34 Juta Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Terdampak PPKM Darurat

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Juli 2021 - 17:00 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Saat Weekly Press Briefing Secara Virtual di Jakarta, Senin (12/7/2021)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Saat Weekly Press Briefing Secara Virtual di Jakarta, Senin (12/7/2021)

INDUSTRY.co.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat terhitung pada tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 memberikan dampak yang sangat buruk terhadap pelak usaha, tidak terkecuali pada sektor pariwisata dan ekonomi krearif (parekraf).

Dalam weekly press briefing, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan terdapat 34 juta pelaku parekraf yang terdampak akibat PPKM darurat karena terpaksa menutup destinasi wisata. 

"Dampaknya luar biasa PPKM ini yang terpaksa memberhentikan mobilitas yang sampai menutup destinasi wisata. Sebanyak 34 juta pelaku usaha pariwisata dan eknomi kreatif di Jawa dan Bali yang di rumahkan. Mereka yang tidak dalam sektor esensial tidak berkegiatan," katanya dalam weekly press briefing secara virtual, Jakarta, Senin (12/7/2021). 

Lebih lanjut, ia mengatakan adapun sektor parekraf yang terdampak para yakni di Bali. Selain itu, para pelaku perfilman pun juga banyak yang mengeluh. Misalnya terkendala karea tidak bisa syuting. Maka dari itu, walaupun tidak bisa syuting Menparekraf pun uga memberikan syarat agar bisa melakukan aktifitas. 

"Syaratnya mereka harus patuh PPKM Darurat. Nanti, kita bantu fasilitasi, misalnya kalau sektor perfilman bisa syuting di kawasan Politeknik Pariwisata Bali," tuturnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Sandiaga juga mengatakan akan mempercepat terkait penyaluran penerima dana hibah pariwisata kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Dana hibah pariwisata tahun ini kita tambah 3,7 triliun dan diperluas. Jika tahun lalu hanya menjangkau hotel dan restoran saja, tahun ini kita sentuh juga biro perjalanan, para tour gude, pramuwisata, tempat-tempat rekreasi dan beberapa sentra wisata," tukasnya.

Tidak hanya dana hibah pariwisata, Sandiaga pun juga fokus terhadap program bantuan sosial (bansos) agar dipercepat prosesnya selama PPKM Darurat. Ia pun juga berharap perlu ada perluasan kepada yang belum menerima bansos. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…