuk siapa saja yang membutuhkan. Kita memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DR. Basuki Ranto

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:22 WIB

Terjadi Over Supply And Demand Listrik, Bagaimana Solusinya?

Jakarta-PT PLN dihadapkan kepaada sebuah masalah yang terkait dengan distribusi listrik yang ketersediiannya melebihi permintaan, sehingga terjadi ketimpangan untuk mendiatribusikan.

Operasi Pasar Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) yang digelar di Pasar Induk Beras Cipinang. (Senin, 3-10-2022).

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:15 WIB

Food Station Operasi Pasar Turunkan Harga Beras, Warga Bahagia

Jakarta - Food Station sebagai BUMD pangan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga stabilisasi dan ketersediaan harga beras medium untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, bekerjasama…

Ilustrasi minyak sawit

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:04 WIB

Antisipasi Resesi, Ekonom Sarankan Regulasi Pro Komoditas Ekspor

Jakarta-Kalangan Ekonom meminta pemerintah untuk mengantisipasi dampak resesi global melalui kebijakan yang pro komoditas.

Dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Investor Daily Summit 2022 mengusung tema ‘Optimism in Uncertainty” atau Optimisme dalam Ketidakpastian.

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:56 WIB

Optimism in Uncertainty: Investor Daily Summit 2022 Kembali Menghadirkan Konferensi Tingkat Internasional

Jakarta– Konferensi akbar Investor Daily Summit (IDS) akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.

Foto Doc Golkar

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:42 WIB

Pengamat: Pengumuman Capres Diharapkan Bisa Kerek Elektabilitas Parpol

Jakarta- Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat capres diyakini bakal kerek elekabilitas partai politik.