ESSA Incar Peran Utama untuk Indonesia Dalam Masa Depan Energi Rendah-Karbon Melalui Komitmen Amonia Biru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Maret 2021 - 17:02 WIB

PT Surya Esa Perkasa Tbk
PT Surya Esa Perkasa Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Surya Esa Perkasa Tbk. (Kode Bursa: ESSA) (“ESSA”) mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengumpulan, Pemanfaatan dan Penyimpanan Karbon (Carbon Capture, Utilization & Storage /CCUS) untuk produksi Amonia Biru di Indonesia.

MoU tersebut ditandatangani pada tanggal 18 Maret 2021, ESSA melalui anak usahanya PT Panca Amara Utama (“PAU”) akan bekerja mengembangkan produksi Amonia rendah karbon di Indonesia yang juga dikenal sebagai Amonia Biru bersama bersama dengan Japan Oil, Gas and Metals National Corporation ("JOGMEC"), Mitsubishi Corporation ("MC") dan Institut Teknologi Bandung ("ITB").

Amonia saat ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk, plastik, dan bahan kimia di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, peran Amonia sebagai bahan bakar masa depan telah berkembang pesat karena kandungan hidrogennya yang tinggi, nol emisi CO2 pada saat pembakaran, serta pengiriman logistik yang aman. ESSA berencana menggunakan teknologi CCUS guna mewujudkan produksi Amonia Biru di Pabrik Amonia di Banggai, Sulawesi Tengah.

Presiden Direktur & Chief Executive Officer ESSA, Vinod Laroya mengungkapkan:

“Kami terus berkomitmen berinvestasi dalam pengembangan energi untuk masa depan yang berkelanjutan. Kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan para mitra yang mempunyai rekam jejak yang kuat serta komitmen yang sama terhadap kelestarian lingkungan. Pabrik Amonia Banggai kami adalah pabrik pertama di Dunia yang menggunakan teknologi Amonia terbaru dan menjadikan Indonesia terdepan dalam produksi Amonia. Melalui Amonia Biru, Perseroan berharap dapat membuka jalan bagi Indonesia menjadi yang terdepan dalam menyediakan bahan bakar masa depan.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samsung S21 Ultra 5G adalah smartphone terkini yang diciptakan dan dihadirkan oleh Samsung Electronics ketika umat manusia di seluruh dunia melalui waktu-waktu sulit dan kritis di masa pandemi Covid-19. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:49 WIB

Beberapa Pekan Mendatang, Samsung Electronics Bakal Hadirkan Smartphone Kejutan Baru

Jakarta - Ini sedikit cerita mengenai kemajuan ponsel cerdas (smarphone) di era pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun terakhir ini. Banyak produsen ponsel yang berlomba-loma…

Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Pemkab Tulungagung dan Kemenparekraf Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ilustrasi energi panas bumi (ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:41 WIB

Rampung Hanya Dalam 18 Bulan, PLTP Sorik Marapi Unit 2 Berkapasitas 45 MW Resmi Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Panas Bumi Sorik Marapi unit 2 berkapasitas 45 MW telah beroperasi komersil setelah menyelesaikan Unit Rated Capacity (URC) Test.

Badak circuit Tanjung Lesung

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:00 WIB

IMI Dukung Pembangunan Automotive Sport Tourism Tanjung Lesung

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo menandatangani…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino di TMR

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:45 WIB

Gubernur Anies Jenguk Dua Warga DKI (Harimau Sumatera) yang Terpapar Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk dua warganya yang bernama Hari dan Tino usai dinyatakan positif Covid-19. Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman…