Dr Terawan Agus Putranto Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Bangsa dan Negara

Oleh : Dar Edi Yoga | Sabtu, 20 Februari 2021 - 11:08 WIB

Dr Terawan bersama Dar Edi Yoga
Dr Terawan bersama Dar Edi Yoga

INDUSTRY.co.id - Tanpa membuat janji terlebih dahulu, siang itu dengan ditemani seorang jurnalis dari MNC grup Eko Ardiyanto, kami bertemu dr Terawan di RSPAD Gatot Soebroto di ruang kerjanya yang sederhana. 

Tidak ada birokrasi untuk dapat bertemu, siapa saja bisa menemui seperti dahulu ketika masih menjabat sebagai Kepala RSPAD.

Ruang praktek dokter Terawan Agus Putranto sangat berbeda dengan ruang kerja ketika masih menjabat sebagai Kepala RSPAD, apalagi dengan ruang kerja ketika sebagai Menteri Kesehatan.

Saat ini dr Terawan kembali bekerja melayani setiap pasien yang membutuhkan pertolongan darinya.

Ketika bertemu tampak wajahnya terlihat ceria serta penuh semangat menerima kehadiran kami.

Tidak ada beban dari raut wajah Terawan kendati banyak menghadapi berbagai masalah dan persoalan seperti direshuffle dari jabatan menteri. 

Baginya dalam setiap persoalan yang ada, pasti Tuhan memiliki maksud yang baik untuk dirinya dan harus selalu bersyukur apapun situasi yang tengah terjadi. 

Inisiasi dr Terawan untuk Vaksin Nusantara menuai pro dan kontra, sama seperti penemuannya untuk pengobatan pasien stroke dengan metoda DSA (Digital Substraction Angiography) dan injeksi heparin, dimana ada saja pihak yang meragukan keberhasilan metoda ini.
 
Namun dr Terawan selalu rendah hati dan cenderung diam tidak melawan ketika di bully sana-sini. Padahal sudah puluhan ribu pasien stroke diselamatkan dengan metoda cuci otak atau Brain SPA DSA. Mulai dari pejabat tinggi hingga rakyat biasa telah merasakan kesembuhan melalui metoda DSA.

Vaksin Nusantara yang merupakan hasil karya anak bangsa, saat ini tengah menuju uji klinis tahap kedua, dimana keunikan Vaksin Nusantara bersifat personal menyesuaikan kondisi komorbid setiap individu. 

Prosesnya simpel, melalui masa inkubasi dan seminggu kemudian sudah menjadi vaksin individual hingga disuntikkan ke dalam tubuh si pasien penerima vaksin. Hal ini diyakini akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19, karena ini sifatnya menjadi imunitas yang seluler dan akan bertahan lama.

Jika disuntik Vaksin Nusantara, pasien hanya menerima suntikan vaksin yang berasal dari sel darahnya sendiri dan bukan orang lain dan cukup sekali suntik untuk selamanya.

Jika semua tahapan uji klinis berjalan lancar, tentu akan menjadi terobosan besar bagi dunia kesehatan sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai penghasil vaksin terbaik di dunia.

Pemberian nama Vaksin Nusantara ini ternyata diusulkan oleh sejumlah kiai yang memiliki hubungan dekat dengan Terawan.

Kendati sudah lengser dari jabatan sebagai menteri, dokter Terawan tetap berjuang untuk bangsa dan negara dengan mencari solusi pengobatan terbaik melawan wabah pandemi covid-19. 

Dalam berbagai kesempatan dr Terawan selalu berkata "Hidup ini harus menjadi berkat bagi orang lain."

Dokter Terawan dari tahun 2015 - 2017 pernah menjabat sebagai Ketua International Committee on Military Medicine (ICMM), Organisasi dokter militer dunia dengan anggota 114 negara, sehingga dia tahu apa yang harus dilakukan untuk menang dalam sebuah "pertempuran". 

Atas dedikasi yang telah diberikan selama ini, tidaklah heran jika dari tahun 2019 hingga kini dia diberi jabatan Ketua Kehormatan di ICMM. Penemuan metoda DSA dr Terawan pun sudah diakui manca negara.

Dunia Internasional begitu menghormatinya, mengapa kita harus meragukan integritas dan kemampuan seorang Terawan ketika meluncurkan uji klinis Vaksin Nusantara?

Tetap semangat Jenderal...!! 

Penulis adalah Dar Edi Yoga, Praktisi Media, Pendiri Beranda Ruang Diskusi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat pembuangan akhir sampah Bantar Gebang, Bekasi. (Bay Ismoyo/AFP)

Kamis, 04 Maret 2021 - 03:31 WIB

Kabar Baik! Bantar Gebang Dapat Mengolah Sampah 100 Ton/Hari dan Menghasilkan Energi Listrik 731,1 KWH

Dalam rangka mendukung pelaksanaan proyek strategis nasional, Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengunjungi Pilot Project PLTSa Merah Putih di Bantar Gebang, Bekasi…

Webinar Awareness Industry 4.0 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (APPARINDO)

Kamis, 04 Maret 2021 - 01:07 WIB

Wujudkan Industri 4.0 di Berbagai Sektor Usaha, Sucofindo Layani Konsultansi X Industry 4.0 & Assessement Readiness Index (Indi 4.0)

Jakarta (02/03) – PT SUCOFINDO (Persero) melayani jasa baru terkait Industry 4.0 yaitu Konsultasi X 4.0 (Industry 4.0) dan asesmen Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

Samarinda Industrial Estate

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:50 WIB

Siap-siap! Proyek Pergudangan Samarinda Industrial Estate Senilai Rp730 M Terus Dikebut, Dirut: Ini Solusi Buat Pelaku Industri di Kaltim

Para pelaku industri dan usaha yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tidak lama lagi akan bernafas lega. Pasalnya, PT Purnabakti Pakarindo Lestari yang merupakan perusahaan pengembang…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:15 WIB

Ucapkan Dirgahayu Satpol PP! Anies Tuai Pujian Netizen: Terpesona Aku Terpesona...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banyak pujian usai mengunggah video ucapan selamat ulang tahun kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. "Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal, Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…