Freeport Ajak Pegawai Kembali Kerja dengan SMS

Oleh : Irvan AF | Minggu, 07 Mei 2017 - 06:11 WIB

Karyawan PT Freeport Indonesia. (Foto: Freeport Indonesia)
Karyawan PT Freeport Indonesia. (Foto: Freeport Indonesia)

INDUSTRY.co.id, Timika - Manajemen PT Freeport Indonesia mengajak para karyawan melalui layanan pesan singkat (Short Message Service atau SMS) untuk kembali bekerja setelah melakukan aksi mogok kerja.

"Siang ini SMS panggilan kembali bekerja untuk karyawan dikirimkan ke 'Hand Phone' (HP) karyawan yang terdaftar," kata Karel Luntungan, Perwakilan Corpcomm PT Freeport Indonesia, di Timika, Sabtu.

Isi pesan singkat yang dikirimkan berbentuk ajakan kembali bekerja disertai nomor kontak dan alamat email untuk konfirmasi.

Pekerja diminta menjadwalkan janji temu untuk kembali bekerja demi memperjuangkan masa depan keluarga dan diri sendiri.

"Anda telah lama mangkir kerja? Bisa jadi Anda masih memiliki kesempatan untuk kembali bekerja di PTFI, demi memperjuangkan masa depan keluarga dan diri sendiri. Jadwalkan janji temu untuk mengkonfirmasi kesempatan Anda hari ini, ke nomor telepon 0901-462200/email [email protected] Kami percaya karyawan kami merupakan orang-orang terbaik di industri, mari bekerja bersama untuk kepentingan kita semua," Menanggapi langkah pihak manajemen ini, PUK SPKEP SPSI PT Freeport Indonesia hanya menganggapnya sebagai 'lagu lama'.

"Lagu lama bung, tidak perlu dihiraukan. Kami pekerja sebagian besar menerima SMS itu," kata Kabid Organisasi PUK SPKEP SPSI PT FI, Yapet Panggala saat dikonfirmasi Sabtu siang.

Selain mengirimkan SMS, manajemen PT FI sejak Rabu, 3 Mei lalu membuka Pos Registrasi atau Pusat Konfirmasi Karyawan Kembali Bekerja di Gedung Multipurpose Kuala Kencana.

Namun hingga Sabtu ini, Pos Registrasi ini tampaknya masih sepi. Informasi yang dihimpun di lapangan, memasuki hari keempat, hanya sembilan pekerja yang datang melapor untuk registrasi kembali bekerja.

Pada hari pertama, hanya dua pekerja yang melaporkan diri. Pada hari kedua, sama sekali tak ada yang datang, pada hari ketiga, sebanyak tujuh pekerja datang melaporkan diri dan pada hari keempat, tak ada pekerja yang mendatangi pos ini.

Jumlah ini megindikasikan ribuan pekerja dari PUK SPKEP SPSI PT Freeport Indonesia yang mulai mogok sejak Senin, 1 Mei lalu tidak terpengaruh oleh ajakan kembali bekerja dari manajemen PT FI.

Ribuan pekerja di Kota Timika saat ini tetap kompak dan konsisten dengan keputusan melakukan aksi mogok kerja. Mereka tak bergeming menyikapi setiap langkah manajemen PT FI. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…