Teka-teki Kepastian Tesla Terjawab! Menko Luhut: Kita Bukan Negara Jelek, Mereka Masih Ngejar Kita

Oleh : Ridwan | Rabu, 10 Maret 2021 - 06:15 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)
Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tesla dinilai masih tertarik berinvestasi di Indonesia, meski hingga kini keputusan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) tersebut masih menjadi teka-teki besar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, proses komunikasi antara pemerintah Indonesia dan Tesla masih terus berlanjut. Apalagi, Indonesia masih memiliki non-disclosure agreement (NDA) dengan Tesla.

"Jadi kita bukan negara jelek. Tadi malam, kemarin, beberapa waktu lalu, Tesla ngejar kita, kita diskusi lah. Semua proses itu jalan, itu aja lah saya bilang. Karena kami sudah tanda tangan NDA soalnya," ujar Menko Luhut di Jakarta (9/3/2021).

Dijelaskan Luhut, pemerintah tidak akan meminta-minta investor mana pun berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, setiap keputusan investasi pemodal, didasarkan pada kerangka kerja sama yang saling membutuhkan serta menguntungkan.

"Mereka lihat kita itu pasang harga, saya nih jangan pikir begging-begging (memohon-mohon), 'hey you need us' (Hey, Anda butuh kami). Mereka juga butuh kita, kita butuh dia, maka semua harus berimbang, makanya kita jangan tempatkan posisi yang minta-minta," tegasnya.

Menko Luhut sebelumnya juga menegaskan, pemerintah tak pernah mengeluarkan sedikit pun pernyataan Tesla akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. 

Menurut Luhut, perusahaan yang dikomandoi Elon Musk itu ingin berbisnis di sektor lain.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Tesla dikabarkan tengah mendekati tahap akhir untuk mencapai kesepakatan memproduksi mobil listrik di India. Jika kesepakatan ini selesai diteken, maka Tesla akan memiliki 3 basis produksi yakni di Amerika Serikat, China, dan India.

Produsen mobil listrik milik Elon Musk Tesla Inc. tampaknya semakin positif memilih India sebagai basis produksi keduanya di Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.

Rabu, 15 Mei 2024 - 00:31 WIB

Upaya Pemda Tingkatkan Perpustakaan Terakreditasi, Pengembangan Budaya Baca dan Naskah Nusantara

Dalam Rakornas bidang Perpustakaaan 2024, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 yang digelar Perpusnas.

Rabu, 15 Mei 2024 - 00:00 WIB

Perpusnas Kembali Ungkap Komitmen Mendukung Perwujudan Visi Indonesia Emas 2045

Literasi menjadi bagian penting masyarakat untuk merespons berbagai tantangan di masa depan dan peningkatan literasi menjadi kunci bagi pendidikan bermutu dan pendidikan yang berdaya saing.

RS Premier Bintaro dan Ikatan Motor Indonesia jalin kerjasama dalam memenuhi kebutuhan kesehatan atlet balap Indonesia.

Selasa, 14 Mei 2024 - 23:07 WIB

RS Premier Bintaro Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Dengan Ikatan Motor Indonesia

RS Premier Bintaro dan Ikatan Motor Indonesia jalin kerjasama dalam memenuhi kebutuhan kesehatan atlet balap Indonesia.

Penandatanganan kerjasama MNC Life dan Treasury dalam produk asuransi kecelakaan dan emas digital.

Selasa, 14 Mei 2024 - 22:46 WIB

Kolaborasi MNC Life dan Treasury Berikan Nilai Tambah Bagi Para Investor Emas Digital

MNC Life dan Treasury bekerjasama dalam menghadirkan sebuah produk asuransi kecelakaan diri yang bisa memberi nilai tambah bagi investor.

Celebrating Kartini Day Sehat Pangkal Bisa dari Prudential Indonesia.

Selasa, 14 Mei 2024 - 22:29 WIB

Komitmen Prudential Indonesia Dukung Kartini Cerdas Kelola Kesehatan dan Keuangan Keluarga

Prudential Indonesia menggelar kegiatan bagi para nasabah bertema Sehat Pangkal Bisa untuk mendorong rasa percaya diri dari para peserta perempuan sekaligus tingkatkan kesadaran deteksi dini…