Serap Aspirasi, DPR Cantik Ini Bakal Jembatani Kerjasama Perguruan Tinggi di Garut dengan Kampus di Luar Negeri

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:19 WIB

Anggota DPR RI Mulan Jameela
Anggota DPR RI Mulan Jameela

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mulan Jameela mengungkap adanya potensi kerja sama di bidang pendidikan antara perguruan tinggi di Garut, Jawa Barat, yang bisa dilakukan dengan perguruan tinggi di negara lain.

“Tentu senang sekali sebagai Anggota BKSAP datang ke Garut sebagai daerah pemilihaan saya, kami bisa menampung aspirasi dari masyarakat dan juga mensosialisasikan apa-apa saja yang menjadi tugas BKSAP," kata Mulan usai penghadiri pertemuan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

"Semoga BKSAP bisa menjembatani niat kerja sama antar perguruan tinggi di Garut dengan perguruan tinggi lainnya di luar negeri,” ujar Mulan lagi.

Sementara itu, Bupati Garut Rudi Gunawan turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BKSAP DPR RI. 

Menurutnya, peran diplomasi parlemen sangat penting untuk bisa diketahui daerah. 

“Karena daerah seperti kita di Garut ini, sudah punya sister city di negara-negara lain seperti Jepang, Korea, dan Australia. Tentu ini juga bisa diperjuangkan oleh anggota parlemen kita sebagai diplomat, yang bisa memperjuangkan aspirasi daerah melalui departemennya,” katanya. 

Lebih lanjut Rudi mengatakan, kedatangan Anggota BKSAP ke Garut dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah, terutama terkait kerja sama di era 4.0 yang sudah tidak bisa terhindarkan.

Sebab menurutnya, perkembangan dunia telah menjadi bagian yang harus diketahui okeh masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah-daerah.

“Mahasiswa kami juga sempat menanyakan, apakah bisa kita mengadakan kerja sama government to government (G to G) di bidang pendidikan. Kemudian juga disampaikan mengenai bagaimana masyarakat daerah bisa melihat konflik, seperti yang terjadi di Laut China Selatan dan bagaimana perjuangan diplomasi parlemen yang dilakuan. Hal-hal seperti ini kan tidak pernah diketahui, karena yang kita tahu itu dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, padahal parlemen kita juga melakukan diplomasi,” urai Bupati Garut.

Potensi daerah lainnya, lanjut Rudi, juga bisa tersampaikan melalui adanya kunjungan kerja ini. 

“Komoditas kami setidaknya ada 3 yang unggulan, kami punya kopi dan teh yang mendunia sejak era kemerdekaan, selain itu makanan khas Garut yaitu Dodol Garut juga sudah dikenal masyarakat secara umum, terakhir kami sedang mengembangkan industri kulit di Sukaregang, Garut dan juga batik, sehingga kami mengutamakan PDRB kita tidak hanya dari hasil pertanian, dan ditopang industri yang sedang kita kembangkan,” tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…