Makan Timun di Malam Hari Ternyata Bisa Menggangu Pencernaan, Ini Penjelasannya

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 15 Juli 2021 - 11:00 WIB

Timun (Ist)
Timun (Ist)

INDUSTRY.co.id - Timun merupakan sayuran favorit bagi orang yang sedang melakukan gaya hidup sehat atau diet. Sayuran ini yang bisa diolah berbagai macam makanan seperti, salad ataupun smoothie. Timun memang cukup menyegarkan, karena mengandung vitamin K dan tinggi antioksidan. 

Dilansir dari laman Times of India, timun jika dikonsumsi secara berlebihan dan jumlah yang banyak dapat menyebabkan beberapa masalah perut. Kelebihan makan timun dapat membuat Kamu merasa kembung karena timun 95 persen berisi air. Sayuran ini juga merupakan sumber cucurbitin yang tinggi, dan memiliki sifat diuretik. 

Sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat menggangu keseimbangan elektrolit. Namun, jika dikonsumsi sewajarnya saja dapat membuat tubuh lebih terhidrasi. 

Selain itu, makan timun juga tidak boleh di malam hari. Kenapa? Sebab, timun di malam hari dapat menggangu proses pecernaan dan menggangu siklus tidur Kamu. Meskipun sarat dengan air, timun tidak mudah dicerna. Makanya, makan timun di malam hari tidak diperbolehkan. Timun membutuhkan waktu untuk mencerna setidaknya tiga sampai empat jam sebelum tidur. Inilah sebabnya mengapa selalu disarankan untuk makan malam ringan sekitar jam 7 malam untuk menjaga siklus tidur. 

Akan tetapi, jika Kamu mempunyai permasalahan pencernaan yang sensitif, ada baiknya tidak mengonsumsi timun di malam hari. Lebih baik, makan timun di siang hari. Kandungan cucurbitin pada timun (elemen diuretik) dapat memicu gangguan pencernaan pada beberapa orang.

Jadi, saran untuk memakan timun yakni mengonsuminya pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang wajar saja. Makan timun di siang hari dalam jumlah yang sedikit tidak dapat membahayakan tubuh dan membuatnya lebih terhidrasi serta meningkatkan kesehatan tulang dan membantu menurunkan berat badan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…