Luar Biasa!!! UMKM Binaan PLN Ini Berhasil Go Internasional Berkat Ekspor Produk ke Singapura

Oleh : Hariyanto | Minggu, 21 Februari 2021 - 16:08 WIB

Produk Madu Hutan Jambi
Produk Madu Hutan Jambi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mitra binaan PLN, Rumah Madu Hutan Jambi telah berhasil melakukan ekspor produknya sekitar 60 ton per tahun atau 5 ton setiap bulan ke Singapura. Ekspor madu tersebut dikirimkan dari Jambi ke Singapura via Batam.

Kesempatan ekspor yang didapat, tidak lepas dari dukungan PLN untuk menggiatkan pemasaran melalui media online.  Langkah tersebut dilakukan setelah Candralela selaku pemilik usaha melihat pemasaran secara langsung melalui toko-toko mengalami penurunan, dan adanya peluang di media online.

"Intinya kami branding produk kami dengan baik. Dengan dukungan dari Rumah BUMN dan PLN, kami memasarkan melalui website, facebook, dan instagram. Dari sanalah madu kami mulai dikenal oleh negara tetangga," kata Candralela dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (21/2/2021).

Saat ini Rumah Madu Hutan Jambi terus berkembang dan sudah memiliki 20 orang pegawai serta menggandeng lebih dari dari 15 petani madu.

Selain itu, Rumah Madu Hutan Jambi juga bekerja sama dengan 37 mitra usaha lainnya. Hasilnya saat ini Rumah Madu Hutan Jambi telah berhasil membukukan omzet hingga Rp 167 Juta Rupiah per bulan dengan kapasitas produksi sekitar 8 ton per bulan.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas produksi kami, dan juga mengembangkan produk turunan dari madu seperti Lemon Madu ini agar usaha kami semakin berkembang, Kami masih eksperimen terus,” tambah Candralela.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi bersyukur PLN Peduli telah memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Rumah Madu Hutan Jambi.

“Tentu ini adalah kemajuan yang sangat baik, di tengah pandemi Covid-19, di mana banyak sektor usaha menurun, Rumah Madu Hutan Jambi justru mulai mengepakan sayap dengan merambah pasar ekspor. Kolaborasi yang baik antara PLN dan Rumah Madu Hutan Jambi mulai menampakan hasil,” ucap Agung.

Rumah Madu Hutan Jambi bergabung menjadi mitra binaan PLN sejak tahun 2019. Pada awalnya, jumlah pegawai Rumah Madu Hutan Jambi hanya sebanyak 3 orang dengan kapasitas produksi sebesar 900 kilogram per bulan, dengan omzet saat itu sebesar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

Pada medio 2019, PLN bersama Rumah BUMN Jambi memulai program pembinaan dan pengembangan Rumah Madu Hutan Jambi. Pengembangan dilakukan melalui penyediaan alat untuk kapasitas produksi, pemberian pelatihan dan pendampingan serta memperluas jangkauan komunitas petani lebah. 

Tidak hanya menjual produk madu, Rumah Madu Hutan Jambi kini juga telah memiliki wisata edukasi terkait madu yang menerima kunjungan dari berbagai kalangan, khususnya siswa-siswi dunia pendidikan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Selasa, 13 April 2021 - 07:50 WIB

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…