Wow, Sejarah Baru di RI! 2 Sekda di Papua Dilantik Bersamaan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Maret 2021 - 08:03 WIB

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda. Sementara, di Jayapura, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa di Gedung Negara, Jayapura Papua.Tak pelak, hal itu menjadi polemik dan menjadi perbincangan hangat. 

Ketua Pemuda Adat Papua, Jan Arebo melalui sambungan telepon kepada wartawan mengungkapkan, apa yang dilakukan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal tidak sesuai dengan konstitusi. 

"Saya melihat pelantikan yang dilakukan Mendagri Tito Karnavian terhadap Bapak Sekda Dance Flassy sudah sesuai dengan Keputusan Presiden dan beliau (Dance Flassy) sudah sah dalam konstitusi hukum kita, legalitasnya sudah kuat. Sehingga beliau sebagai Sekda definitif Provinsi Papua," ujar Jan, Senin malam (1/3/2021).

Jan mengaku tidak mengetahui dasar Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal secara sepihak melantik Doren Wakerkwa. 

"Apakah sebelum melantik itu sudah koordinasi dengan bapak gubernur atau tidak. Jangan ambil keputusan sepihak tanpa koordinasi dengan Pak Gubernur karena Pak Gubernur sudah instruksikan segera lantik Dance Flassy sebagai Sekda definitif," tegasnya. 

Jan menyebut, apa yang dilakukan Klemen Tinal tidak sesuai dengan hukum. Sehingga Doren Wakerkwa tidak sah sebagai Sekda Papua.

Jan mengatakan, jika hal itu ditanyakan kepada masyarakat Papua maka yang dilihat adalah legalitas hukum. Apa yang dilakukan Klemen Tinal itu, kata Jan, sudah membangkang keputusan Presiden Joko Widodo. 

"Wagub sudah membangkang terhadap perintah Presiden dengan melantik pejabat Sekda Doren Wakerkwa. Jadi tidak sah secara hukum. Saya sebagai orang Papua menolak pelantikan Doren Wakerkwa dan mengakui Dance Flassy sebagai Sekda definitif," tegasnya.

Sementara di Jayapura, Aktivis Pemuda Papua berkumpul dan meminta semua pihak agar tidak menggunakan momen pelantikan dua orang Sekda tersebut untuk memecah belah masyarakat di Bumi Cendrawasih. 

"Kami berkumpul bukan untuk menyatakan dukungan terhadap satu pihak, kami hanya meminta kepada semua pihak masyarakat Papua tidak memakai masalah ini, untuk memecah belah keutuhan masyarakat di Provinsi Papua," kata Benyamin Gurik. 

Dia menegaskan, tidak boleh ada pihak yang mengatasnamakan Gubernur Papua atau mengatasnamakan orang asli papua, seolah olah pelantikan yang berlangsung di Papua adalah versi orang papua, sedangkan pelantikan yang di Jakarta adalah versi pemerintah pusat.

"Kami meminta seluruh masyarakat Papua menenangkan diri, ada aturan yang mengatur soal proses dan tahapan ini. Kita semua tahan diri dan ikuti proses, jangan buat gerakan yang berlebihan yang pada akhirnya merugikan orang Papua," pintanya.

Dikatakan Benyamin, segala kebijakan program Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal haruslah didukung oleh seluruh masyarakat Papua. 

"Sejatinya, kita seluruh rakyat Papua mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mengurus masalah Papua yang lebih besar seperti Otsus yang akan berakhir, PON dan masalah pemekaran daerah otonomi baru," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…