Transfer Dana Rp3,28 Triliun, Menkeu Minta Masyarakat Bali Jangan Menyerah: Semangat Terus, Bali Akan Kembali Bangkit

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 10 April 2021 - 13:05 WIB

Ilustrasi Bali
Ilustrasi Bali

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan bahwa pihaknya bersama Bank Indonesia dan OJK, serta dukungan dan pengawasan DPR RI  terus berkolaborasi menyusun berbagai bauran kebijakan agar dunia usaha khsuusnya di Bali dapat terakselerasi proses pemulihannya secara maksimal. 

"Dihadapan para pengusaha di Bali dan wakil asosiasi kami sampaikan bahwa Indonesia pada Kuartal I 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik," ucap Sri Mulyani, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di instagram @smindrawati pada Sabtu (10/4/2021).

Perlu diketahui, Bali merupakan salah satu daerah yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19, dimana sektor pariwisata mengalami penurunan penerimaan yang drastis.

Pasalnya, pembatasan mobilitas dan kegiatan mengakibatkan okupansi hotel di Bali mengalami lonjakan penurunan. 

“Kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang sangat tajam terutama dari wisatawan mancanegara. Wisatawan domestik belum mengkompensasi karena di Indonesia sendiri juga harus dilakukan langkah disiplin protokol kesehatan. Pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan penghasilan dari masyarakat Bali,” imbuh Sri Mulyani.

Untuk itu, Pemerintah bertekad mendukung penuh kebangkitan pariwisata di Bali, salah satunya transfer ke daerah Dana melalui Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan DAK Non Fisik. 

Dimana, Provinsi Bali sendiri memperoleh dana DAK Fisik dan Non Fisik sebesar Rp3,28 triliun.

Di samping itu, Pemerintah pun makin memperluas jangkauan pelaku usaha yang dapat menikmati fasilitas penjaminan investasi melalui pemberlakuan PMK Nomor 32/PMK.08/2021. 

"Dengan ditetapkannya peraturan ini, saya berharap makin banyak pelaku usaha yang dapat memanfaatkan fasilitas ini dan usahanya pun dapat memiliki daya tahan untuk bersama-sama pulih seiring pulihnya ekonomi nasional," papar Sri Mulyani.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berusaha meminimalkan dampak negatif dari Covid-19 dan memaksimalkan kesempatan Indonesia untuk memulihkan ekonominya. 

Menurutnya, pemerintah juga akan bergerak cepat untuk mengkalibrasi kebijakan supaya momentum pemulihan dapat terus terakselerasi. 

"Kepada seluruh masyarakat Bali, semangat terus dan jangan menyerah," tandas Sri Mulyani.

"Saya yakin ketika kondisi sudah benar-benar pulih, Bali akan kembali bangkit dengan lebih kuat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…