Ketum Kadin Rosan Blak-blakan Sebut China Untungkan Indonesia, Ada Apa?

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 April 2021 - 10:30 WIB

Ketum KADIN Rosan P Roeslani
Ketum KADIN Rosan P Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani, mengatakan Indonesia diuntungkan dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative/BRI) yang digagas China karena dapat menghubungkan satu negara ke negara lain di sepanjang jalur BRI.

"Terlepas dari kesulitan dan tantangan yang dihadapi ekonomi global saat ini, China sedang menjalankan Inisiatif Sabuk dan Jalan untuk lebih membuka ekonominya ke seluruh dunia. Indonesia diuntungkan dari inisiatif itu," ujar Rosan P. Roeslani dalam webinar "Peluang Investasi di China Pakistan Economic Corridor (CPEC)" di Jakarta (23/4/2021).

Dijelaskan Rosan, selama empat tahun terakhir, Kadin telah menyaksikan rencana ini bergerak cepat dari konsepsi ke operasi dengan menghubungkan Sabuk Ekonomi Jalur Sutra bersama dengan Jalur Sutra Maritim melalui jaringan logistik dan transportasi yang luas yang menghubungkan satu negara ke negara lain di sepanjang jalur Sabuk dan Jalan.

Kemajuan nyata lainnya, lanjut Rosan, adalah platform pembiayaan multilateral dengan pendirian Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), Bank Pembangunan Baru dan Dana Jalan Sutra, untuk mendukung usaha dan proyek geo-ekonomi.

"Perlu dicatat, bahwa China bersedia menghubungkan BRI dengan strategi pembangunan Indonesia," terangnya.

"Kami berpandangan bahwa Indonesia dan China memiliki kepentingan yang sama, khususnya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, yang juga menjadi kepentingan banyak negara lain di kawasan, termasuk Pakistan," tambah Rosan.

Manfaat BRI pada akhirnya, ujar Rosan, akan memanfaatkan peluang untuk kerja sama, akses ke sumber daya baru, pasar, konsumen dan layanan dan bertindak sebagai katalisator untuk peluang komersial.

"Secara paralel, kami juga senang melihat bahwa di bawah kerangka BRI, China dan Pakistan juga mengembangkan CPEC sebagai kumpulan proyek pembangunan infrastruktur bernilai miliaran dolar, yang sedang dibangun di seluruh Pakistan sejak 2013, dimaksudkan untuk menghubungkan Asia dengan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika," tutup Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produk Daypack Leuser (Dok: Leuser Adventure Shop)

Jumat, 25 Juni 2021 - 10:15 WIB

Berburu Perlengkapan Outdoor di Leuser Adventure Shop, Ada Diskon Menarik, Lho!

Pemerintah Indonesia telah memberikan pelonggaran terhadap wisatwan untuk berwisata ke berbagai daerah Indonesia sebagai upaya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Akan tetapi,…

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…