KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Juli 2021 - 13:05 WIB

KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global
KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Keluarga Alumni Fisipol Universitas Gadjah Mada (KAFISPOLGAMA) bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator menggelar acara yang bertajuk “Unggul di Persaingan Global Digital Era: Kompetensi Kunci Membangun Kredibilitas Diri”.

Acara tersebut diadakan Kamis, 8 Juli 2021 via Zoom yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta lintas alumni dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.

Dihadiri oleh Setya Utama, Ketua Umum Kafispolgama, Wawan Mas’udi, Dekan Fisipol UGM, Amalia S. Prabowo, Managing Director ExportHub.id, Ghafran Cakradiwirya, Direktur Alibaba.com Authorized Global Channel Indonesia, Aron Ng’, GM International Business PT Andalan Export Indonesia dan Irene Marshella, Head of Global Partnership PT Aexi.

“Banyak riset dari Lembaga terkemuka bahwa banyak jenis pekerjaan yang hilang (job loss) dan jenis pekerjaan yang baru (job gain) diera disrupsi ini, termasuk keterampilan dan kompetensi apa yang dibutuhkan ke depan.”kata Setya dalam sambutanya.

Riset tersebut menunjukkan bahwa jenis pekerjaan seperti data analis, spesialis big data, spesialis strategi dan pemasaran digital akan semakin meningkat. Sedangkan kebutuhan untuk administrasi, resepsionis, akuntan dan auditor akan semakin menurun.

“Kompetensi mutlak yang perlu dimiliki agar kompetitif di era sekarang adalah cognitive reliability, social and emotional intelligence, complex problem solving, creativity dan tentu saja technology and digital skill.” imbuh Setya.

Pada bulan April lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kontribusi ekonomi digital terhadap perekonomian Indonesia semakin meningkat. Nilai transaksi ekonomi digital di Tanah Air pada tahun lalu mencapai USD 44 miliar atau setara Rp 638 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.500 per dolar AS. Nilai itu menurutnya bisa meningkat menjadi USD 124 miliar (setara Rp 1.798 triliun) atau tiga kali lipat pada 2025.

“Ekonomi digital ke depan akan didominasi oleh sektor E-commerce, karenanya kita semua harus bersiap dan memiliki modal untuk menghadapi era disrupsi ini. Baik dari pemerintah, industri, Lembaga Pendidikan dan komunitas masyarakat harus bekerja sama untuk menciptakan digital talent baik social skill maupun digital skill,” ungkapnya.

Sementara Amalia menyampaikan, ExportHub.id merupakan ekosistem perdagangan global yang memiliki tiga pilar yaitu pelatihan berbasis kompetensi digital, akses ke pelanggan global dan akses ke pasar domestik.

GETI Inkubator yang merupakan salah satu pilarnya merupakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan juga memiliki Lembaga Pelatihan Sertifikasi (LSP).

“Melalui GETI Inkubator, kami menyiapkan digital talent yang berkompetensi menuju persaingan di pasar global maupun domestik. Dengan metode ajar hybrid dimana materi pelatihan teori 20 persen dan 80 persennya adalah inkubasi (praktek)” ungkap Amalia.

Untuk diketahui, sebelumnya GETI Inkubator telah menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan FISIPOL UGM untuk program pemagangan dan sertifikasi pada 16 Juni lalu.

“Kami berharap kehadiran kami bisa menjadi percepatan SDM unggul dalam menghadapi era disrupsi dan menjadi pendukung peningkatan transaksi digital ekonomi Indonesia pada tahun 2025 dan seterusnya,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AI Rudder resmi kenalkan VoiceGPT di Indonesia.

Sabtu, 10 Juni 2023 - 00:23 WIB

AI Rudder Bawa VoiceGPT Ke Indonesia.Pengalaman Berkomunikasi Dengan Bot Layaknya Manusia

AI Rudder menghadirkan VoiceGPT yang semakin memperkuat bidang pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman berkomunikasi dengan bot layaknya dengan manusia.

Ninja Xpress kenalkan program Cross Border Delivery, Fasilitas pendukung Pengiriman Lintas Negara.

Sabtu, 10 Juni 2023 - 00:06 WIB

Ninja Xpress Kenalkan Program Cross Border Delivery, Untuk Dukung Ekspor Produk UKM Lokal

Cross Border Delivery atau pengiriman paket Internasional, Ninja Xpress menghadirkan solusi untuk mendukung ekspor produk UKM dari hulu ke hilir, termasuk salah satunya fasilitas bantuan pengurusan…

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertukar cenderamata dengan Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima

Jumat, 09 Juni 2023 - 18:45 WIB

Sah! Menperin Agus Pastikan Isuzu Relokasi Produksi UD Trucks ke Indonesia, Nilai Investasinya USD 2 Juta

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, Isuzu tak sepenuhnya memindahkan fasilitas produksi dari Thailand ke Indonesia, melainkan khusus merek UD Trucks saja.

Kepala Perpusnas beri dukungan gerakan Satu Masjid Satu Perpustakaan di kabupaten Maros.

Jumat, 09 Juni 2023 - 18:23 WIB

Kabupaten Maros Gulirkan Gerakan Satu Masjid Satu Perpustakaan, Perpusnas Beri Dukungan

Diluncurkan pada Mei 2022, Gerakan Satu Masjid Satu Perpustakaan yang digulirkan Kabupaten Maros mendapat dukungan dari Kepala Perpusnas M. Syarif Bando.

Visa Contactless Talk: “Siapkah Kita Meninggalkan Uang Cash?”

Jumat, 09 Juni 2023 - 17:47 WIB

Visa Contactless Talk: “Siapkah Kita Meninggalkan Uang Cash?”

Di era smartphone dan internet, kecepatan dan kemudahan pembayaran digital memiliki daya tarik yang lebih besar, baik itu melalui dompet digital, QR, hingga kartu kredit contactless. Faktor-faktor…