Serap Aspirasi, DPR Cantik Ini Bakal Jembatani Kerjasama Perguruan Tinggi di Garut dengan Kampus di Luar Negeri

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:19 WIB

Anggota DPR RI Mulan Jameela
Anggota DPR RI Mulan Jameela

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mulan Jameela mengungkap adanya potensi kerja sama di bidang pendidikan antara perguruan tinggi di Garut, Jawa Barat, yang bisa dilakukan dengan perguruan tinggi di negara lain.

“Tentu senang sekali sebagai Anggota BKSAP datang ke Garut sebagai daerah pemilihaan saya, kami bisa menampung aspirasi dari masyarakat dan juga mensosialisasikan apa-apa saja yang menjadi tugas BKSAP," kata Mulan usai penghadiri pertemuan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Semoga BKSAP bisa menjembatani niat kerja sama antar perguruan tinggi di Garut dengan perguruan tinggi lainnya di luar negeri,” ujar Mulan lagi.

Sementara itu, Bupati Garut Rudi Gunawan turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BKSAP DPR RI. 

Menurutnya, peran diplomasi parlemen sangat penting untuk bisa diketahui daerah. 

“Karena daerah seperti kita di Garut ini, sudah punya sister city di negara-negara lain seperti Jepang, Korea, dan Australia. Tentu ini juga bisa diperjuangkan oleh anggota parlemen kita sebagai diplomat, yang bisa memperjuangkan aspirasi daerah melalui departemennya,” katanya. 

Lebih lanjut Rudi mengatakan, kedatangan Anggota BKSAP ke Garut dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah, terutama terkait kerja sama di era 4.0 yang sudah tidak bisa terhindarkan.

Sebab menurutnya, perkembangan dunia telah menjadi bagian yang harus diketahui okeh masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah-daerah.

“Mahasiswa kami juga sempat menanyakan, apakah bisa kita mengadakan kerja sama government to government (G to G) di bidang pendidikan. Kemudian juga disampaikan mengenai bagaimana masyarakat daerah bisa melihat konflik, seperti yang terjadi di Laut China Selatan dan bagaimana perjuangan diplomasi parlemen yang dilakuan. Hal-hal seperti ini kan tidak pernah diketahui, karena yang kita tahu itu dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, padahal parlemen kita juga melakukan diplomasi,” urai Bupati Garut.

Potensi daerah lainnya, lanjut Rudi, juga bisa tersampaikan melalui adanya kunjungan kerja ini. 

“Komoditas kami setidaknya ada 3 yang unggulan, kami punya kopi dan teh yang mendunia sejak era kemerdekaan, selain itu makanan khas Garut yaitu Dodol Garut juga sudah dikenal masyarakat secara umum, terakhir kami sedang mengembangkan industri kulit di Sukaregang, Garut dan juga batik, sehingga kami mengutamakan PDRB kita tidak hanya dari hasil pertanian, dan ditopang industri yang sedang kita kembangkan,” tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:52 WIB

Perkuat Food Estate, Kementan Berikan Pendampingan Maksimal

Kementerian Pertanian (Kementan) menetapkan pengembangan kawasan food estate sebagai salah satu arah kebijakan pembangunan pertanian. Pentingnya peningkatan produksi dan penguatan cadangan pangan…

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:03 WIB

Pariwisata Indonesia Diprediksi Bangkit Semester II - 2021

Optimistis kebangkitan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kini makin menguat seiring program vaksinasi covid-19 dan berbagai kebijakan pemerintah terkait sektor pariwisata. Namun untuk…

PT PP

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:59 WIB

PTPP Garap Pembangunan Proyek MUTIP Senilai Rp940 Miliar

PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia telah menandatangani kontrak perjanjian kerjasama dalam pembangunan Paket I Mandalika Urban and Tourism…

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:31 WIB

Tahun 2020, Pendapatan Semen Indonesia Melorot Sebesar 12,87 Persen

penurunan disebabkan oleh turunnya permintaan akan produk bahan bangunan serta beberapa proyek strategis nasional yang mengalami penundaan, akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah.

Label Kemasan

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:24 WIB

Cegah Diabetes, Nutrifood: Masyarakat Harus Cerdas Baca Label Kemasan

Jakarta– Dalam rangka peringatan Hari Obesitas Sedunia, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengedukasi…