Selamat! Kompol Vivick Tjangkung Raih Gelar Doktor

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 08 April 2021 - 00:09 WIB

Kompol Vivick Tjangkung (kanan) Raih Gelar Doktor
Kompol Vivick Tjangkung (kanan) Raih Gelar Doktor

INDUSTRY.co.id, Jakarta–Kompol Vivick Tjangkung tengah berbahagia. Polwan cantik itu baru saja resmi menyandang gelar doktor dan lulus pendidikan pascasarjana dari Universitas Sahid Jakarta, setelah mempertahankan disertasi berjudul "Perubahan Pola Komunikasi Organisasi Polri dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Sadar Narkoba Melalui Sistem Pelaporan Qlue (Studi Fenomenologi pada Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan)".

"Puji Tuhan perasaannya bahagia. Sekarang telah selesai melewati rangkaian ujian demi ujian. Di tengah banyak tugas, saya bisa menyelesaikan ini. Semua ini tidak bisa tercapai tanpa dukungan orang sekitar, Prof pembimbing, teman teman yang selalu menyemangati untuk menyelesaikan desertasi," kata Vivick usai menjalani Sidang terbuka di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Dihadapan para penguji disertasinya,  Vivick, memaparkan, Kejahatan NARKOBA merupakan kejahatan serius yang bersifat lintas negara (transnational crime), kejahatan terorganisir (organized crime), yang dapat menimpa dan mengancam setiap negara dan bangsa serta dapat mengakibatkan dampak buruk yang sangat massif.

Vivick yang bernama lengkap Josephien Vivick Tjangkung ini, sejak beberapa tahun lalu, bergabung dengan program doktoral (S3) Ilmu Komunikasi Universitas Sahid. Vivick menulis disertasi di bawah bimbingan promotor Prof Dr Alo Liliweri, MS dan co-promotor Dr Andi Mirza Rondak, M.Si.

Menurut Vivick, aplikasi Qlue merupakan salah satu contoh media yang digunakan oleh Sat RESNARKOBA POLRES Metro Jakarta Selatan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sadar narkoba. Di era 4.0, perubahan proses penyebaran informasi (diseminasi) terjadi secara nyata di segala bidang kehidupan, tak terkecuali di bidang penyuluhan atau sosialisasi.

Sosialisasi yang biasanya dilakukan adalah penyuluh narkoba adalah menggunakan metode tatap muka secara langsung dengan menghadirkan atau mendatangani sejumlah khalayak di suatu tempat, kini berubah menjadi pemanfaatan menjadi pemanfaatan fasilitas jaringan kerja (network) dan dunia maya (cyber area) internet.

Vivick mengatakan, Polri tengah berubah dalam pola persuasi kepada masyarakat, memanfaatkan media baru yang lebih humanis dan murah tetapi menghasilkan impact yang besar. POLRI diharapkan tetap mengembangkan inovasi baru dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam membentuk perilaku antinarkoba.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi angka pengangguran

Kamis, 22 April 2021 - 21:10 WIB

Alamak! Daya Beli Anjlok Faktor Pengangguran Melonjak

Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF) memaparkan pandemi COVID-19 berimplikasi terhadap meningkatnya pengangguaran di Indonesia.

PLTS

Kamis, 22 April 2021 - 20:25 WIB

Bukti Komitmen PLN Genjot Energi Bersih, Sebanyak 13 Kampung di Raja Ampat Kini Nikmati Listrik EBT

Sebelumnya, pada tahun 2020 PLN telah melistriki beberapa kampung lainnya di Kabupaten Raja Ampat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Total keseluruhan kampung berlistrik di…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat menandatangani MoU akselerasi industri 4.0 di BUMN

Kamis, 22 April 2021 - 20:10 WIB

Menperin Agus Gandeng Erick Thohir Akselerasi Transformasi Industri 4.0 di BUMN

Memorandum of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Kementerian Perindustrian dan Kementerian…

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kamis, 22 April 2021 - 20:07 WIB

Kenertec Siap Bangun Menara Kincir Angin Lokal Senilai Rp500 Miliar untuk PLTB Sukabumi

Kenertec dan UPC Renewables menyatakan kesiapan untuk membangun puluhan menara kincir angin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk mendukung kebijakan…

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Mustika Ratu dan YPI kirim Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2021

Jakarta-Ajang kecantikan internasional paling bergengsi, Miss Universe 2020 akhirnya di gelar pada bulan Mei 2021 di Florida, Amerika Serikat.