Diserbu Produk Impor, Nafas Produk TPT Tanah Air Kian Kembang Kempis, Apa Solusinya?

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 April 2021 - 12:48 WIB

Industri Pakaian Jadi
Industri Pakaian Jadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelaku Industri Pakaian Jadi dari Pekalongan, Jawa Tengah, Andrew Muljono buka suara atas tantangan menghadapi gempuran impor yang datang dari China hingga Thailand. 

Menurutnya belakangan ini konsumsi pada TPT memang sudah mulai mengalami peningkatan dibanding 2020. Akan tetapi, peningkatan konsumsi produk TPT justru paling banyak dinikmati oleh produk TPT impor.

"Konsumsi benar naik, tidak salah, tapi yang nikmati bukan kami IKM, yang menikmati itu sebagian besar impor," kata Andrew dalam Diskusi Online Indef yang laksanakan secara virtual, Kamis (22/4/2021).

Andrew menyebut bahwa para unit usahanya merasa pengamanan di sisi hilir masih kurang bahkan tak terasa, inilah yang membuat barang impor kian bebas melenggang masuk ke pasar Indonesia.

"Safeguard di hulu itu sih udah, tapi di hilir di garmennya itu belum, dan saya sepakat dengan Indef ini terbalik, harusnya di garmennya diberikan perlindungan garmen, diberikan safeguard," ujar Andrew.

Menurut Andrew, jika dibiarkan TPT impor lancar masuk pasar Indonesia, maka nantinya akan banyak IKM yang terancam gulung tikar.

"Saat ini banyak IKM garmen, produk pakaian jadi, ini yang sudah kembang kempis, yang mungkin untuk bertahan sampai tahun depan saja itu sulit, padahal harusnya konsumsi ke depan itu membaik, harusnya IKM mendapat keuntungan," katanya.

Andrew menolak anggapan yang menyebut kualitas produk IKM kalah dengan impor. Justru, sejak ramainya orang beralih ke e-commerce para IKM sudah mulai berbenah diri.

"Online itu sensitif dengan kualitas, jadi sebenarnya dengan maraknya online, IKM kami ini dipaksa berbenah di semua hal, dari kualitas, harga dan semuanya, tapi serbuan impor ini yang masuk bukan cuma pakaian baru tapi marak juga pakaian bekas, itu cukup banyak," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:20 WIB

Prajurit Brigif 2 Marinir Sidoarjo Laksanakan Pembinaan Fisik

Menjelang seleksi Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan program pembinaan dan meningkatkan kemampuan fisik dengan latihan fisik di Kesatrian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 05:00 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Tinjau Isolasi Terpusat OTG dan Kelurahan Rorotan Cilincing

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., meninjau isolasi terpusat…

Prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir

Rabu, 23 Juni 2021 - 04:30 WIB

Jaga Fisik Tetap Prima, Prajurit Yonif 5 Marinir Surabaya Laksanakan Lari Siang

Dalam rangka membina fisik agar tetap prima, prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan lari siang di Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Selasa (22/06/2021).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Rabu, 23 Juni 2021 - 04:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hasdi Tinjau Posko PPKM Mikro di Cilodong Depok

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meninjau pelaksanaan…

Hengky Kurniawan selaku Plt Bupati Bandung Barat

Selasa, 22 Juni 2021 - 22:29 WIB

Covid Menggila, Le Minerale Ajak Masyarakat Bandung Barat Patuhi Protokol Kesehatan

Kabupaten Bandung Barat kembali merayakan HUT Bandung Barat Berkah (HUT KBB) Ke-14 yang digelar secara virtual pada tahun ini. Pada perayaan HUT KBB Ke-14 yang terselenggara di 19 Juni 2021,…