Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Senilai Rp22Miliar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 Juli 2021 - 09:30 WIB

CSR Pupuk Kaltim
CSR Pupuk Kaltim

INDUSTRY.co.id - Bontang- PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali menyalurkan beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2021, bagi 36 siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial di Kota Bontang. Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, bersama Manajemen Perusahaan secara virtual, pada Rabu (7/7/2021).

Penerima beasiswa mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi, terdiri dari 10 siswa tingkat SD, 8 siswa tingkat SMP, 8 siswa tingkat SMA dan 10 penerima tingkat perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan

Universitas Hasanuddin (Unhas). “Jenjang SD hingga SMA akan menempuh pendidikan di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), sedangkan tingkat perguruan tinggi tersebar di berbagai universitas terkemuka di Indonesia,” ujar Rahmad.

Beasiswa disasar mulai tingkat SD, agar ada kesinambungan proses pendidikan di setiap jenjang bagi anak, sehingga ke depan mampu berkontribusi bagi daerah melalui keterampilan yang dimiliki, serta berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. “Beasiswa PKTPP juga wujud dukungan PKT terhadap visi misi Pemkot Bontang yang Hebat dan Beradab, khususnya pendidikan bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu, agar SDM lokal lebih berdaya saing,” lanjut Rahmad.

Dirinya berpesan agar seluruh penerima beasiswa PKTPP dapat semangat dan tekun belajar, mengingat tidak semua anak mendapat kesempatan serupa. Rahmad juga berharap program ini bisa menjadi salah satu jalan bagi anak Bontang, untuk berprestasi di bidang masing-masing.

Rahmad juga memastikan bahwa PKT akan terus komitmen dan peduli dalam meningkatkan pendidikan siswa-siswi berprestasi, karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar yang lebih tinggi agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Jaga amanah ini dengan baik, agar beasiswa ini bermanfaat dalam mencapai cita-cita, sehingga ke depan, dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” tambah Rahmad.

Wali Kota Bontang Basri Rase, didampingi Wakil Walikota Bontang Najirah, mengapresiasi kontribusi PKT yang secara berkesinambungan memberikan ruang dan peluang bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini dinilai Basri sejalan dengan upaya Pemkot Bontang, untuk pendidikan yang lebih layak bagi anak guna peningkatan SDM secara merata. “Semoga komitmen program ini terus ditingkatkan dengan jumlah penerima yang jauh lebih banyak, sehingga SDM lokal makin meningkat dengan memastikan jaminan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” harap Basri.

 

Darmawi, mewakili orangtua penerima beasiswa mengucapkan terima kasih kepada PKT yang terus meningkatkan komitmen dalam mendukung peningkatan SDM Bontang melalui beasiswa PKTPP. Berkat program ini, anaknya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, guna mencapai cita-cita yang diharapkan. “Kami berharap PKT terus berkontribusi bagi masyarakat, tak hanya di sekitar Perusahaan saja tapi juga Bontang secara umum. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, karena kini anak kami bisa kuliah seperti yang dicita-citakannya,” kata Darmawi.

Beasiswa Penuh Selama Menempuh Pendidikan

Program PKTPP telah dilaksanakan sejak 2008, dimulai dari beasiswa untuk tingkat perguruan tinggi. Penerima beasiswa diberikan keleluasaan dalam memilih jurusan yang diminati. Sejak 2008, sebanyak 188 mahasiswa telah menerima manfaat dari beasiswa PKTPP, dengan jumlah mahasiswa aktif saat ini 62 orang, selebihnya telah lulus dan bekerja. Tak tanggung-tanggung, hampir seluruh kebutuhan mahasiswa difasilitasi oleh perusahaan, mulai dari biaya tes sebelum masuk perguruan tinggi hingga tugas akhir, biaya akomodasi, buku, dan lain sebagainya. Bahkan Perusahaan juga memberikan bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir, sehingga mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

Dalam perjalanannya, program beasiswa ini terus dikembangkan. Pada tahun 2016, PKT membuka kesempatan anak-anak untuk sekolah di YPK. Hingga saat ini, sebanyak 126 anak telah menerima manfaat dari beasiswa ini. Kebutuhan siswa juga difasilitasi oleh Perusahaan, seperti seragam, buku pelajaran, SPP dan lain sebagainya.

Program beasiswa penuh ini merupakan wujud kontribusi PKT dalam mendukung peningkatan SDM di Kota Bontang, dengan memberikan pendidikan yang lebih layak bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Sejak program beasiswa PKTPP tingkat Perguruan Tinggi bergulir, biaya yang telah digelontorkan PKT adalah senilai Rp18,98 Miliar, sedangkan untuk tingkat SD, SMP dan SMA senilai Rp3,10 Miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:07 WIB

Laba Bersih ALDO Melesat 70,8% pada Kuartal I-2022

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi, terus meraih kinerja yang positif pada awal tahun 2022 dengan bukukan kenaikan…

Willy Bintoro Chandra, Pembina DPD Aspadin Jawa Tengah

Kamis, 26 Mei 2022 - 12:00 WIB

Pelabelan BPA Pada AMDK Galon Guna Ulang Dinilai Diskriminatif

Willy Bintoro Chandra, Pembina DPD Aspadin Jawa Tengah, mengatakan dampak kebijakan BPOM yang mewajibkan pelabelan “berpotensi mengandung BPA” khusus pada AMDK galon guna ulang sangat diskriminatif…