Owner Radja Cendol, Danu Sofwan Bagi Tips Memanfaatkan Marketplace Bagi UMKM

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Juni 2021 - 21:00 WIB

Tangkapan Layar Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia di Webinar Kominfo Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis
Tangkapan Layar Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia di Webinar Kominfo Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis

INDUSTRY.co.id - Di era pandemi ini masyarakat dunia bahkan Indonesia pun sudah mengadaptasi teknologi informasi menjadi gaya hidup baru dengan mengandalkan internet. Salah satunya bagi para pelaku UMKM yang memanfaatkan internet menjadi ladang usaha untuk memperkenalkan produknya ke seluruh masyarakat.

Salah satu narasumber yang membagikan ilmunya kali ini adalah Danu Sofwan, Founder & Owner of Radja Cendol, Es Teh Indonesia. Danu mengungkap bagaimana perubahan ekosistem usaha UMKM menuju online, di mana terdapat perbedaan antara berbisnis dan berdagang. Bila berdagang hanya memutar mudah dan mendapat keuntungan saja, maka bisnis harus berbicara tentang akselerasi bagaimana sebuah usaha bisa bertumbuh. 

Danu yang memulai usaha berjualan cendol di tahun 2014, pada 2020 lalu telah mampu memiliki 800 outlet yang tersebar di seluruh Indoenesia.

"Ketika pandemi justru kita tidak berhenti dan menggaet influencer hasilnya dalam 2 tahun kita bisa buka 320 outlet, karena kita memanfaatkan berbagai platform," ujar Danu Dalam Acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Ciamis, Senin (7/6/2021).

Pemanfaatan marketplace untuk usaha online UMKM membutuhkan kecakapan dalam memanfaatkan internet. Sebagai pelaku usaha, seseorang juga harus bisa melihat secara menyeluruh dan luas peluang yang ada. Namun saat membangun bisnis, tak dapat dipungkiri akan ada jalan terjal dan kemungkinan gagal namun dikatakan Danu hal itu bagian dari proses. 

"Bangun terus integritas dan kepercayaan konsumen, namun dari semua itu yang paling awal buat semua orang tahu dulu dan tentukan target market, hingga sistem bisnisnya harus memiliki SOP. Baru bisa bicara buka cabang," ujarnya lagi. 

Lebih lanjut Danu juga membagikan strategi harga coret, di mana pedagang sedikit membuat markup harga sebanyak 30 hingga 40 persen lalu banting harga. Selain itu, jangan menggunakan harga genap, jual angka ganjil seperti angka Rp99 ribu atau Rp89 ribu bukan genap Rp100 ribu yang akhirnya menciptakan psikologi pricing.

Saat membuka webinar Literasi Digital di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemerintah menargetkan pada akhir tahun 2022, sebanyak 12.548 desa, kelurahan akan terjangkau sinyal. Percepatan dilakukan 10 tahun lebih maju dari rencana sebelumnya yang selesai pada tahun 2032.

"Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri, ketika jaringan internet tersedia harus diikuti kesiapan penggunanya agar manfaat positif internet dapat dimanfaatkan masyarakat lebih kreatif dan produktif," tutur Jokowi. 

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Ciamis Jawa Barat I, Senin (7/6/2021) merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Aprida M Sihombing dan Koordinator Layanan Perpustakaan Universitas Indonesia, Kalarensi Naibaho yang ikut memberikan ilmu tentang literasi digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…