Blibli.com-Unilever Indonesia Hadirkan Unilever Anchor Store

Oleh : Hariyanto | Kamis, 18 Mei 2017 - 09:11 WIB

Peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FCMG) di e-commerce masih Blibli.com dan Unilver Indonesia meresmikan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kiri ke kanan: Kusumo Martanto CEO Blibli.com, Lay Ridwan Gautama Head of Trade Partnership B
Peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FCMG) di e-commerce masih Blibli.com dan Unilver Indonesia meresmikan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kiri ke kanan: Kusumo Martanto CEO Blibli.com, Lay Ridwan Gautama Head of Trade Partnership B

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Belanja rangkaian produk Unilever Indonesia kini lebih mudah dengan adanya kerja sama antara Unilever Indonesia dan Blibli.com yang menghadirkan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kerja sama ini juga meliputi peningkatan ketersediaan produk Unilever lewat pengiriman langsung atau direct delivery dari Unilever ke Blibli.com. 

Kerja sama ini digagas karena Blibli.com dan Unilever Indonesia melihat perkembangan e-commerce di Indonesia kian meningkat. Keinginan konsumen berbelanja dengan cara yang lebih praktis dan mudah membuat Blibli.com dan Unilever Indonesia percaya bahwa e-commerce akan menjadi pilihan channel konsumen di masa yang akan datang.

Baik Blibli.com maupun Unilever Indonesia, menyadari bahwa peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di ranah e-commerce masih terbuka lebar.

Di Indonesia, pertumbuhan consumer goods di kuartal 3 tahun 2016 sebesar 4.8%. Namun, kontribusi penjualan FMCG di e-commerce masih sangat kecil, yakni hanya sekitar 1%. Paling banyak masih dipegang pasar tradisional yakni 80% dan sisanya di retail. Itu artinya, penjualan FMCG dengan sistem daring masih sangat mungkin dimaksimalkan.

Saat ini konsumen memang sudah mengarah ke digital di mana bisnis e-commerce sedang tumbuh-tumbuhnya. Bahkan transaksi e-commerce Indonesia di 2016 ditaksir Rp 394 triliun.

Tentu saja jumlah itu akan terus bertambah bila melihat pesatnya pertumbuhan gadget, media sosial, dan berbagai aplikasi digital. Pengguna aktif media sosial di Indonesia yang mencapai 65 juta orang merupakan jumlah terbesar kedua di Asia setelah China.

                                                                                                                                                                                Pihak Unilever Indonesia menyadari konsumen mereka semakin terhubung dengan dunia digital, tidak hanya menggunakan kanal digital untuk mencari informasi, tetapi saat ini konsumen juga sudah gemar berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui digital.

“Kenyamanan dan kepraktisan adalah hal yang menjadi alasan konsumen memilih belanja melalui e-commerce. Untuk itu, kami serius dalam menjalin kerja sama dengan berbagai e-commerce seperti Blibli.com di mana kami ingin memastikan bahwa produk kami akan tersedia di beragam channel yang mereka pilih baik itu secara offline maupun online serta menjangkau lebih banyak konsumen yang ingin berbelanja bulanan dan mendapatkan rangkaian produk kebutuhan sehari-sehari yang dibutuhkan dari Unilever tanpa harus pergi ke toko," ucap Head of e-Commerce PT Unilever Indonesia Tbk Hira Triadi kepada awak media di Jakarta (17/5/2017)

Salah satu bentuk keseriusan Unilever Indonesia dalam menjalin kerja sama ini adalah memberikan layanan direct delivery kepada Blibli.com yang akan menjamin kelengkapan dan ketersediaan rangkaian produk Unilever di Blibli.com. Ditambahkan oleh Hira, “kami melihat Blibli.com merupakan salah satu e-commerce dengan kredibilitas tinggi dan terdepan di bidang teknologi yang menawarkan jangkauan pemasaran ke seluruh Indonesia, free shipping dan adanya fasilitas cicilan. Untuk itu, kerjasama ini sangat penting bagi kami.”

“Selama ini, produk-produk Unilever yang mendominasi penjualan di Blibli.com adalah personal care dan home care di mana konsumennya sebagian besar wanita. Sehingga diharapkan kerjasama ini juga dapat meningkatkan jumlah konsumen wanita kami dan menyediakan kelengkapan produk sesuai dengan kebutuhan mereka,” terang Head of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama.

Lay menambahkan bahwa sepanjang Mei-Juni 2017, Blibli.com bersama Unilever telah menyediakan paket-paket Ramadhan sangat menarik di Blibli.com yang dikemas dalam program Unilever 1001 Inspirasi Ramadhan.

Melalui kerja sama ini diharapkan Blibli.com dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumennya terutama dalam hal kelengkapan produk serta pelayanan ekstra seperti gratis ongkir (ongkos kirim) dan pelayanan Customer Care 24/7. Adanya Anchor Store Unilever semakin memperkuat komitmen keseriusan Blibli.com dalam menjual produk-produk personal care dan home care, yang memang merupakan konsumsi market terbesar.

"Blibli.com melihat Unilever Indonesia sebagai salah satu key partner yang berperan penting dalam pengadaan produk-produk groceries di mana konsumen kami ternyata memang senang untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara online," ujar Lay.

Kerjasama Blibli.com dengan Unilever Indonesia

Kerja sama yang digagas Unilever Indonesia dan Blibli.com ini bukan pertama kalinya. Blibli.com bekerjasama dengan Unilever Indonesia sudah sejak Desember 2015 yaitu bertepatan dengan peringatan 82 tahun Unilever Indonesia. Pada akhir tahun 2015 Blibli.com menandatangani kerjasama dengan Unilever Indonesa untuk pertama kalinya dan selama tahun 2016, Blibli.com bersama Unilever telah melakukan banyak campaign baik di level brand ataupun korporasi seperti launching Wall’s Happy Delivery di mana Blibli.com menjadi e-commerce pertama yang menjual es-krim dari Unilever. Lalu launching Molto Eau De Perfume, relaunch Pond’s White Beauty dan Unilever 1001 Inspirasi Ramadhan yang menjadi campaign tersukses sepanjang tahun 2016. Selain sisi bisnis, kedua belah pihak juga berkolaborasi dalam melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama.

Dengan menjual produk Unilever Indonesia, selama tahun 2016, Blibli.com menunjukkan pertumbuhan penjualan perbulan yang signifikan yaitu sebesar rata-rata 25 persen dan kenaikan total penjualan sebanyak 30 kali dibanding tahun sebelumnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halal BI halal grup astra

Senin, 06 Mei 2024 - 08:31 WIB

Puncak Astra Gema Islami ke-14, Astra Gelar Halalbihalal

Sebagai rangkaian puncak Astra Gema Islami (AGI), Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggelar Halalbihalal Grup Astra yang dilaksanakan di William Soeryadjaya Hall Gedung Astra Management…

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Totos Rasiti, Aktor panggung yang dikenal sebagai brand ambasador produk rokok dan kopi ini ternyata sudah 10 tahun meninggalkan panggung teater. Semua itu lantaran kesibukannya sebagai aktor…

Gelaran Vista Pora 5.5 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Luar Biasa! Gelar Vista Pora 5.5, Vista Land Group Catat Penjualan Capi 2.000 Unit Rumah

Vista Land Group kembali mencacatkan penjualan spektakuler mencapai 2.000 unit rumah dalam tempo hanya dua bulan dalam event Vista Pora 5.5 2024 Vista Land Group.

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Senin, 06 Mei 2024 - 06:35 WIB

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah jalan tol di berbagai daerah dalam rangka meningkatkan…

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…