Siloam Hospitals Labuan Bajo Penuhi Layanan Destinasi Wisata Kesehatan 2021

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Januari 2021 - 10:00 WIB

Siloam Hospitals Labuan Bajo NTT
Siloam Hospitals Labuan Bajo NTT

INDUSTRY.co.id - Labuan Bajo- Adanya pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat manajemen Siloam Hospitals Labuan Bajo dalam penanganan layanan wisata kesehatan. Hal tersebut dilakukan melalui sinergi bersama Pemerintah sejak November 2020 silam, termasuk mengadakan kerjasama bersama sejumlah stakeholder pariwisata.

"Sejak November 2020 lalu saat dilakukan Simulasi Protokol Kesehatan dan Keamanan dalam mengadakan destinasi wisata ke Labuan Bajo oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,  kami berpartisipasi sebagai Pusat Rujukan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Sejumlah area pendaftaran dan layanan rawat jalan, kami siapkan khusus disediakan bagi turis. Selain itu kami turut menyiagakan tim emergency dalam kasus gawat darurat bagi turis yang mengalami kecelakaan saat berwisata di Labuan Bajo", ungkap Dr. Hermas Irawan, M.M , direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, Selasa (19/01/2021) di Labuan Bajo, NTT.

Menurut Hermas, kenyamanan dalam berwisata merupakan hal pokok yang diinginkan para turis, termasuk kenyamanan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Lalu apa saja fasilitas tersebut?

"Karena kami paham bahwa kenyamanan turis adalah yang utama.  Contohnya adalah Siloam Hospitals Labuan Bajo menyiagakan layanan ambulance call out untuk setiap hotel yang membutuhkan termasuk layanan ambulance di udara hingga persiapan rujukan melalui pesawat komersial yang ditujukan kepada jaringan rumah sakit Siloam lainnya di wilayah Indonesia Timur" ungkap Hermas.

Sebagai catatan dalam peningkatan layanan wisata kesehatan bagi turis mancanegara dan turis lokal, Siloam Hospitals Labuan Bajo merupakan satu satunya rumah sakit swasta di Nusa Tenggara Timur yang memiliki fasilitas layanan Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT). Selain ditujukan untuk penanganan penyakit dekompresi yang kerap dialami oleh para penyelam laut dalam, Hyperbaric Oxygen turut dimanfaatkan untuk mengobati berbagai indikasi klinis. Di antaranya bisa digunakan untuk penyembuhan luka tubuh seperti luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.

"Terapi ini sudah pernah kita lakukan di 2019 untuk 2 pasien dan hasilnya bagus.  Untuk case akibat kecelakaan diving pada tahun 2019 kita sudah menangani hampir kurang lebih 40 pasien. Dan semunya berhasil tertangani dengan baik.

Tahun 2020 dimana pandemic covid 19 ini mulai, pelayanan hyperbaric hanya diperuntukan untuk emergency case saja, dengan pertimbangan menjaga penyebaran dan penularan covid 19 agar tidak menularkan pasien yang akan di hyperbaric. Karena terapi hyperbaric ini dilakukan dalam ruangan tertutup dan perputaran udara yang terbatas tidak ada akses dengan udara luar", pungkas Dr. Hermas Irawan, M.M , direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo saat menanggapi layanan Hyperbaric Oyxgen Chamber Therapy bagi kebutuhan wisatawan.

Pelayanan Masa Pandemi Covid-19

Selain peningkatan layanan wisata  kesehatan, fokus penanganan dalam Pandemi Covid-19 pun tetap disiagakan pihak Siloam Hospitals Labuan Bajo melalui layanan screening untuk para pelaku perjalanan, yaitu test antibody, test antigen, ID Now termasuk SWAB PCR.

"Kasus terkonfirmasi reactif semakin meningkat di Labuan Bajo. Mulai dari pintu masuk pasien hingga pasien pulang kita tetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan/penyebaran dari covid 19 ini. Pun setiap karyawan kita lakukan screening dengan selektof sesuai protokol yang dikeluarkan oleh Siloam Hospitals Group, dan juga pembekalan update tentang covid 19 yang kita selalu remind secara berkala", tutur Hermas menanggapi situasi dan penanganan terkini masa Pandemi Covid-19 di Labuan Bajo.

Ditingkatkan sebanyak 26 bed. Sebelumnya kapasitas tempat tidur berjumlah 100 bed. Selain itu pihak manajemen turut menambahkan jalur sirkulasi udara disejumlah area agar layanan bertambah nyaman dan aman.  Adapun bagi layanan pasien Covid-19, Manajemen Siloam Hospitals Labuan Bajo pun telah menyediakan area khusus bagi layanan pasien terpapar Corona termasuk ruang khusus untuk isolasi.

Berikut ini adalah Fasilitas yang menjadi layanan di Siloam Labuan Bajo :

Layanan Emergency 24 jam

Hyperbaric Chamber

Haemodialisis ( cuci darah

Operasi Phaco ( operasi mata tanpa sayatan)

Dokter Spesialisas yang sudah bergabung dengan Siloam : Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah Umum, Spesialis Anak, Spesialis Saraf, Spesialis Obgyn, Spesialis Kulit dan kelamin, Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh darah, Spesialis Penyakit Mata, spesialis ortopedi (tulang), Spesialis THT, Spesialis Radiology, Spesialis Anaestesi, Spesialis Patologi Klinik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…