Gandeng FMIPA Unpad, PT Trinitan Metals & Minerals Tbk Terus Wujudkan Tata Kelola Nikel yang Transparan

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 23 Maret 2021 - 10:58 WIB

 Ilustrasi kegiatan pengolahan dan pemurnian yang dilakukan PT Trinitan Metals & Minerals Tbk
Ilustrasi kegiatan pengolahan dan pemurnian yang dilakukan PT Trinitan Metals & Minerals Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Direktur Utama PT Trinitan Metals & Minerals Tbk (TMM), Petrus Tjandra mengatakan bahwa transparansi merupakan kunci utama yang harus dimiliki oleh para pelaku industri hilirisasi, untuk mewujudkan tata kelola nikel nasional yang ramah lingkungan.

Menurut Petrus, komitmen untuk memprioritaskan aspek lingkungan hidup hanya akan menjadi sekedar wacana saja, bila tidak dibarengi dengan bukti transparan yang dapat dijadikan tolak ukur.

Adapun, TMM melalui PT Hydrotech Metal Indonesia (HMI) selaku entitas anak perusahaannya saat ini tengah menginisiasi Green Plus Program (Green+), yang berfokus kepada aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (LST).

Green+ akan memastikan bahwa teknologi hidrometalurgi STAL (Step Temperature Acid Leach) telah dilengkapi oleh kontrol digital yang mampu mengeluarkan data gas buang, maupun limbah olahan secara real time dan dapat terhubung dengan pihak berwajib, agar potensi pencemaran lingkungan dapat terdeteksi secara transparan dan lebih dini.

“Kami mencoba mencari solusi agar dapat tercipta transparansi dalam hilirisasi nikel nasional, salah satunya adalah dengan melakukan pengembangan digitalisasi sistem dalam pengoperasian teknologi STAL. Dalam mengembangkan sistem digital tersebut, kami akan bekerja sama dengan FMIPA Universitas Padjadjaran,” ungkap Petrus melalui keterangan yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (23/3/2021).

Untuk diketahui, PT Trinitan Metals & Minerals Tbk (TMM) telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) “Penyelenggaraan Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat” dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran (Unpad), pada Jumat (19/03) secara virtual.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama TMM, Petrus Tjandra dan Dekan FMIPA Unpad, Prof. Dr. Iman Rahayu, S.Si., M.Si.

Menurut Petrus Tjandra, kerja sama dengan FMIPA tersebut rencananya akan meliputi pengembangan proses ekstraksi nikel dan kobalt yang memenuhi kriteria lingkungan hidup, pengembangan autonomous process operation berbasis model, pengembangan proses produksi NCM Precursor yang ramah lingkungan, pengembangan sistem manajemen limbah, serta pengembangan baterai untuk e-Bike.

Petrus berharap agar nantinya kerja sama ini akan dapat melahirkan sebuah protipe fasilitas pengolahan yang sangat memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (LST), sebagai bagian dari upaya TMM dalam mewujudkan tata kelola nikel nasional yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Dekan FMIPA Unpad, Prof. Dr. Iman Rahayu mengatakan bahwa Fakultas MIPA Unpad merupakan lembaga pendidikan yang harus melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Di era sekarang ini, lanjutnya, Universitas dalam melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi harus bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya adalah pihak industri yang nanti akan menghilirkan produk-produk penelitian yang ada di Fakultas MIPA.

“Di bagian pendidikan, kami akan melakukan team teaching yang melibatkan dosen FMIPA dan praktisi dari TMM, serta akan melakukan workshop bersama-sama. Selain itu, kami juga akan menyediakan kerja sama penelitian, dengan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan industri. Terkait dengan pengabdian masyarakat, bersama kami akan mengusung bagaimana industri kita bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.” pungkas Prof. Dr. Iman Rahayu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…