Ini 5 Program Akuntansi Cloud-based dengan Fitur Paling Lengkap yang Wajib Dicoba

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 Juni 2021 - 15:32 WIB

Ilustrasi pekerja
Ilustrasi pekerja

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Program akuntansi berbasis cloud didesain untuk mengotomatisasi segala macam tugas seputar pembukuan. Sayangnya, tidak semua program aplikasi membawa fitur akuntansi yang lengkap.

Jadi, jangan sampai salah memilih aplikasi akuntansi supaya tidak sia-sia nantinya. Pastikan itu cocok dengan kebutuhan bisnis Anda dan mendukung fitur-fitur penting pembukuan.

Untuk membantu Anda menemukan program akuntansi terbaik, simak daftar rekomendasinya berikut ini.
Program Akuntansi Online Terbaik di Indonesia
Pilih aplikasi terbaik dengan cara membandingkan fitur aplikasinya. Bila perlu pelajari langsung melalui akun demo atau melakukan uji coba gratis.
1. Jurnal
Aplikasi akuntansi berbasis cloud Jurnal menawarkan fitur untuk berbagai kebutuhan bisnis di segala bidang. 
Jurnal dapat diakses dengan dua cara yaitu melalui browser (desktop) dan aplikasi mobile. 
Biaya bulanannya relatif terjangkau, cocok sekali untuk bisnis yang sedang berkembang. Setidaknya, ada delapan fitur penting akuntansi di aplikasi Jurnal, yaitu: laporan keuangan, otomatisasi akuntansi, manajemen kas dan transaksi, invoice otomatis, manajemen inventaris, pembiayaan dan penganggaran, penghitungan pajak, dan akses dengan aplikasi mobile.
2. FreshBooks
Selanjutnya ada FreshBooks, aplikasi dari Toronto, Kanada, yang telah hadir sejak tahun 2003. Sekarang layanan ini sudah menggunakan cloud dan merambah platform mobile Android serta iOS. 
FreshBooks sangat mudah digunakan walaupun oleh orang non-akuntan sekalipun. Fiturnya lengkap, bisa diakses on the go dan biaya berlangganannya tidak terlalu mahal.  
Beberapa fitur akuntansi FreshBooks antara lain: notifikasi pembayaran, pengiriman faktur dengan tanggal jatuh tempo, pembayaran online dengan kartu kredit, penghitungan pajak, integrasi dengan rekening bank, dan integrasi dengan Gusto dan G Suite.
3. Odoo
Odoo merupakan aplikasi pengelola bisnis open source dengan antarmuka yang sangat modern. Cocok sekali untuk bisnis atau perusahaan yang membutuhkan ERP lengkap.
Fiturnya lumayan kompleks, namun pada dasarnya Odoo fleksibel untuk disesuaikan dengan apapun jenis bisnis Anda. 
Odoo berbeda dengan program online lainnya karena Anda perlu menginstalnya dulu baik di komputer maupun cloud server.
Di antara puluhan fitur Odoo, berikut beberapa fitur unggulannya: manajemen piutang, pengiriman notifikasi, kontrol proses approval, pelacakan aset, invoice otomatis, danrekonsiliasi bank.
4. ZipBooks
Salah satu kelebihan ZipBooks adalah dapat membantu Anda membuat keputusan berdasarkan kondisi keuangan saat ini. Mereka memang menawarkan tools dengan kecerdasan buatan yang katanya mampu menaikkan level bisnis.
Selebihnya fitur-fitur akuntansi ZipBooks terbilang lengkap seperti pada umumnya. Ada banyak tugas yang bisa berjalan otomatis untuk mengurangi beban kerja Anda. Selain itu ZipBooks juga dikenal sebagai aplikasi akuntansi dengan antarmuka terbaik. 
Ini bisa jadi solusi terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan Anda seperti: manajemen piutang, rekonsiliasi Bank, akuntansi Proyek, laporan neraca, laporan laba rugi, faktur pajak, invoicing dan pembayaran, dan statistik pintar.
5. Wave
Untuk pilihan program yang 100% gratis, Anda bisa memilih Wave. Cocok untuk individu seperti freelancer maupun bisnis kecil yang ingin menjajal fitur akuntansi rasa premium.
Semua fiturnya gratis, tidak terkecuali transaksi dan faktur tanpa batas. Hanya saja ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya fitur inventaris dan manajemen proyek.
Akan tetapi Anda tetap bisa menikmati layanan lainnya seperti: pelacakan pemasukan dan pengeluaran, sistem entri ganda, jumlah pengguna tak terbatas, laporan laba rugi dan arus kas, dan pengelolaan pajak.
Kelima aplikasi di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengenal lebih jauh Anda bisa lihat langsung ke website resminya. Tetapi untuk memilih program akuntansi terbaik coba pertimbangkan tiga hal ini. Identifikasi kebutuhan bisnis Anda, jangan paksakan budget dan bandingkan fitur satu sama lain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…