Akselerasi Transformasi Digital untuk Membantu Menciptakan Stabilitas

Oleh : Ravi Gopinath Chief Cloud Officer And Chief Product Officer, AVEVA | Jumat, 05 Maret 2021 - 21:06 WIB

Dr. Ravi Gopinath, Chief Cloud Officer and Chief Product Officer, AVEVA
Dr. Ravi Gopinath, Chief Cloud Officer and Chief Product Officer, AVEVA

INDUSTRY.co.id, Oleh: Ravi Gopinath, Chief Cloud Officer and Chief Product Officer, AVEVA - Menurut laporan World Economic Forum, transfomasi digital pada industri migas mampu menghasilkan sekitar US$1,6 triliun bagi industri, pelanggan dan masyarakat luas dan di saat yang sama menciptakan nilai sebesar US$1 triliun bagi perusahaan migas.

Dikarenakan gejolak dan ekspektasi yang meningkat akan harga minyak mentah yang lebih rendah, banyak perusahaan mempercepat inisiatif transformasi digital mereka sebagai cara untuk mengurangi biaya operasional dan mendapatkan keuntungan kompetitif ditengah-tengah kekacauan pasar. Dorongan menuju digitalisasi telah meraih momentum lebih jauh melalui adopsi Industrial Internet of Things (IIoT), yang menghadirkan mata rantai yang hilang yang menggerakkan industri hidrokarbon ke tingkat konektivitas baru.

Perjalanan dimulai dengan data

Semua industri sedang merangkul teknologi untuk membangun ulang tataran operasional dan mendapatkan manfaat dari produktvitas yang membaik, efisiensi yang lebih tinggi, dan penghematan biaya yang meningkat. Industri migas tidak asing terhadap manfaat-manfaat ini dan sedang melangkah maju menuju kematangan digital.

Data merupakan dasar dari setiap aplikasi Analytics and Machine Learning (Pembelajaran Analitika dan Mesin). Data adalah ‘material mentah’ yang masuk ke dalam analitika dan AI, dan pada akhirnya memungkinkan pemodelan data untuk mengoptimasikan proses, memprediksi kegagalan-kegagalan mesin sebelum terjadi, dan mendukung pengambilan keputusan. Memberi tanda kualitas rendah dan data rusak pada aset-aset operasi di awal proses memiliki potensi timbulnya hasil yang inferior atau tidak akurat di hilir proses, mengurangi nilai yang dapat diambil dari data. Oleh karenanya, memastikan insfrastruktur teknologi yang kuat untuk menyimpan, mengelola, dan memberikan informasi relevan pada data merupakan langkah pertama menuju eksekusi inisiatif Transformasi Digital.

Salah satu contoh bagus adalah ADNOC’s Panorama Digital Command Centre yang menawarkan visibilitas operasional di seluruh rantai nilai hidrokarbon – dari eksplorasi hingga distribusi produk, mengintegrasikan informasi, dan memberikan pemahaman operasional real-time berdasarkan satu pandangan yang terpercaya. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tapi juga membuka jalan baru untuk mengoptimalkan kinerja.

Mendapatkan desain yang ‘tepat pada saat pertama dilaksanakan’ adalah tidak realistis dan tak dapat tercapai pada sebagian besar kasus karena keyakinan yang demikian tidak memiliki fleksibilitas yang dibutuhkan untuk menghadapi pelanggan, hukum, kontraktor, dan perubahan lingkungan yag mempengaruhi lingkup perubahan sepanjang proyek. Desain yang berevolusi memerlukan proses desain agar dapat beradaptasi dengan perubahan, dan harus dapat bersiklus secepat mungkin melalui pilihan-pilihan hingga terwujud bentuk paling idealnya. Contohnya, sebuah perubahan pada nilai suhu dari sebuah desain akan menyebabkan perubahan menjadi syarat penting dari mulai proses engineering dan desain hingga pengadaan, dan konstruksi, yang seringkali membuat terjadi keterlambatan, pengerjaan kembali, dan meningkatnya biaya.

Peningkatan kinerja proyek terletak pada kemampuan untuk mengelola pendekatan desain secara efektif untuk mengurangi pengulangan dan memungkinkan komunikasi yang lebih baik antara desainer dan konstruktor. Hal ini memerlukan lingkungan digital yang kolaboratif yang memungkinkan semua bidang engineering dan desain untuk merespon perubahan-perubahan multi-bidang secara rapi dan teratur. Desain informasi yang tercipta harus dibagikan ke seluruh bidang desain lain dan seluruh batasan-batasan kontrak untuk memastikan proyek berjalan sesuai jadwalnya. Proses ini secara alami bukanlah urutan yang linier: informasi desain diberikan ke tim selanjutnya ketika sedang berkembang ke bentuk kontruksi akhirnya. pengulangan konstruksi sebagai akibat dari kualitas proses yang buruk dari fase engineering dan desain dapat menelan biaya besar dari modal proyek sehingga berdampak pada modal pokok.

Transformasi proses engineering dan desain

Jaringan produksi petrokimia terintegrasi sangatlah kompleks dan sulit dibayangkan untuk perencanaan dan operasional. Sementara pada saat yang sama, meningkatnya gejolak pasokan dan permintaan bahan mentah memungkinkan adanya kesempatan bagi kenaikan margin. Melalui transformasi digital, unit-unit usaha secara historis berjalan sendiri, kini dapat terhubung secara real time untuk menciptakan model rantai pasokan terpadu yang memaksimalkan kemampuan mengasilkan profit dengan menggunakan data antara sumber-sumber data real time ekonomi dan pasar serta data status kilang dan produksi saat ini.

Melalui transformasi digital, produsen migas dapat menjajaki kesempatan, mengurangi resiko operasional, dan mengurangi  kesenjangan antara rencana dan hasil. Aliran nilai produk dapat dimaksimalkan dalam rantai nilai petrokimia melalui model perencanaan yang luas. Stok bahan mentah yang optimal dapat dipilih berdasarkan data ekonomis real time untuk memaksimalkan margin. Dan biaya pemeliharaan dapat ditekan melalui persediaan barang cadangan yang optimal dan kombinasi fasilitas logistik ganda ke dalam satu penawaran harga. Transformasi digital juga menawarkan kesempatan untuk meningkatkan pelatihan tenaga kerja, produktivitas, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan.

Sama halnya, rekonsiliasi dan analisa membantu bisnis untuk memahami bagaimana dan mengapa terjadi penyimpangan dari rencana, memungkinkan efisiensi perencanaan meningkat dan di saat yang sama membuatnya lebih mudah untuk membuat jadwal yang layak dan ketat, yang memperkecil kesenjangan antara rencana operasi dan hasil. Jumlah dan ketepatan informasi produksi meningkat secara substansial, memperlengkapi pengguna dengan alat-alat dan wawasan agar bisa melampaui dari sekedar data dasar, OEE (Overall Equipment Effectiveness) dan prinsip manufaktur yang lunak untuk menemukan metrik yang sebenarnya yang mendorong kinerja, ketersediaan, dan kualitas di seluruh tingkat manajemen rantai pasok, perencanaan, dan operasional.

Kini, kemajuan teknologi – platform cloud, kekuatan analitika dan komputasi – merevolusi cara perusahaan mentransformasi proses engineering dan desain untuk memperbaiki pelaksanaan proyek. Karena pentingnyz manajemen perubahan untuk mengelola keseluruhan proses pendekatan desain, teknologi harus menyediakan tim multi-disiplin yang memiliki kemampuan mengendalikan dan mengkomunikasikan perubahaan di saat yang sama juga memungkinkan masing-masing disiplin untuk merespon terhadap perubahan secara urutan prioritas dan terkendali dengan baik.

Dengan meningkatnya kolaborasi dan manajemen perubahan yang efisien, perusahaan-perusahaan dapat secara efektif mengurangi jumlah langkah perulangan dalam ‘pendekatan desain’ dan menekan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan desain final dan optimal dalam sebuah proyek.

Menyingkap manfaat tersembunyi

Terdapat empat bidang utama di mana transformasi digital mampu menggerakkan operasi migas:

Melindungi tenaga kerja dan keberlangsungan operasi: Keselamatan selalu merupakan prioritas utama dalam kegiatan migas. Kini, ancaman terbesar bagi keamanan tenaga kerja dan keberlangsungan kegiatan merupakan kedekatan dengan teman kerja. Menghubungkan tenaga kerja yang handal bekerja jarak jauh untuk mengerjakan tugas-tugas yang digerakkan secara digital, seperti pemeliharaan, engineering, dan operasi jarak jauh, merupakan kunci untuk melindungi keselamatan tim dan mengurangi resiko terjadinya kekacauan. Ini adalah kunci bagi keberlangsungan bisnis di dunia saat ini. Mengurangi tim operasi pada situs sudah menjadi tujuan jangka panjang di industri ini.

Ketangkasan rantai pasokan: Peningkatan gejolak pada harga dan permintaan produk minyak serta minyak mentah belakangan ini membuat model perencanaan dan proses produksi yang saat ini jauh dari kondisi optimal. Selain itu, pembatasan proses sebagai akibat dari IMO 2020 juga menciptakan lebih banyak ketidakpastian dalam harga dan bahan baku. Membuat pilihan produksi untuk mengoptimalkan pabrik saat ini bisa menjadi tugas yang memiliki tantangan besar bagi sebagian besar orang karena dapat memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menyelesaikan proses perencanaan. Platform berbasis cloud untuk Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) yang dikombinasikan dengan perangkat manajemen minyak mentah secara real time memungkinkan pemodelan perencanaan produksi kilang secara cepat yang mengurangi risiko bisnis sekaligus meningkatkan kolaborasi antara tim yang tersebar secara global. teknologi rantai pasok memungkinkan perusahaan penyulingan minyak untuk mendapatkan bahan baku yang paling menguntungkan berdasarkan model pabrik dan ekonomi di pasar yang terus bergerak. Kini, keputusan yang sebelumnya memakan waktu dua hari kerja dapat diambil dalam dua jam.

Ketangkasan operasi: Kemampuan optimasi proses memungkinkan operasi untuk   merespon terhadap perubahan pada spesifikasi bahan mentah dan produk serta memproses kinerja dan kendala berdasarkan teknik-teknik simulasi untuk memaksimalkan profit. Ketangkasan operasi menggunakan data proses dan ekonomi real time untuk menentukan sistem kendali yang menjamin profit operasi yang maksimal. Menggabungkan sistem optimasi dan kontrol proses memastikan bahwa semua kendala dan syarat peraturan dipenuhi dengan biaya yang minimal.

Ketangkasan pemeliharaan: Perusahaan dapat membuat pekerjaan pemeliharaan berubah haluan, bergerak bersamaan dengan penurunan permintaan dikarenakan krisis. Menjaga aset penting tetap produktif menjadi lebih menantang karena perubahan pada jadwal dan penggunaan pemeliharaaan di masa yang semakin tak menentu saat ini. Predictictive Analytics memungkinkan produsen dan kilang hidrokarbon tidak hanya memonitor kesehatan asset dari jarak jauh tapi juga meningkatkan keandalan aset dengan menyediakan pemberitahuan peringatan dini dan diagnosa masalah pada peralatan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sebelun terjadi kerusakan. Hal ini membantu mengurangi masa henti kerja peralatan, meningkatkan ketersediaan, dan meningkatkan kinerja saat mengurangi pengeluaran operasi dan pemeliharaan.    

Hasil jangka panjang berkelanjutan

Platform transformasi digital sejati menyediakan kemampuan untuk memilih pilihan penyebaran aplikasi, termasuk peluncuran perdana lokasi, cloud atau hibrid. Ketangkasan dalam pilian pilihan pengadaan memberikan kesempatan pada perusahaan untuk mendapatkan alat yang dibutuhkan melalui beberapa pilihan, termasuk solusi layanan berdasarkan lisensi permanen atau langganan berkala untuk menerapkan teknologi sesuai kebutuhan, pendekatan bertahap membantu perusahaan menekan biaya awal dan mengurangi waktu untuk memberi nilai pada investasi teknologi di saat yang sama mempercepat jalan untuk meningkatkan profit.

Dengan naiknya permintaan global, harga yang sangat bergejolak, dan peraturan lingkungan hidup yang semakin ketat, industri migas terus menghadapi tantangan-tantangan utama: mengurangi biaya, mengoptimalkan kinerja dari aset dasar industrinya, dan memperbaiki jejak lingkungan hidupnya, mencari dan mempertahankan tenaga kerja yang mahir.

Di masa yang sangat tak menentu, transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk menyediakan kestabilan, menciptakan kemampuan baru, dan berinovasi lebih dulu dari persaingan mereka. digital transformasi merupakan perjalanan melalui penyebaran teknologi dan dorongan perubahan perilaku pada tenaga kerja – mengubah kapan, di mana, apa saja, dan bagaimana kerja dilakukan dan berevolusi. Membuat transisi ini berhasil dapat menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…