Tangkas Mengatasi Tantangan, ABM Berhasil Pertahankan Kinerja Bisnis Optimal

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 08 Mei 2021 - 00:11 WIB

Perusahaan energi terintegrasi nasional PT ABM Investama Tbk. (IDX: ABMM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Jumat (7/5). (Ki-ka) Adrian Erlangga selaku Direktur, Arief Tarunakarya Surowidjojo selaku Komisaris Independen, Andi Djajanegara selaku Direktur Utama, Haris Mustarto selaku Direktur.
Perusahaan energi terintegrasi nasional PT ABM Investama Tbk. (IDX: ABMM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Jumat (7/5). (Ki-ka) Adrian Erlangga selaku Direktur, Arief Tarunakarya Surowidjojo selaku Komisaris Independen, Andi Djajanegara selaku Direktur Utama, Haris Mustarto selaku Direktur.

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Perusahaan energi terintegrasi nasional PT ABM Investama Tbk. (IDX: ABMM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini. Secara umum, ABM telah berhasil mengatasi berbagai rintangan yang timbul akibat ketidakpastian di tengah pandemi selama 2020, dengan mengandalkan landasan kokoh yang selama ini telah dibangun dalam wujud etos kerja dan kompetensi sumber daya manusia, keluwesan organisasi, dan teknologi digital yang diadopsi.

Andi Djajanegara selaku Direktur Utama ABM menjelaskan, terkait kinerja tahun 2020, ABM berhasil meningkatkan kinerja operasionalnya. “Di tengah melambatnya perekonomian dunia akibat pandemi COVID-19, perseroan masih terus tumbuh secara operasional dan mampu memperoleh pendapatan sebesar US$ 606,4 Juta, meningkat 2,36% dari tahun 2019, dengan EBITDA US$ 135,0 juta. Peningkatan ini berasal dari peningkatan segmen kontraktor tambang dan tambang batu bara serta usaha lain-lain, masing-masing sebesar 7,76% dan 13,75%,” jelas Andi.

Seiring dengan pulihnya perekonomian global, ABM optimis ke depannya tren di sektor pertambangan, khususnya batubara akan terus tumbuh positif. Berbagai strategi telah dipersiapkan guna mendorong performa Perseroan di sepanjang tahun 2021, mulai dari meningkatkan sinergi dalam Grup ABM, meningkatkan volume dan kinerja operasional, melakukan cost review yang berkelanjutan, hingga mengeskplorasi peluang menambah cadangan batu bara.

ABM sebagai perusahaan induk senantiasa mendorong optimalisasi peran dari masing-masing entitas anak usaha sehingga mampu meningkatkan efisiensi biaya operasional dan mencatatkan laba bagi Perseroan. Selain itu, perusahaan juga akan terus memperkuat rantai nilai dan ekosistem usaha batu bara Grup ABM, mulai dari proses penambangan sampai dengan proses perdagangan (mining to trading).

Guna meningkatkan sinergi dalam Grup ABM, ke depannya CK akan terus fokus untuk mendapatkan kontrak kerja baru jangka panjang (life of mine), Reswara melalui Mifa dan TIA akan memperluas pangsa pasar, baik domestik maupun ekspor. Sementara CKB sebagai operator PLB, telah memegang lisensi dari pemerintah dan Sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dari World Customs Organization. Kemudian, SSB akan mendukung perseroan dalam bidang industri jasa konstruksi, rekayasa, jasa penunjang pertambangan serta alat angkut pertambangan. “Kami optimistis, sejumlah kebijakan strategis yang telah kami siapkan dapat menjawab tantangan yang ada di tahun ini, baik secara global, maupun nasional dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tutup Andi.

PT ABM Investama Tbk (ABM) mengejar visi luhur menjadi perusahaan dengan investasi strategis di bidang pertambangan terintegerasi yang mengelola keseluruhan rantai nilai pertambangan seperti sumber daya pertambangan, jasa pertambangan dan infrastruktur pertambangan dan didukung oleh perusahaan logistik dan jasa rekayasa terkemuka. Dengan demikian, dalam pengembangan bisnis ABM, ABM berusaha untuk mengintegrasikan dan menciptakan sinergi antar unit bisnis ABM untuk memenuhi kebutuhan rantai pasokan kegiatan bisnis pertambangan bagi para mitra ABM.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tyna Kanna Mirdad di Acara Kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale secara daring, Kamis (17/6/2021).

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:00 WIB

Quality Time ala Tyna Kanna Mirdad Selama Pandemi Bersama Keluarga

Sudah setahun lamanya pandemi menyerang dunia, semua kegiatan yang biasa dilakukan di luar ruangan kini beralih dilakukan di dalam rumah. Tentu ini sangat membuat orang merasa jenuh. Namun,…

Indonesia Financial Group IFG

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:00 WIB

IFG Tujuk Rivan Achmad Purwantono Sebagai Direktur Utama PT Jasa Raharja

Segenap jajaran Manajemen PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG) BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan mengucapkan terima…

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto bersama Dirjen IKFT Kemenperin Muhammad Khayam (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:40 WIB

Asaki 'Acungi Jempol' Langkah Menperin Agus Perpanjang Safeguard Keramik

Asosiasi aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi langkah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memperpanjang safeguard ubin keramik yang akan berakhir pada Oktober 2021.

Ketua Hipmi Mardani H.Maming

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:30 WIB

Maming: HIPMI Dorong Investor Besar Gandeng UMKM

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) dijadwalkan akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Percepatan Investasi dengan Kementerian Investasi/BKPM…

Mobile Legend (dok)

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:10 WIB

Ini Aplikasi Game Penghasil Uang Tercepat dan Terbukti Memberi Bayaran

Keberadaan mobile game saat ini terus mengalami perkembangan. Hal ini membuat fungsi dari smartphone tidak hanya untuk keperluan hubungi orang lain saja namun juga bisa digunakan untuk kebutuhan…