Apresiasi Para Guru, KJRI Sydney Dukung Penguatan Promosi Bahasa Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 18 Januari 2021 - 14:15 WIB

Acara Apresiasi bagi Para Guru dan Penggiat Bahasa Indonesia di Australian National Maritime Museum (ANMM) (Photo by Kemlu)
Acara Apresiasi bagi Para Guru dan Penggiat Bahasa Indonesia di Australian National Maritime Museum (ANMM) (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Sydney – Pada “Acara Apresiasi bagi Para Guru dan Penggiat Bahasa Indonesia" di Australian National Maritime Museum (ANMM), KJRI Sydney sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih bagi para penggiat Bahasa Indonesia di Sydney.

Konjen RI-Sydney, Heru H. Subolo juga menggarisbawahi bahwa telah terjalin interaksi budaya antara Indonesia dan Australia sejak beberapa abad lalu oleh para nelayan Makassar dengan peduduk asli Australia.

“Bersama, kita bisa merefleksikan apa saja yang sudah dilakukan selama ini, dan juga memikirkan strategi yang lebih baik untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia," ujar Konjen Heru melalui keterangan yang diterima redaksi pada Senin (18/1).

Co-Chair dari Balai Bahasa dan Budaya Indonesia (BBBI) New South Wales, Kestity Pringgoharjono menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada para guru dan penggiat Bahasa Indonesia atas kerja keras dan dedikasi dalam mempromosikan pengajaran Bahasa Indonesia di Australia meskipun di tengah situasi sulit pandemi COVID-19 sekalipun.

Mewakili pihak ANMM sebagai tuan rumah acara ini, Peter Tattersall selaku Head of Learning menjelaskan bahwa melalui berbagai koleksi benda budaya dan peninggalan sejarah yang dimiliki, ANMM mampu memberikan informasi mengenai sejarah interaksi penduduk Australia dalam membangun hubungan dengan penduduk di daerah-daerah sekitarnya, termasuk Indonesia.

Acara diisi dengan kunjungan ke Galeri “Di Bawah Langit Selatan" (Under the Southern Skies) yang merupakan galeri yang baru dibuka di ANMM.

Di dalam galeri ini turut dipamerkan benda-benda budaya dan peninggalan sejarah yang menggambarkan interaksi, hubungan dagang, dan migrasi di sekitar Australia, termasuk bukti interaksi antara nelayan Makassar dengan suku Aborigin beberapa abad yang lalu.

Acara Apresiasi bagi para Guru dan Penggiat Bahasa Indonesia ini terselenggara atas hasil kolaborasi yang baik antara KBRI Canberra, KJRI Sydney, BBBI, Indonesian Literature Club, dan ANMM.

Acara ini menghadirkan 50 orang tamu undangan, baik yang merupakan diaspora Indonesia maupun warga negara Australia, yang selama ini aktif mempromosikan Bahasa Indonesia, baik sebagai guru di sekolah formal, sekolah komunitas, maupun universitas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Selasa, 13 April 2021 - 07:50 WIB

Tol Jakarta - Cikampek II Elevated Resmi Ganti Nama Jadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cup 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…