Bagi yang Bermain di Asuransi, Simak Ini! Tren Unit Link Naik, Asuransi Jiwa Turun di Kuartal I 2021

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 09 Mei 2021 - 08:27 WIB

Asuransi Ilustrasi
Asuransi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berjalan selama 15 bulan telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Hasil riset Lifepal.co.id, kunjungan ke situs-situs broker asuransi di kuartal I 2021 menunjukkan perubahan, ada yang naik, stabil ataupun turun.

Lifepal.co.id melakukan riset data traffic terhadap sejumlah situs broker asuransi dan tren pencarian asuransi periode yang sama, yaitu pada kuartal I 2021.

Untuk menganalisis data trafik situs broker asuransi online, Lifepal.co.id menggunakan data traffic dari empat broker asuransi di Indonesia sebagai sampel, yakni Lifepal.co.id, Bandingin.com, Futuready.com, dan Cekpremi.com.

Tepat pada Januari 2021, total traffic dari empat situs broker asuransi online mencapai 3,3 juta. Namun, terjadi penurunan trafik sebesar 14,8% di Bulan Februari 2021, dari 3,3 juta ke 2,8 juta.

 

Seperti diketahui, di Maret 2021, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan, yaitu sebesar 13,7% dari Februari 2021. Jelas sekali bahwa kenaikan trafik tersebut belum bisa menyamai tingginya rekor trafik di bulan Januari.

Tren pencarian asuransi di Google

Lifepal menemukan data yang cukup menarik terkait tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan unit link di Google pada Januari hingga April 2021.

Tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan merupakan yang paling stabil. Dan menariknya, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terlihat saling menyalip satu sama lain.

Terjadi kenaikan jumlah pencarian yang cukup tinggi pada pekan kedua April 2021 terhadap kata kunci asuransi kesehatan. Namun terjadi pula penurunan di pekan ketiga April.

Secara garis besar, terjadi penurunan tren pencarian kata kunci asuransi jiwa sejak awal 2021.

Penurunan yang cukup tajam pun terjadi pada Maret 2021, namun data di bulan April menunjukkan adanya pemulihan. Meski demikian, tren pencarian kata kunci asuransi jiwa masih lebih rendah ketimbang Januari 2021.

Tren pencarian kata kunci asuransi mobil juga mengalami penurunan di awal 2021, namun penurunan itu tidak setinggi asuransi jiwa.

Sama seperti di tahun sebelumnya, Unit Link tetap menjadi asuransi dengan jumlah pencarian terkecil, namun grafik tren pencarian unit link justru terlihat mengalami kenaikan sejak awal 2021.

Data ini hanya menunjukkan tingginya pencarian dengan menggunakan kata kunci, dan tidak menjamin tingginya permintaan atau pembelian asuransi tersebut.

Meski tren pencarian Unit Link naik, volume pencariannya masih jauh di bawah pencarian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Sebab, banyak sekali kanal distribusi produk asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membeli asuransi, sebut saja melalui agen-agen asuransi yang aktif menawarkan produknya kepada calon nasabah, perbankan, dan lainnya.

Catatan Penulis. Riset ini dibuat oleh Aulia Akbar CFP®, Perencana Keuangan dan Financial Educator Lifepal, Untuk membuat laporan ini, Lifepal.co.id melakukan riset data traffic dari platform pemeringkat situs, Similarweb. Kami mengambil empat situs broker asuransi hingga enam situs teratas di tiap kategori industri sebagai sampel riset. Olah data dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis lifepal.co.id.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin