Jalan Tol Japek II Elevated, Mulai Senin Esok Ganti Nama Jadi Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed

Oleh : Candra Mata | Minggu, 11 April 2021 - 14:30 WIB

Tol Japek II ganti Nama Jadi Tol Sheik Mohammed Bin Zayed (foto Kolase)
Tol Japek II ganti Nama Jadi Tol Sheik Mohammed Bin Zayed (foto Kolase)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Elevated akan berubah nama menjadi Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Penamaan baru Jalan Tol tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin pagi (12/4/2021). 

Dalam peresmian ini, rencananya Presiden Jokowi akan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Japek II Elevated yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019 silam, serta merujuk pada  Surat Izin Menteri PUPR No. BM.07.02-Mn/635, tanggal 8 April 2021, maka akan dilakukan Penutupan Sementara Sebagian Ruas Tol Japek Layang pada on ramp dari arah Jakarta menuju Cikampek KM 10A Junction Cikunir pada hari Senin, 12 April 2021 mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB,” tulis keterangan resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dikutip Minggu (11/2).

Menurut keterangan, selama waktu penutupan tersebut, pengguna jalan tetap dapat melalui Tol Japek Elevated dari arah JORR (Rorotan - Bintara) atau dengan menggunakan jaringan jalan tol lama (bagian bawah).

Sementara arus lalu lintas Japek II Elevated dari arah Timur (Karawang - Km 47 B) menuju ke Jakarta tidak mengalami penutupan atau pengalihan lalu lintas. Artinya ruas tol Japek II Elevated ke arah Jakarta tetap dioperasikan normal seperti biasa.

Untuk diketahui, Tol Japek II Elevated merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia.

Tak hanya itu, dibangun diatas jalan tol Jakarta-Cikampek, Japek II menjadi jalan tol layang bertingkat pertama di Indonesia.

Pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerjasama Operasi).

Tol ini dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) lewat anak usahanya melalui PT Jasamarga Jalan Cikampek (JJC). Adapun total investasi proyek Japek II mencapai Rp16,2 Triliun.

Sementara itu, terkait nama baru tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed sendiri merupakan nama dari seorang Putra Mahkota Abu Dhabi yang juga Presiden pertama UEA Sheikh Zayed Bin Sultan.

Shiekh Mohammed Bin Zayed juga merupakan seorang pengusaha ternama yang sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:30 WIB

Prajurit Menbanpur 1 Mar Berbuka 650 Takjil Sebagai Berkah Ramadhan

Dalam rangka berbagi kebaikan dalam Bulan Ramadhan ini, Prajurit Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) membagikan takjil dan hidangan nasi kotak untuk berbuka puasa kepada Yayasan…

Nicholas Youwe

Minggu, 09 Mei 2021 - 05:00 WIB

Nicholas Youwe: Veronica Koman Anda Tidak Punya Hak Bicara Masalah Papu

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi…

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.