Dahsyat! Pertamina Selamatkan Lebih dari 3000 UKM hingga Lampaui Target UKM Naik Kelas selama 2020

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 07 Maret 2021 - 08:58 WIB

Ilustrasi Pertamina (ist)
Ilustrasi Pertamina (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Komitmen PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan dalam membina usaha kecil di Indonesia agar naik kelas terus meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah UKM baru yang menjadi mitra binaan (MB) Pertamina.

Dibandingkan tahun sebelumnya, pada tahun 2020 terjadi peningkatan sebesar 48,6 persen atau lebih dari 1000 UKM yang bergabung menjadi mitra binaan Pertamina.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menjabarkan, pada tahun 2019 jumlah MB yang dibina Pertamina sebanyak 2.068 UKM.

Kemudian pada tahun 2020, jumlah UKM yang dibina bertambah menjadi 3.073 UKM.

“Ini membuat total UKM binaan Pertamina sejak tahun 1993 hingga sekarang berjumlah lebih dari 65 ribu UKM,” ujarnya.

Selama tahun 2020, banyak konsep pembinaan yang butuh penyesuaian. Terutama saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia.

“Metode pembinaan UKM akhirnya banyak dilakukan secara daring. Namun justru itu membawa dampak positif. Pembinaan lebih efektif dan merata, serta mitra binaan bisa melek digital,” ujarnya.

Pertamina mengemas bentuk pembinaan tersebut melalui beberapa macam program. Baik yang bersifat rutinitas seperti program Inkubasi bisnis yang digelar oleh Rumah BUMN, maupun program dengan cakupan lebih besar seperti Pertamina SMEXPO 2020, Pertamina UMKM Academy: Fast Track dan Pertamina Youthpreneur 2020. Seluruhnya digelar untuk menunjang UKM binaan dalam meningkatkan kompetensinya hingga bisa naik kelas. 

Terbukti, selama tahun 2020 terjadi peningkatan hingga lebih dari 300 persen dari target jumlah binaan yang naik kelas. Pertamina semula menargetkan terdapat 230 UKM naik kelas.

Namun setelah digelarnya program Pertamina UMKM Academy, terjadi peningkatan menjadi 795 MB naik kelas.

“Hal ini patut disyukuri karena pembinaan yang kita lakukan selama ini langsung berdampak nyata bagi mitra binaan,” imbuhnya.

Kerja keras Program Kemitraan Pertamina dalam mendukung kemandirian UKM di Indonesia mendapat apresiasi dari pihak luar.

Diantaranya Empowering SME and Optimizing Subsidy 10 Besar Millenial Innovation Summit Kementerian BUMN, Penghargaan oleh International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2020, Penghargaan Gatra Media Group “Inovasi dalam Membangkitkan UKM melalui Dukungan Berkelanjutan”, dan Penghargaan MURI sebagai Ekspo UKM secara Daring dengan Produk Terbanyak.

Seluruh capaian gemilang ini tidak terlepas dari segala bentuk kolaborasi dan sinergi yang dilakukan Pertamina dengan pihak-pihak yang berkompeten. Baik sinergi dengan BUMN lain maupun non BUMN.

Agus berharap sinergi ini masih dapat terus dilanjutkan ke depannya.

“Semoga sinergi ini terus membawa dampak positif utamanya untuk para UKM Indonesia dan orang-orang di sekitarnya,” tuturnya.

Jerih payah ini juga sebagai perwujudan dan implementasi dari ESG dibidang sosial serta SDGs tujuan ke-8. Yakni berusaha menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Semoga capaian-capaian ini dapat terus ditingkatkan untuk tahun-tahun berikutnya,” tutup Agus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB

Goks! Presiden Jokowi Sebut Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Segera Dibangun di KIT Batang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa sebanyak 450 dari 4.300 hektare lahan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, telah siap dipakai. Sehingga para investor dapat…

General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Eric Limansantoso saat menandatangani perjanjian kerja sama dengan CIMB Niaga

Rabu, 21 April 2021 - 16:15 WIB

Gandeng CIMB Niaga, Jababeka Residence Hadirkan Pembiayaan Bunga Rendah

Jababeka Residence bersama CIMB Niaga menyepakati kerja sama dalam pemasaran sejumlah properti di Kota Jababeka. Bentuk kerja sama ini diyakini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan, baik…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 21 April 2021 - 15:53 WIB

Genap 100 Tahun STTT Bandung Ciptakan SDM Handal, Menperin Agus Ajak Semua Pihak Bangkitkan Kejayaan Industri Tekstil Nasional

Perjalanan 100 tahun pendidikan tekstil di Indonesia telah mencetak ribuan tenaga ahli mumpuni di bidang tekstil, sehingga keberadaan institusi pendidikan dalam mencetak lulusan yang berdaya…