Wisatawan dilarang Selfie di Destinasi Wisata di Gujarat, Kenapa?

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 01 Juli 2021 - 11:30 WIB

Sungai di Saputara, Distrik Dang, Gujarat (timesofindia)
Sungai di Saputara, Distrik Dang, Gujarat (timesofindia)

INDUSTRY.co.id - Saat berlibur ke tempat wisata hal yang paling penting adalah dengan berfoto ataupun selfie untuk mengabadikan momen. Namun, ada destinasi yang melarang wisatawan untuk berfoto di daerahnya, yaitu Saputara di distrik Dang, Gujarat.

Dilansir dari laman Times of India, wisatawan yang berkunjung ke Saputara kini harus berhati-hati karena daerah tersebut melarang pengunjung untuk melakukan selfie. Menurut laporan tersebut, Dang merupakan distrik pertama di Gujarat yang memberlakukan larangan seperti itu, terutama di tempat yang menarik bagi wisatawan.

Jadi ya, jika ada wisatawan yang tertangkap mengambil selfie di tempat wisata mana pun di Dang, dianggap telah melakukan kejahatan yang dapat ditangkap oleh polisi setempat.

Hakim Distrik TK Damor mengeluarkan pemberitahuan publik tersebut, pada 23 Juni, yang melarang siapa pun untuk mengambil selfie di tempat-tempat wisata. 

Kabarnya, pemberitahuan tersebut juga melarang warga setempat untuk pergi ke aliran air atau sungai mana pun selama musim hujan untuk mandi, mencuci pakaian, atau melakukan pekerjaan lain, hal ini sebagai upaya mencegah kecelakaan. Pemberitahuan itu memperingatkan bahwa jika ada yang tertangkap melanggar perintah tersebut, mereka akan mendapat hukuman berdasarkan Undang-Undang Hukum Pidana India Bagian 188 (ketidakpatuhan untuk memerintahkan oleh pelayan publik).

Mengacu pada larangan itu, Damor menambahkan bahwa dengan dimulainya musim hujan, telah terjadi lonjakan wisatawan yang sangat besar di Dang. Dia juga menyatakan bahwa perintah larangan telah dikeluarkan untuk seluruh distrik, mengingat ini sangat berisiko.

Ia menambahkan saat menikmati alam, banyak orang bertindak tidak bertanggung jawab dengan mengambil selfie yang berujung kecelakaan yang fatal. Itulah alasan utama mengapa pemberitahuan ini telah diberlakukan untuk mencegah insiden yang berbahaya tersebut. "Mengambil selfie tidak pada spot yang dikunjungi wisatawan saja tetapi juga di tempat lain seperti tebing, jalan, sungai, dan air terjun," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.