Jalan Tol Japek II Elevated, Mulai Senin Esok Ganti Nama Jadi Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed

Oleh : Candra Mata | Minggu, 11 April 2021 - 14:30 WIB

Tol Japek II ganti Nama Jadi Tol Sheik Mohammed Bin Zayed (foto Kolase)
Tol Japek II ganti Nama Jadi Tol Sheik Mohammed Bin Zayed (foto Kolase)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Elevated akan berubah nama menjadi Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Penamaan baru Jalan Tol tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin pagi (12/4/2021). 

Dalam peresmian ini, rencananya Presiden Jokowi akan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Japek II Elevated yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019 silam, serta merujuk pada  Surat Izin Menteri PUPR No. BM.07.02-Mn/635, tanggal 8 April 2021, maka akan dilakukan Penutupan Sementara Sebagian Ruas Tol Japek Layang pada on ramp dari arah Jakarta menuju Cikampek KM 10A Junction Cikunir pada hari Senin, 12 April 2021 mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB,” tulis keterangan resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dikutip Minggu (11/2).

Menurut keterangan, selama waktu penutupan tersebut, pengguna jalan tetap dapat melalui Tol Japek Elevated dari arah JORR (Rorotan - Bintara) atau dengan menggunakan jaringan jalan tol lama (bagian bawah).

Sementara arus lalu lintas Japek II Elevated dari arah Timur (Karawang - Km 47 B) menuju ke Jakarta tidak mengalami penutupan atau pengalihan lalu lintas. Artinya ruas tol Japek II Elevated ke arah Jakarta tetap dioperasikan normal seperti biasa.

Untuk diketahui, Tol Japek II Elevated merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia.

Tak hanya itu, dibangun diatas jalan tol Jakarta-Cikampek, Japek II menjadi jalan tol layang bertingkat pertama di Indonesia.

Pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerjasama Operasi).

Tol ini dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) lewat anak usahanya melalui PT Jasamarga Jalan Cikampek (JJC). Adapun total investasi proyek Japek II mencapai Rp16,2 Triliun.

Sementara itu, terkait nama baru tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed sendiri merupakan nama dari seorang Putra Mahkota Abu Dhabi yang juga Presiden pertama UEA Sheikh Zayed Bin Sultan.

Shiekh Mohammed Bin Zayed juga merupakan seorang pengusaha ternama yang sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…