Dahsyat, Banyak UMKM-nya Sukses, Akhirnya Pertamina Bongkar Rahasia bagaimana Cara Membina 8700 UMK Sektor Industri dan Jadi Industri Menengah Besar

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 22 Juni 2021 - 12:39 WIB

Bina lebih dari 8700 UMK Sektor Industri, Pertamina Tanamkan Semangat jadi Industri Menengah dan Besar
Bina lebih dari 8700 UMK Sektor Industri, Pertamina Tanamkan Semangat jadi Industri Menengah dan Besar

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Hampir seluruh sektor usaha mikro dan kecil (UMK) terkena imbas pandemi Covid-19, tak terkecuali sektor industri. PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan UMK, ikut andil dalam membantu para UMK tersebut bangkit dan adaptif. Yakni dengan upaya penyaluran modal bergulir dan program pembinaan UMK naik kelas.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, UMK di sektor industri memegang peranan penting terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja. “Sektor ini menjadi sangat potensial karena memiliki peluang besar menjadi industri menengah bahkan besar,” tuturnya.

Terdapat banyak macam UMK sektor industri yang dibina Pertamina. Mulai dari industri makanan minuman, batik, pakaian jadi, alas kaki, mainan anak dan banyak jenis industri lainnya. “Bukan tidak mungkin, industri mikro dan kecil itu jadi pabrik makanan, minuman, pakaian, alas kaki dan perusahaan besar yang bermula dari UMK,” papar Fajriyah.

Sejak tahun 1993 hingga 2020, lanjut Fajriyah, Pertamina telah membina lebih dari 8.700 mitra binaan yang bergerak di sektor ini. Di mana masing-masing UMK tersebut memiliki jumlah pekerja yang relatif banyak dibanding sektor lain. Sehingga jika ditotal, pihak yang mendapatkan manfaat dari pendampingan Pertamina ini jauh lebih banyak lagi.

Salah satu mitra binaan yang bergerak di sektor ini adalah Rehana. Pemilik usaha CV Sinar Brahma Rasid ini memproduksi aneka sarung tangan safety berbahan kulit. Kini dia memberdayakan sekitar 40 orang untuk membantu usahanya. “Sempat terkena imbas pandemi, namun berkat bantuan modal dari Pertamina bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kinerja produksi,” tuturnya.

Selain itu dari sektor industri makanan ada I Ketut Widana. Pemilik UD Utami ini kini sukses menjadi produsen olahan cokelat di Bali. Dengan usahanya yang terus berkembang, dia memberdayakan sekitar 30 orang untuk membantunya. Selain berorientasi pada keuntungan, upaya ini menjadi salah satu bentuk usaha berbasis sociopreneur yang banyak membantu masyarakat kecil.

Menurut Fajriyah, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) poin 8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif, dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Dapat Bonus dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…