Jelang Tatap Muka Terbatas, Sekolah Prestasi Global Siapkan Blended Learning

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Juni 2021 - 14:00 WIB

Sekolah Prestasi Global
Sekolah Prestasi Global

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menjelang pelaksanaan pembelajaran atau sekolah tatap muka sekolah Prestasi Global mempersiapkan segalanya,  terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, mulai dari sarana prasarana, SOP protokol kesehatan, pemenuhuan 30 – 50 % keterisian siswa dalam satu kelas dan sebagainya.

Hal itu dilakukan sebagaimana ketentuan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberlakukan   pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada Juli 2021.

Sejauh ini sekolah Prestasi Global yang beralamat di Jl. Palem 1 No 1 Mampang Indah Dua Rangkapan Jaya Pancoran Mas Kota Depok dan menaungi Pendidikan tingkat KB, TK, SD dan telah melakukan persiapan SDM tenaga pendidik dan kependidikan.

Persiapan itu dilakukan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, termasuk menerapkan isolasi mandiri selama 14 hari jelang sekolah dibuka. "Selain itu para tenaga pendidik dan kependidikan sejak bulan April 2021, Alhamdulilah sudah mendapatkan vaksin sampai dengan tahap 2," jelas Direktur Sekolah Prestasi Global, Ahmad Faisal, di Depok, Selasa (15/6/2021).  

"Hal ini menjadi modal kami sekolah Prestasi Global untuk dapat melayani siswa siswi dengan lebih aman dalam kegiatan tatap muka nantinya, “ sambung Ahmad

Selain itu, menurut Ahmad Faisal, sekolah Prestasi Global juga mempersiapkan pembelajaran dengan sistem Blended Learning yang disiapkan oleh PresGo Daring Center (PDC). Lembaga ini adalah Lembaga yang dibentuk untuk melayani siswa dan orang tua dalam permasalahan belajar online secara teknis, seperti pembuatan bahan ajar berbasis online, intra jaringan dan aplikasi serta proses mekanisme blended learning itu sendiri yang disiapkan oleh Lembaga PDC. 

PDC mempersiapkan tenaga pendidik yang benar-benar disiapkan dengan banyak kegiatan terkait pembelajaran daring atau online,  seperti pelatihan dan training serta pendalaman program blended learning dan sistem informatika jaringan lainnya.

"Diharapkan para tenaga pendidik dapat terus mengupdate kemampuan dirinya dalam situasi seperti saat ini, hal ini penting dilakukan agar tujuan Pendidikan dalam sistem blended learning dapat tercapai,” terangnya.

Dijelaskan Ahmad, kegiatan belajar mengajar dalam blended learning dibuat dengan dua cara, yakni online dan offline, agar dimasa pandemi ini tidak menimbulkan ketertinggalan akademik serta basic learning dalam pelayanan pendidikan.

"Pelaksanaan pembelajaran online selama satu tahun lebih ini  menjadi acuan Sekolah PresGo dalam menentukan KBM tatap muka terbatas nantinya. Pelaksanaan kegiatan belajar online kami sudah didukung oleh Google for education seperti pengunaan GCR atau Google Class room yang langsung kami dapatkan dari pihak Google," papar Ahmad.

Menurut dia, sistem blended learning ini sudah lebih dari satu tahun  diterapkan di PresGo. Antara lain terus melakukan  penguatan home visit atau school visit dan juga dengan pelaksanaan Google meet atau GCR ( Google Class Room )

Sangat perlu dilaksanakan guna pelayanan Pendidikan yang lebih baik dimasa pandemi atau masa yang akan datang. Apalagi,  sampai detik ini   penyebaran virus covid masih terus berlangsung.  "Kedepannya, sistem ini akan terus diperkuat dengan berbagai inovasi karena sistem seperti ini akan terus bermanfaat untuk kedepannya yang kita tidak tahu seperti apa kondisinya," urai Ahmad.

Hal ini dilakukan dengan tujuan akhirnya adalah untuk menjaga keselamatan siswa siswi dan tenaga pendidik serta dapat berlangsungnya KBM meski dalam situasi yang terbatas agar siswa tidak terlalu tertinggal jauh pembelajaran yang seharusnya didapat dikondisi normal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…