Tolong Catat Baik-Baik, Jangan Berpikir Negatif Soal Keamanan di Papua

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 18 Mei 2021 - 09:41 WIB

Jangan Berpikir Negatif Soal Keamanan di Papua
Jangan Berpikir Negatif Soal Keamanan di Papua

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Provinsi Papua adalah satu dari 34 provinsi di Indonesia, yang memiliki 28 kabupaten dan satu kota.

Sebagian besar masyarakat berpikir jika Papua hanyalah wilayah hutan dan rawan akan gangguan keamanan dari kelompok teroris.

Hal ini membuat sebagian besar masyarakat selalu berpikir negatif akan keamanan Papua, jika ada gangguan keamanan dari kelompok teroris. Masyarakat pun mengait-mengaitkan jika Papua itu tidak aman. Padahal, tidak seperti itu.

Gangguan keamanan dari kelompok teroris hanya terjadi di kabupaten tertentu. Itu pun di wilayah pinggiran dekat dengan hutan dan gunung.

Kabupaten Puncak misalnya, di kabupaten ini beberapa waktu lalu terjadi teror dari kelompok teoris. Meski demikian, aktivitas masyarakat di Distrik Ilaga tetap berjalan seperti biasa.

Ini artinya bahwa teror tersebut hanya terjadi diwilayah tertentu dan tidak menyeluruh di Kabupaten Puncak.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Polisi M. Iqbal Alqudusy, seperti melansir dari Tribratanews.polri.go.id,  mengatakan, kelompok teroris hanya berada pada zona mini di Kabupaten Puncak, Kabupaten Mimika, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Nduga.

Artinya, meski berada di empat kabupaten tersebut, tapi kelompok teroris ini berada di wilayah tertentu. TNI-Polri memastikan akan terus mengejar dan melakukan penegakan hukum terhadap kelompok teroris yang saat ini berada pada zona mini.

"Kami TNI-Polri akan tetap melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur kepada kelompok teroris yang berada di zona mini (Mimika, Intan Jaya, Nduga dan Ilaga/Puncak)," kata Kombes Iqbal, Senin (17/5/2051).

Bulan Oktober Provinsi Papua bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke menjadi klaster penyelenggara.

Di tengah isu keamanan antara TNI-Polri dan kelompok teroris membuat sebagian besar kontingen bertanya soal keamanan selama PON.

Dalam rapat chef de mission kedua di Jayapura pada 7-10 April, Gubernur Papua Lukas Enembe telah pastikan menjamin Papua aman, dengan dibackup aparat TNI-Polri.

Kombes Iqbal kembali menegaskan, Papua secara umum aman dan kondusif. Berbagai aksi teror dari kelompok teroris hanya di zona mini. Teror kelompok teroris itu jauh dari empat klaster penyelenggara PON.

"Secara umum Provinsi Papua aman dan kondusif," tutur Kombes Iqbal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…