Maknai Idul Adha, Sri Mulyani Ingatkan Masyarakat Pentingnya Sikap Pengorbanan

Oleh : Candra Mata | Rabu, 21 Juli 2021 - 15:10 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati secara simbolis menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada panitia kurban kantor pusat Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dalam Perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Rabu (21/07). 

Selanjutnya hewan kurban tersebut akan disembelih dan diberikan kepada mustahik juga para pihak yang berhak menerima.

Selain menyerahkan hewan kurbannya, dalam perayaan yang mengusung tema “Kemenkeu Satu, Peduli di Masa Pandemi”, Menkeu juga mengungkapkan bahwa momen Hari Raya ini adalah wujud kebersamaan dalam menghadapi pandemi dan menjadikannya simbol untuk memperkuat kepedulian kepada sesama, yaitu bersama-sama dalam menyikapi ujian pandemi.

“Ini tidak hanya ujian kemanusiaan, ujian bagi perekonomian kita, bagi negara kita, bagi keuangan negara kita, tapi juga ujian bagi diri kita pribadi. Ini sebuah ujian yang sangat komplit bagi seluruh dunia,” ungkap Menkeu dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu siang (21/7).

Menurutnya, dengan merayakan Idul Adha yang esensinya adalah merayakan suatu sikap pengorbanan, masyarakat diminta berkontribusi secara aktif untuk menurunkan jumlah kasus positif COVID-19 dan jumlah kematiannya. 

Masyarakat harus bisa menahan diri dalam mobilitas yang menimbulkan risiko dengan mengurangi kegiatan ekonomi, sosial keagamaan, dan kegiatan berisiko lainnya.

“Ini artinya banyak masyarakat kita yang berkorban,” kata Menkeu.

Selain itu, nemasuki tahun kedua perayaan Idul Adha di tengah pandemi, Menkeu berharap seluruh jajaran Kemenkeu menjadikannya kesempatan untuk menunjukkan kualitas institusi yang tidak hanya peduli tetapi juga berkomitmen dan berdedikasi, serta kesempatan berbuat lebih baik dan lebih banyak.

“Kita semua yang ada di dalam garda Kemenkeu yang menjadi pengelola keuangan negara mengetahui dan memahami konsekuensi bagi keuangan negara dari ujian ini. Siap memberikan pengorbanan baik dalam sisi material, pikiran, dan tenaga untuk siapa saja yang membutuhkan. Kita memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…