BCA Libatkan Masyarakat Membangun Budaya Bangsa Melalui Desa Wisata

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Mei 2021 - 14:38 WIB

EVP CSR BCA Inge Setiawati
EVP CSR BCA Inge Setiawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Indonesia merupakan negara dengan keberagaman budaya yang perlu mendapatkan apresiasi dan menjadi salah satu indikator kemajuan bangsa. Sebagai upaya pengembangan budaya bangsa, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia melalui kegiatan Desa Wisata Awards 2021. Rangkaian kegiatan ini pun disemarakkan melalui berbagai webinar menarik.

Kali ini, BCA mengadakan webinar bertajuk “Budaya Membangun Bangsa Melalui Desa Wisata” yang dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Prof. Dr. Surya Rosa P, M.S dan Pengamat Pariwisata, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf (2020-2021) Dr. Ir. Hari Sungkari, M,H pada Kamis (06/05). Selain itu, webinar ini juga turut dihadiri oleh 12 pengurus desa wisata binaan Bakti BCA beserta pengurus desa wisata dari daerah lainnya di Indonesia.

“BCA berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi desa wisata yang ada di Indonesia, sejalan dengan ragam budaya yang tersebar di Indonesia kami yakin dengan bertambahnya desa wisata ini akan semakin memperkaya desa binaan BCA. Hal ini sesuai dengan tidak semua berorientasi profit melainkan juga pada faktor-faktor lain seperti people, environment, governance dan planet. Dalam pengembangan desa ini kami juga berharap ada local champion dari desa tersebut,” ujar Inge.

“Desa sebagai pusat warisan budaya, saya yakin ini dapat berpengaruh pada situs-situs seperti Geopark dan Biosfir yang dimiliki Indonesia. Berbagai ekspresi budaya yang ada di desa seperti tarian, pahatan dan ada seni, ini akan sangat bermanfaat bagi pembangunan Indonesia ke depan. Saya mewakili UNESCO mendukung kegiatan Desa Wisata Awards yang diadakan BCA sebagai cagar pengembangan budaya di Indonesia,” ujar Prof. Dr. Surya Rosa P, M.S.

BCA melalui program Desa Binaan Bakti BCA saat ini tengah mengembangkan 12 desa wisata dengan berbagai program pendampingan. Pendampingan ini dilakukan melalui program Bakti Komunitas dan pilar Solusi Bisnis Unggul ini mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Pada pengembangan ini, tak tertinggal BCA juga mengedepankan aspek kebudayaan yang menjadi aspek terpenting yang tetap dapat dipromosikan di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini.

 “Menurut Undang-undang, tujuan utama pariwisata adalah untuk peningkatan ekonomi. Salah satu yang dapat dikembangkan dari pariwisata ini adalah mengembangkan budaya. Pengembangan ini akan mengangkat citra bangsa. Beragam budaya yang kita miliki di Indonesia merupakan bentuk persatuan, sehingga sudah menjadi tugas kita untuk menyuarakan the biggest advantage of Indonesia is our diversity,” ujar Dr. Ir. Hari Sungkari, M,H.

Sebagai tambahan informasi, saat ini BCA sedang menggelar Desa Wisata Awards 2021 yang berlangsung hingga Juni 2021 mendatang. Adapun BCA telah menyiapkan total hadiah mencapai 600 juta beserta pendampingan bagi pemenang kompetisi ini. Seluruh desa wisata di Indonesia dapat berperan aktif mengikuti kompetisi ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…