Wow, Sejarah Baru di RI! 2 Sekda di Papua Dilantik Bersamaan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Maret 2021 - 08:03 WIB

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Dance Flassy sebagai Sekda. Sementara, di Jayapura, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal melantik Doren Wakerkwa di Gedung Negara, Jayapura Papua.Tak pelak, hal itu menjadi polemik dan menjadi perbincangan hangat. 

Ketua Pemuda Adat Papua, Jan Arebo melalui sambungan telepon kepada wartawan mengungkapkan, apa yang dilakukan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal tidak sesuai dengan konstitusi. 

"Saya melihat pelantikan yang dilakukan Mendagri Tito Karnavian terhadap Bapak Sekda Dance Flassy sudah sesuai dengan Keputusan Presiden dan beliau (Dance Flassy) sudah sah dalam konstitusi hukum kita, legalitasnya sudah kuat. Sehingga beliau sebagai Sekda definitif Provinsi Papua," ujar Jan, Senin malam (1/3/2021).

Jan mengaku tidak mengetahui dasar Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal secara sepihak melantik Doren Wakerkwa. 

"Apakah sebelum melantik itu sudah koordinasi dengan bapak gubernur atau tidak. Jangan ambil keputusan sepihak tanpa koordinasi dengan Pak Gubernur karena Pak Gubernur sudah instruksikan segera lantik Dance Flassy sebagai Sekda definitif," tegasnya. 

Jan menyebut, apa yang dilakukan Klemen Tinal tidak sesuai dengan hukum. Sehingga Doren Wakerkwa tidak sah sebagai Sekda Papua.

Jan mengatakan, jika hal itu ditanyakan kepada masyarakat Papua maka yang dilihat adalah legalitas hukum. Apa yang dilakukan Klemen Tinal itu, kata Jan, sudah membangkang keputusan Presiden Joko Widodo. 

"Wagub sudah membangkang terhadap perintah Presiden dengan melantik pejabat Sekda Doren Wakerkwa. Jadi tidak sah secara hukum. Saya sebagai orang Papua menolak pelantikan Doren Wakerkwa dan mengakui Dance Flassy sebagai Sekda definitif," tegasnya.

Sementara di Jayapura, Aktivis Pemuda Papua berkumpul dan meminta semua pihak agar tidak menggunakan momen pelantikan dua orang Sekda tersebut untuk memecah belah masyarakat di Bumi Cendrawasih. 

"Kami berkumpul bukan untuk menyatakan dukungan terhadap satu pihak, kami hanya meminta kepada semua pihak masyarakat Papua tidak memakai masalah ini, untuk memecah belah keutuhan masyarakat di Provinsi Papua," kata Benyamin Gurik. 

Dia menegaskan, tidak boleh ada pihak yang mengatasnamakan Gubernur Papua atau mengatasnamakan orang asli papua, seolah olah pelantikan yang berlangsung di Papua adalah versi orang papua, sedangkan pelantikan yang di Jakarta adalah versi pemerintah pusat.

"Kami meminta seluruh masyarakat Papua menenangkan diri, ada aturan yang mengatur soal proses dan tahapan ini. Kita semua tahan diri dan ikuti proses, jangan buat gerakan yang berlebihan yang pada akhirnya merugikan orang Papua," pintanya.

Dikatakan Benyamin, segala kebijakan program Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal haruslah didukung oleh seluruh masyarakat Papua. 

"Sejatinya, kita seluruh rakyat Papua mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mengurus masalah Papua yang lebih besar seperti Otsus yang akan berakhir, PON dan masalah pemekaran daerah otonomi baru," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…