Seneng Banget!!! Masyarakat NTT Akan Punya Sebanyak 7 Bendungan, 3 Bendungan Sudah Selesai Dibangun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Februari 2021 - 11:12 WIB

Presiden Jokowi pada peresmian Bendungan Napun Gete
Presiden Jokowi pada peresmian Bendungan Napun Gete

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Napun Gete yang terletak di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan bendungan ketiga yang diresmikan Presiden Jokowi di NTT.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menceritakan bahwa dirinya telah berkali-kali berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Sejak awal kunjunganya itu pula, ungkap Presiden, masyarakat selalu meminta untuk dibuatkan waduk atau bendungan.

"Saya sudah tidak bisa menghitung lagi berapa kali saya datang ke NTT. Setiap saya datang ke sini sejak awal selalu yang diminta bendungan atau waduk. Dan permintaan itu adalah betul," kata Presiden Jokowi pada peresmian Bendungan Napun Gete, Selasa (23/02/2021).

Presiden Jokowi kemudian mengatakan bahwa kunci kemakmuran di Nusa Tenggara Timur adalah adanya sumber daya air yang memadai.

"Jangan minta yang lain-lain, karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air, begitu ada air semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena di NTT juga sangat bagus untuk peternakan," kata Presiden Jokowi.

Demi mendukung ketahanan sumber daya air, rencananya Presiden Jokowi akan membangun sebanyak tujuh bendungan di NTT. Hingga saat ini, sudah ada sebanyak tiga bendungan yang telah selesai, diantaranya Bendungan Raknamo di Kabupaten  Kupang di tahun 2018, Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu di tahun 2019, dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka di tahun 2021.

"Alhamdulillah, ini patut kita syukuri tinggal 4, dalam proses. Tapi tadi pagi Gubernur menyampaikan kepada saya minta tambahan dua lagi, padahal Provinsi yang lain paling banyak itu dua atau satu bendungan. Tapi disini memang bendungan sangat dibutuhkan seperti Napun Gete ini," ungkap Presiden Jokowi.

Selain tiga Bendungan yang sudah diresmikan Presiden di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu dan Napun Gete di Kabupaten Sikka. Dua bendungan tengah dalam konstruksi, yakni Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sedangkan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo tengah dalam masa pelelangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pupuk

Selasa, 13 April 2021 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia Kenalkan Inovasi Digitalnya ke Eropa Melalui Hannover Messe (HM) 2021

PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe…

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:34 WIB

Di Pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Rayu Jerman untuk Bermitra Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo menyebutkan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara dan akan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.