Owner Radja Cendol, Danu Sofwan Bagi Tips Memanfaatkan Marketplace Bagi UMKM

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Juni 2021 - 21:00 WIB

Tangkapan Layar Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia di Webinar Kominfo Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis
Tangkapan Layar Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia di Webinar Kominfo Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis

INDUSTRY.co.id - Di era pandemi ini masyarakat dunia bahkan Indonesia pun sudah mengadaptasi teknologi informasi menjadi gaya hidup baru dengan mengandalkan internet. Salah satunya bagi para pelaku UMKM yang memanfaatkan internet menjadi ladang usaha untuk memperkenalkan produknya ke seluruh masyarakat.

Salah satu narasumber yang membagikan ilmunya kali ini adalah Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia. Danu mengungkap bagaimana perubahan ekosistem usaha UMKM menuju online, di mana terdapat perbedaan antara berbisnis dan berdagang. Bila berdagang hanya memutar mudah dan mendapat keuntungan saja, maka bisnis harus berbicara tentang akselerasi bagaimana sebuah usaha bisa bertumbuh. 

Danu yang memulai usaha berjualan cendol di tahun 2014, pada 2020 lalu telah mampu memiliki 800 outlet yang tersebar di seluruh Indoenesia.

"Ketika pandemi justru kita tidak berhenti dan menggaet influencer hasilnya dalam 2 tahun kita bisa buka 320 outlet, karena kita memanfaatkan berbagai platform," ujar Danu Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis, Senin (7/6/2021).

Pemanfaatan marketplace untuk usaha online UMKM membutuhkan kecakapan dalam memanfaatkan internet. Sebagai pelaku usaha, seseorang juga harus bisa melihat secara menyeluruh dan luas peluang yang ada. Namun saat membangun bisnis, tak dapat dipungkiri akan ada jalan terjal dan kemungkinan gagal namun dikatakan Danu hal itu bagian dari proses. 

"Bangun terus integritas dan kepercayaan konsumen, namun dari semua itu yang paling awal buat semua orang tahu dulu dan tentukan target market, hingga sistem bisnisnya harus memiliki SOP. Baru bisa bicara buka cabang," ujarnya lagi. 

Lebih lanjut Danu juga membagikan strategi harga coret, di mana pedagang sedikit membuat markup harga sebanyak 30 hingga 40 persen lalu banting harga. Selain itu, jangan menggunakan harga genap, jual angka ganjil seperti angka Rp99 ribu atau Rp89 ribu bukan genap Rp100 ribu yang akhirnya menciptakan psikologi pricing.

Saat membuka webinar Literasi Digital di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemerintah menargetkan pada akhir tahun 2022, sebanyak 12.548 desa, kelurahan akan terjangkau sinyal. Percepatan dilakukan 10 tahun lebih maju dari rencana sebelumnya yang selesai pada tahun 2032.

"Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri, ketika jaringan internet tersedia harus diikuti kesiapan penggunanya agar manfaat positif internet dapat dimanfaatkan masyarakat lebih kreatif dan produktif," tutur Jokowi. 

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Ciamis Jawa Barat I, Senin (7/6/2021) merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Aprida M Sihombing dan Koordinator Layanan Perpustakaan Universitas Indonesia, Kalarensi Naibaho yang ikut memberikan ilmu tentang literasi digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sentra Vaksinasi di Petak Enam, Jakarta Barat (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 15:15 WIB

Petak Enam, Kampung Wisata Pecinan Zaman Kolonial, Jakbar dijadikan Sentra Vaksinasi

Petak Enam, Jakarta Barat merupakan salah satu Kampung Wisata Pecinan yang menjadi saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial yang dijadikan tempat sentra vaksinasi Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…