KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Juli 2021 - 13:05 WIB

KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global
KAFISPOLGAMA Bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator Siapkan Bibit Unggul Pasar Global

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Keluarga Alumni Fisipol Universitas Gadjah Mada (KAFISPOLGAMA) bersama ExportHub.id dan GETI Inkubator menggelar acara yang bertajuk “Unggul di Persaingan Global Digital Era: Kompetensi Kunci Membangun Kredibilitas Diri”.

Acara tersebut diadakan Kamis, 8 Juli 2021 via Zoom yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta lintas alumni dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.

Dihadiri oleh Setya Utama, Ketua Umum Kafispolgama, Wawan Mas’udi, Dekan Fisipol UGM, Amalia S. Prabowo, Managing Director ExportHub.id, Ghafran Cakradiwirya, Direktur Alibaba.com Authorized Global Channel Indonesia, Aron Ng’, GM International Business PT Andalan Export Indonesia dan Irene Marshella, Head of Global Partnership PT Aexi.

“Banyak riset dari Lembaga terkemuka bahwa banyak jenis pekerjaan yang hilang (job loss) dan jenis pekerjaan yang baru (job gain) diera disrupsi ini, termasuk keterampilan dan kompetensi apa yang dibutuhkan ke depan.”kata Setya dalam sambutanya.

Riset tersebut menunjukkan bahwa jenis pekerjaan seperti data analis, spesialis big data, spesialis strategi dan pemasaran digital akan semakin meningkat. Sedangkan kebutuhan untuk administrasi, resepsionis, akuntan dan auditor akan semakin menurun.

“Kompetensi mutlak yang perlu dimiliki agar kompetitif di era sekarang adalah cognitive reliability, social and emotional intelligence, complex problem solving, creativity dan tentu saja technology and digital skill.” imbuh Setya.

Pada bulan April lalu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kontribusi ekonomi digital terhadap perekonomian Indonesia semakin meningkat. Nilai transaksi ekonomi digital di Tanah Air pada tahun lalu mencapai USD 44 miliar atau setara Rp 638 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.500 per dolar AS. Nilai itu menurutnya bisa meningkat menjadi USD 124 miliar (setara Rp 1.798 triliun) atau tiga kali lipat pada 2025.

“Ekonomi digital ke depan akan didominasi oleh sektor E-commerce, karenanya kita semua harus bersiap dan memiliki modal untuk menghadapi era disrupsi ini. Baik dari pemerintah, industri, Lembaga Pendidikan dan komunitas masyarakat harus bekerja sama untuk menciptakan digital talent baik social skill maupun digital skill,” ungkapnya.

Sementara Amalia menyampaikan, ExportHub.id merupakan ekosistem perdagangan global yang memiliki tiga pilar yaitu pelatihan berbasis kompetensi digital, akses ke pelanggan global dan akses ke pasar domestik.

GETI Inkubator yang merupakan salah satu pilarnya merupakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan juga memiliki Lembaga Pelatihan Sertifikasi (LSP).

“Melalui GETI Inkubator, kami menyiapkan digital talent yang berkompetensi menuju persaingan di pasar global maupun domestik. Dengan metode ajar hybrid dimana materi pelatihan teori 20 persen dan 80 persennya adalah inkubasi (praktek)” ungkap Amalia.

Untuk diketahui, sebelumnya GETI Inkubator telah menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan FISIPOL UGM untuk program pemagangan dan sertifikasi pada 16 Juni lalu.

“Kami berharap kehadiran kami bisa menjadi percepatan SDM unggul dalam menghadapi era disrupsi dan menjadi pendukung peningkatan transaksi digital ekonomi Indonesia pada tahun 2025 dan seterusnya,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…