Berkah Relaksasi PPnBM, Industri Baja Nasional 'Cuan' Berkali-kali Lipat

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Maret 2021 - 10:05 WIB

Industri Besi dan Baja (Ist)
Industri Besi dan Baja (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Indonesia Iron and Steel Industry Association (IISA) Silmy Karim, menyambut baik dengan adanya relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk sektor otomotif. Imbasnya bagi industri baja yang mulai merasakan peningkatan permintaan baja otomotif.

Saat ini, lanjut Silmy, industri baja sudah ambil ancang-ancang untuk meningkatkan produksinya pada tahun ini. Khususnya dari naiknya permintaan dari sektor otomotif.

"Kita melihatnya dari proyeksi otomotif tahun ini akan produksi 1 juta unit. Kita menyambut positif adanya perbaikan demand di tahun 2021," jelasnya di Jakarta, kemarin.

Silmy yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel Indonesia Tbk, mengakui bahwa perusahaan memang sedang kebanjiran order.

Tercatat, pada Januari - Februari, Krakatau Steel mengalami peningkatan penjualan menjadi 311.758 ton dibandingkan periode sama di 2020 sebanyak 290.645 ton.

Total volume penjualan baja Hot Rolled Coil (HRC) dan Cold Rolled Coil (CRC) sebesar 1,6 juta ton di 2020, porsi ekspor 12% atau 128 ribu ton.

Tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan volume penjualan HRC dan CRC hingga 2.040.000 ton dengan target ekspor sebesar 155.000 ton, meningkat 17,20% dibandingkan tahun lalu.

Lebih lanjut, ia megatakan, perusahaan sudah menyiapkan produksi 200 ribu ton untuk produksi baja ke pasar pabrikan mobil.

"Di akhir kuartal III tahun ini, utilisasi pabrikan baja sudah normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan lebih tinggi 10% dari level sebelum pandemi," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dialog Nasional bertema Kiprah 17 Tahun Obat Modern Asli Indonesia Fitofarmaka, yang digelar Tempo Media Group, Kamis (24/6/2021) secara daring (Dok: Industry.co.id)

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:45 WIB

Kemenkes Ajak Masyarakat Konsumsi Obat Herbal Indonesia Tuk Tingkatkan Imun Tubuh

Beberapa pekan terakhir ini Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19. Tidak heran jika pemerintah pun kini kembali mengambil kebijakan dengan memperketat aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan…

Anies Baswedan Apresiasi Kontribusi Bank DKI Untuk Bangkitnya Ekonomi DKI Jakarta

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:32 WIB

Bank DKI Punya Kontribusi Besar untuk Bangkitnya Ekonomi DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan: Saya Sampaikan Apresiasi dan Bangga

Jakarta-Ditengah kondisi pandemi Covid yang masih menyelimuti DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memberikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang mengikuti dan mendukung…

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:30 WIB

Investasi Teknologi Digital Tumbuh 17,1 Persen, UKM di Asia Tenggara Bisa Capai Keunggulan Kompetitif

Lanskap bisnis digital yang berkembang di kawasan Asia Pasifik melihat tren operasi bergerak ke teknologi komputasi awan (cloud). Perusahaan mengumpulkan sejumlah besar data yang memerlukan…

PT Erajaya Swasembada, Tbk

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:25 WIB

Meski Masih Pandemi, Erajaya Group Justru Tambah Sebanyak 14 Outlet Ritel di 13 Kota

Erajaya Group secara serentak membuka dan meresmikan 14 outlet ritel, yaitu: 3 outlet Erafone Megastore, 6 outlet Erafone Store, 2 outlet Erafone Cloud Retail Partner, 1 outlet iBox Store, dan…

Pengguna Sepeda

Jumat, 25 Juni 2021 - 11:11 WIB

Allianz Berikan Perlindungan Bagi Pengguna Sepeda dan Motor

Aktivitas olahraga outdoor menjadi pilihan yang makin digemari berbagai kalangan, khususnya didorong oleh situasi pandemi yang membuat masyarakat harus menjaga kebugaran tubuh sembari selalu…