Pentingnya Penerapan Budaya dan Etika Digital untuk Pengguna Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Juli 2021 - 11:45 WIB

Literasi Digital
Literasi Digital

INDUSTRY.co.id - Budaya digital mengacu pada budaya yang dibentuk oleh kemunculan dan penggunaan teknologi digital secara masif. Digitalisasi telah menjadi pengaruh besar di era ini, karena kehadiran dan pertumbuhan internet sebagai bentuk komunikasi massa.

"Dunia digital menawarkan dunia baru, gap generasi baru, selain itu posisi tiap individu di dunia digital memiliki kebutuhan dan nilai masing-masing misalnya content creator, maupun peran digital marketing yang mempunyai peran membantu di bidangnya," kata Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking & Founder Iman Komunika, saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menurutnya ada banyak faktor negatif dan positif dari digitalisasi, namun bila setiap orang bisa menemukan nilai, segmen, dan posisi di dunia digital maka individu tersebut akan mendapatkan manfaat dari internet.

Sementara budaya yang sehat memberikan pedoman atau kode perilaku tidak tertulis yang mengarahkan individu untuk bertindak secara tepat dan membuat pilihan yang benar.

"Buatlah pilihan-pilihan secara sadar, apa yang Anda klik apa yang Anda share. Lindungi data pribadi Anda sebab di dunia digital siapa pun bisa jadi siapa pun," ujarnya.

Apalagi orang Indonesia hampir tidak membaca syarat dan ketentuan saat memasang aplikasi. Selanjutnya mengenai etika digital ada beberapa hukum dan norma yang harus dipelajari dan disadari, sebab ada konsekuensinya tindakan dan keberadaan individu di ruang digital.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dee Rahma seorang Digital Marketing Strategic, Roni Dahroni Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Bandung Barat, dan Cantika Sari dari Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Bandung Barat. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital, untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Senin, 20 Mei 2024 - 11:03 WIB

BNI Raih Dua Penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan bergengsi di ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2024. BNI meraih peringkat Silver…

Ketua Komunitas Podcaster, Youtubers dan Konten Kreator Indonesia (KPYKI), Yusuf Mars ketika melakukan Podcast Bersama mantan Menkopolhukam, Prof.Dr. Mahfud MD

Senin, 20 Mei 2024 - 10:23 WIB

KPYKI Khawatir Draft Revisi UU Penyiaran Kekang Kebebasan dan Kreativitas Masyarakat Digital

Komunitas Podcaster, Youtubers dan Konten Kreator Indonesia (KPYKI) mengkhawatirkan tentang draf revisi UU Penyiaran yang sedang digodog di DPR RI, terutama terkait dengan pasal 34F Ayat 2 yang…

Ilustrasi kontainer di pelabuhan

Senin, 20 Mei 2024 - 10:02 WIB

Kontainer Menumpuk di Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak, Ini Tanggapan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan tanggapan mengenai penumpukan kontainer yang berisi berbagai macam barang di pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

Menteri PUPR Basuki Lakukan Pertemuan dengan Presiden Majelis Umum PBB, Galang Dukungan Penetapan Hari Danau Sedunia

Senin, 20 Mei 2024 - 09:59 WIB

Menteri PUPR Basuki Lakukan Pertemuan dengan Presiden Majelis Umum PBB, Galang Dukungan Penetapan Hari Danau Sedunia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis di Nusa Dua,…

Buka Pintu ke Dunia Hiburan Tak Terbatas: Google TV dari POLYTRON Terbaru, Gambar dan Suara Beri Pengalaman Berbeda

Senin, 20 Mei 2024 - 09:50 WIB

Buka Pintu ke Dunia Hiburan Tak Terbatas: Google TV dari POLYTRON Terbaru, Gambar dan Suara Beri Pengalaman Berbeda

Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan teknologi, televisi tidak lagi sebagai alat untuk menonton program…