Bagi yang Bermain di Asuransi, Simak Ini! Tren Unit Link Naik, Asuransi Jiwa Turun di Kuartal I 2021

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 09 Mei 2021 - 08:27 WIB

Asuransi Ilustrasi
Asuransi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berjalan selama 15 bulan telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Hasil riset Lifepal.co.id, kunjungan ke situs-situs broker asuransi di kuartal I 2021 menunjukkan perubahan, ada yang naik, stabil ataupun turun.

Lifepal.co.id melakukan riset data traffic terhadap sejumlah situs broker asuransi dan tren pencarian asuransi periode yang sama, yaitu pada kuartal I 2021.

Untuk menganalisis data trafik situs broker asuransi online, Lifepal.co.id menggunakan data traffic dari empat broker asuransi di Indonesia sebagai sampel, yakni Lifepal.co.id, Bandingin.com, Futuready.com, dan Cekpremi.com.

Tepat pada Januari 2021, total traffic dari empat situs broker asuransi online mencapai 3,3 juta. Namun, terjadi penurunan trafik sebesar 14,8% di Bulan Februari 2021, dari 3,3 juta ke 2,8 juta.

 

Seperti diketahui, di Maret 2021, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan, yaitu sebesar 13,7% dari Februari 2021. Jelas sekali bahwa kenaikan trafik tersebut belum bisa menyamai tingginya rekor trafik di bulan Januari.

Tren pencarian asuransi di Google

Lifepal menemukan data yang cukup menarik terkait tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan unit link di Google pada Januari hingga April 2021.

Tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan merupakan yang paling stabil. Dan menariknya, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terlihat saling menyalip satu sama lain.

Terjadi kenaikan jumlah pencarian yang cukup tinggi pada pekan kedua April 2021 terhadap kata kunci asuransi kesehatan. Namun terjadi pula penurunan di pekan ketiga April.

Secara garis besar, terjadi penurunan tren pencarian kata kunci asuransi jiwa sejak awal 2021.

Penurunan yang cukup tajam pun terjadi pada Maret 2021, namun data di bulan April menunjukkan adanya pemulihan. Meski demikian, tren pencarian kata kunci asuransi jiwa masih lebih rendah ketimbang Januari 2021.

Tren pencarian kata kunci asuransi mobil juga mengalami penurunan di awal 2021, namun penurunan itu tidak setinggi asuransi jiwa.

Sama seperti di tahun sebelumnya, Unit Link tetap menjadi asuransi dengan jumlah pencarian terkecil, namun grafik tren pencarian unit link justru terlihat mengalami kenaikan sejak awal 2021.

Data ini hanya menunjukkan tingginya pencarian dengan menggunakan kata kunci, dan tidak menjamin tingginya permintaan atau pembelian asuransi tersebut.

Meski tren pencarian Unit Link naik, volume pencariannya masih jauh di bawah pencarian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Sebab, banyak sekali kanal distribusi produk asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membeli asuransi, sebut saja melalui agen-agen asuransi yang aktif menawarkan produknya kepada calon nasabah, perbankan, dan lainnya.

Catatan Penulis. Riset ini dibuat oleh Aulia Akbar CFP®, Perencana Keuangan dan Financial Educator Lifepal, Untuk membuat laporan ini, Lifepal.co.id melakukan riset data traffic dari platform pemeringkat situs, Similarweb. Kami mengambil empat situs broker asuransi hingga enam situs teratas di tiap kategori industri sebagai sampel riset. Olah data dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis lifepal.co.id.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…

Maskapai Garuda Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:45 WIB

Gara-gara Tunda Bayar Kupon Bond 500 Juta Dolar, BEI Setop Perdagangan Saham Garuda (GIAA)

Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.  Menurut BEI, penghentian tersebut dilakukan lantaran pemilik…