Hadapi Persaingan Global, Ini Manfaat Pelajari Perdagangan Internasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 Mei 2021 - 18:40 WIB

Ilustrasi perdagangan internasional
Ilustrasi perdagangan internasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada dasarnya, tak ada satu pun negara yang sanggup memenuhi semua kebutuhan penduduknya sendiri. Hal ini lah yang memicu suatu negara untuk melakukan kerja sama perdagangan dengan negara lain atau yang biasa disebut perdagangan internasional.

Beberapa tahun belakangan perdagangan internasional berkembang pesat. Berbagai Faktor mempengaruhi perkembangannya yakni teknologi, pasar bebas dan kerja sama antar negara.

Fariz Hutama Putra Harjanto, Pengajar Faculty of International Business Management i3l School of Business (iSB) manyatakan bahwa perdagangan internasional ditandai dengan adanya liberalisasi perdagangan dan investasi, kemajuan yang sangat pesat di bidang komunikasi, informasi dan transportasi. 

"Ketergantungan antar satu negara dengan negara lain semakin meningkat. Maka hubungan ekonomi baik secara bilateral, regional, ataupun internasional menjadi sangat penting," kata Fariz dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Andamar Pradipta, Pengajar iSB menambahkan bahwa perdagangan internasional juga berperan penting sebagai alat mobilisasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), terutama dari negara maju ke negara berkembang. 

Menurutnya, perdagangan internasional memungkinkan suatu negara mengekspor barang yang berbasis kecanggihan teknologi seperti mesin dan alat-alat modern pada negara yang lebih membutuhkan. 

"Maka dengan demikian, akan semakin cepat mobilisasi teknologi pada negara pengimpor tersebut," kata Andamar.

Tujuan dari perdagangan internasional sendiri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya beberapa keterbatasan tertentu. Secara langsung, pengaruh perdagangan internasional bisa dirasakan dengan alokasi sumber daya dan efisiensi.

Berikut adalah manfaat perdagangan Internasional, Yuk kita simak!

1. Memperluas Pasar dan Meningkatkan Pendapatan

Dapat memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan merupakan manfaat perdagangan internasional selanjutnya yang bisa dirasakan oleh dua negara yang saling bekerjasama. Hal ini dilakukan dengan memproduksi secara optimal, tanpa takut kelebihan produksi dan harga jual yang turun.

Dengan adanya perdangan internasional pengusaha bisa menjalankan mesin-mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri. Dengan begitu, tingginya produktivitas akan meningkatkan pendapatan.

2. Peluang Kerja yang Terbuka Luas

Manfaat perdagangan internasional berikutnya yang bisa kamu dapatkan adalah terbukanya peluang kerja yang sangat luas. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

Tentunya hal ini akan membantu negara-negara untuk menurunkan tingkat pengangguran. Dengan begitu, buat seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Meningkatkan Kemakmuran Suatu Negara

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya yakni dapat meningkatkan kemakmuran suatu negara. Perdagangan internasional memiliki peranan untuk menaikkan pendapatan dari masing-masing negara yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan negara yang kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan.

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan membuat kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan menjadi meningkat. Sehingga dengan adanya peningkatan pendapatan negara akan meningkatkan kemakmuran suatu negara yang bersangkutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…