Transfer Dana Rp3,28 Triliun, Menkeu Minta Masyarakat Bali Jangan Menyerah: Semangat Terus, Bali Akan Kembali Bangkit

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 10 April 2021 - 13:05 WIB

Ilustrasi Bali
Ilustrasi Bali

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan bahwa pihaknya bersama Bank Indonesia dan OJK, serta dukungan dan pengawasan DPR RI  terus berkolaborasi menyusun berbagai bauran kebijakan agar dunia usaha khsuusnya di Bali dapat terakselerasi proses pemulihannya secara maksimal. 

"Dihadapan para pengusaha di Bali dan wakil asosiasi kami sampaikan bahwa Indonesia pada Kuartal I 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik," ucap Sri Mulyani, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di instagram @smindrawati pada Sabtu (10/4/2021).

Perlu diketahui, Bali merupakan salah satu daerah yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19, dimana sektor pariwisata mengalami penurunan penerimaan yang drastis.

Pasalnya, pembatasan mobilitas dan kegiatan mengakibatkan okupansi hotel di Bali mengalami lonjakan penurunan. 

“Kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang sangat tajam terutama dari wisatawan mancanegara. Wisatawan domestik belum mengkompensasi karena di Indonesia sendiri juga harus dilakukan langkah disiplin protokol kesehatan. Pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan penghasilan dari masyarakat Bali,” imbuh Sri Mulyani.

Untuk itu, Pemerintah bertekad mendukung penuh kebangkitan pariwisata di Bali, salah satunya transfer ke daerah Dana melalui Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan DAK Non Fisik. 

Dimana, Provinsi Bali sendiri memperoleh dana DAK Fisik dan Non Fisik sebesar Rp3,28 triliun.

Di samping itu, Pemerintah pun makin memperluas jangkauan pelaku usaha yang dapat menikmati fasilitas penjaminan investasi melalui pemberlakuan PMK Nomor 32/PMK.08/2021. 

"Dengan ditetapkannya peraturan ini, saya berharap makin banyak pelaku usaha yang dapat memanfaatkan fasilitas ini dan usahanya pun dapat memiliki daya tahan untuk bersama-sama pulih seiring pulihnya ekonomi nasional," papar Sri Mulyani.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berusaha meminimalkan dampak negatif dari Covid-19 dan memaksimalkan kesempatan Indonesia untuk memulihkan ekonominya. 

Menurutnya, pemerintah juga akan bergerak cepat untuk mengkalibrasi kebijakan supaya momentum pemulihan dapat terus terakselerasi. 

"Kepada seluruh masyarakat Bali, semangat terus dan jangan menyerah," tandas Sri Mulyani.

"Saya yakin ketika kondisi sudah benar-benar pulih, Bali akan kembali bangkit dengan lebih kuat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:00 WIB

GIA Group Layani Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin yang Telah Mendapat Vaksinasi

Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang melayani penerbangan dengan pilot dan awak…

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:39 WIB

Triwulan I-2021, Pendapatan Jababeka Melesat 35% Jadi Rp640,60 Miliar

Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA) membukukan total pendapatan Rp 640,60 miliar pada triwulan pertama 2021. Itu artinya, pendapatan perusahaan properti tersebut tumbuh 35% jika dibandingkan di…

Chairman INEOS Sir Jim Ratcliffe

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:00 WIB

INEOS Grenadier Teruji Tangguh di Medan Pegunungan

Prototipe Grenadier generasi terbaru ini telah disetujui oleh Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe, setelah menaklukkan jalur menantang di gunung Schöckl, di dekat kantor pusat Magna Steyr di…

Summarecon Mall Kelapa Gading

Selasa, 18 Mei 2021 - 14:24 WIB

Wow, Serunya Mubarak Celebration di Summarecon Mall Kelapa Gading, Ayo Catat Tanggalnya

Jakarta-Menyambut bulan suci Ramadhan dan menuju hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Summarecon Mall Kelapa Gading menghadirkan program belanja “Mubarak Celebration”, berlangsung…